5 Kelebihan dan Kekurangan Lensa Fix 50 mm Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

5 Kelebihan dan Kekurangan Lensa Fix 50 mm

Sunday, December 15th, 2019 | Lensa, Tips

KameraDigital.Co.Id, 5 Kelebihan dan Kekurangan Lensa Fix 50 mm – Lensa fix 50 mm merupakan lensa yang memiliki spesifikasi berukuran kecil dan panjang tetap. Lensa ini cocok untuk beberapa tipe kamera apapun. Namun ada halnya kamera yang tidak cocok dengan lensa ini. Lensa ini sering digunakan saat hunting jarak dekat seperti misal memotret dengan pas foto. Namun ada fungsi kegunaan lainnya dan sistem yang dimiliki lensa ini. Berikut kegunaan dan kelebihan serta kekurangan dari lensa ini.

Kegunaan Lensa fix 50 mm

Kegunaan lensa fix 50 mm yakni seperti lensa pada umumnya sebagai  penerus masuknya cahaya dari luar ke dalam diafragma kamera. Namun Lensa ini memiliki sistem tersendiri beda dengan lensa lainnya. Sistem tersendiri  memiliki kelebihan dan kekurangan lensa fix 50 mm. Lebih lanjutnya kita kupas kelebihan dan kekurangan lensa fix 50 mm.

5 Kelebihan lensa fix 50 mm

Sistem yang dimiliki lensa fix 50 mm yang amat simpel dan memiliki ciri khas tersendiri berikut kelebihan yang dimiliki dari lensa fix 50 mm

Lensa cepat yang memiliki Bukaan Besar

Lensa 50 mm memiliki bukaan maksimal  di f/1.8 dibandingkan dengan lensa kit lainnya yang memiliki maksimal yakni f/3,5. Tentunya jika dibandingkan terpaut beda jauh. Bukaan sebesar itu Anda dengan mudahnya dapat memanfaatkan tool shutter speed yang cepat dalam kamera saat memotret suatu objek. Hal tersebut sehingga lensa fix 50 mm termasuk dalam kategori lensa cepat. Hasil dari pemanfaatan shutter speed yakni ketika mengambil gambar pada objek yang cepat akan mudah tertangkap pada lensa tersebut.

Spesialis lensa saat pada tempat Low light

Keunggulan ciri khas lain lensa fix 50 mm yang memiliki bukaan besar yaitu low light. Kondisi cahaya pada suatu tempat umumnya menjadi masalah dan kesulitan bagi fotografer. Lensa fix 50 mm dari keunggulannya bukaan lensa yang besar menguntungkan fotografer yang ingin mendapat kan gambar jelas pada saat tempat yang low light.

Bukaan yang besar tersebut memberikan dampak dari masuknya cahaya pada kamera. Pada kamera yang dipasang lensa fix 50 mm nilai ISO di kamera tidak perlu ditambah nilai yang terlalu tinggi saat mengambil gambar di  tempat low light.

Hasil Foto lebih tajam dan spesialis foto bokeh

Salah satu hal lensa ini bisa tajam yakni lensa fix 50 mm termasuk dalam lensa prime. Lensa prime sendiri lebih tajam dari lensa zoom. Keuntungan yang lain menghasilkan foto lebih tajam yakni berimbas pada menghasilkan foto bokeh yang bagus.

Kelebihan dan Kekurangan Lensa Fix 50 mm

Keuntungan Lensa Fix 50 mm menghasilkan foto bokeh yang lebih baik (nextren.grid.id)

Ciri khas dari lensa fix 50 mm yang bukaannya besar sampai f/1.8 Anda bisa mudah untuk membuat efek bokeh dengan sangat mudah. Efek bokeh dari lensa pada prinsipnya yakni terciptanya blur sebab bukaan lensa yang besar jadi bisa membuat efek bokeh semakin mudah.

Lensa fix 50 mm dapat diubah ke lensa Makro

Lensa fix 50 mm bisa disebut lensa yang ideal. Ketika enggan beli lensa Makro sebab harga nya terlalu mahal. Lensa fix 50 mm ini bisa diubah menjadi lensa Makro. Caranya penggunaannya ialah dengan memasangkan extension tube (tabung yang diletakkan khusus di depan lensa), atau juga bisa dengan cara pemasangan terbalik dengan reverse ring.

Penggunaan lensa Makro ini anda dapat memotret suatu objek amat kecil dengan menghasilkan foto yang amat tajam dari lensa-lensa yang lain sebab dari ciri khasnya lensa fix 50 mm dalam bukaannya yang amat super besar.

Berat lensa ringan dan murah

Hunting foto di tempat apapun pastinya sebelum berangkat dipersiapkan perlatan kamera. Tentu bukan lah hal yang sepele dalam membawa dan menenteng kamera bersama lensa lebih dari 1 kg pada orang yang gemar fotografi. Hal tersebut bisa terpatahkan dengan lensa fix 50 mm sebab lensa jika dipasang ke kamera tidak membuat berat kamera bertambah. Sehingga hal tersebut mempermudah Anda untuk hunting foto dan tidak terasa terbebani.

Kelebihan dan Kekurangan Lensa Fix 50 mm

Kamera Canon dengan Lensa Fix

Dari ringan nya lensa tersebut lensa fix 50 mm ternyata lebih murah ketimbang lensa lain. Namun nilai kualitas dan keunggulan tidak kalah jauh dengan kecilnya lensa ini. Harga semakin tinggi maka kualitas lensa nya semakin bagus dan tergantung merek dari lensa fix 50 mm.

Kekurangan lensa fix 50 mm

Berbagai macam kelebihan lensa fix 50 mm namun ada kekurangan juga. Kekurangan nya antara lain

Tidak memiliki perangkat zoom

Lensa fix 50 mm tidak memiliki perangkat zoom ketika objek berada dikejauhan. Jika ingin mengambil gambar objek dari jauh jangan menggunakan lensa fix 50 mm. Sebab lensa ini difungsikan untuk jarak dekat. Ketika Anda mengambil objek dari jauh hasil akan menghasilkan gambar blur atau terlihat samar. Ketika jarak dekat akan menghasilkan gambar yang cukup bagus dari objek yang diambil. Jadi kekurangan lensa ini Anda harus ekstra mendekat demi sebuah sudut pandang yang pas.

Jangkauan pendek akurasi fokus kurang

Lensa fix 50 mm pada penempatan terkadang kurang tepat dalam ruangan sempit. Hal tersebut disebabkan jangka jangkauan terlalu pendek dan akurasi fokus objek untuk mengambil gambar kurang akurat. Terkadang itu berimbas pada AF nya sehingga akan mengganggu dari ketidak akuratan dalam mengambil objek dari kamera tersebut. Fokus dari lensa berkurang berimbas dari hasil potret.

Tingkat fokus lensa berkurang sebab tingkat pemakaian berkurang

Lensa fix 50 mm merupakan lensa yang sensitif dari segala lensa lain. Lensa ini harus digunakan terus menerus dengan seiringan. Pada saat pemakaian hanya sekali pakai lensa akan berkurang kualitas fokusnya. Pemakaian yang hanya sekali juga akan merusak daya kemampuan fokus dari lensa fix 50 mm. Efek dari  kerusakan fokus akan berdampak hasil objek yang diambil. Semakin tidak fokus saat pengambilan objek yang didapat, akan semakin buruk juga hasil gambar tersebut.

Kestabilan lensa akibat efek kamera

Ada berbagai macam kelemahan yang dimiliki lensa fix 50 mm. Salah satunya yaitu harus dekat dengan objek yang akan diambil. Hal ini harus terjaga agar kamera tetap stabil sehingga mengharuskan anda untuk menggunakan penyangga atau bantuan untuk alat lain.

Lensa mudah menjamur

Lensa fix 50 mm merupakan lensa yang sangat sensitif sebab bahannya juga berbeda dari lainnya. Dari sensitif tersebut lensa ini ketika penyimpanannya tidak baik akan tumbuh jamur pada lensa. Biasanya penyimpanan tidak baik ditaruh pada tempat lembab yang gelap. Oleh sebab itu benda asing dari luar akan mengkontaminasi dari lensa yaitu akan berdampak menjadi jamur. Jamur seperti warna berwarna putih atau warna lain seperti kerak. Lensa yang menjamur hasil gambar akan menghasilkan kualitas yang jelek.

Tag :

kelebihan lensa 50mm,kelebihan dan kekurangan lensa wide,keunggulan lensa fix,definisi teknik foto close up
5 Kelebihan dan Kekurangan Lensa Fix 50 mm | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply