KameraDigital.Co.id

Review Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Sony A6000 Terbaru

Saturday, December 10th, 2016 | Mirrorless, Review, Sony

Review Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Sony A6000 Terbaru ~ Kamera Digital. Sony A6000merupakan kamera yang mengadopsi struktur lenda pada chip yang gapless seperti yang telah kita temui dari kamera sebelumnya kita temui yaitu kamera Sony A7R dengan fitur generasi baru RGB filter warna. Sony mengatakan bahwa teknologi RGB filter warna ini secara signifikan akan meningkatkan efisiensi pengumpulan cahaya. Fitur lainnya adalah terdapatnya kontrol dial atas dan roda kontrol belakang memungkinkan pengaturan cepat yang bervariasi tergantung mode pemotretan (termasuk eksposur, ISO dan WB ). Selain itu, terdapat juga tombol fungsi (Fn), tujuh buah tombol yang disesuaikan custom fungsinya, termasuk dua tombol kustom khusus yang dapat diberikan salah satu dari  47 fungsi. baca juga : Review Kamera Murah Sony A5000

Review Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Sony A6000 Terbaru

desain-terbaru-kamera-sony-a6000

selain itu Kamera Sony A6000 memiliki ukuran agak kotak bergaya rangefinder (kamera klasik) dengan jendela bidik di sebelah kiri atas kamera.edikit beda dari NEX 6 adalah sisi-sisi bagian atas kamera lebih berbentuk kotak daripada kurva/melengkung dan sedikit lebih tebal (sekitar 2mm). Perubahan ini memberikan kesan yang lebih maskulin. Lalu roda mode dipisah dari roda kendali utama. Sebenarnya saya lebih suka desain NEX 6 karena roda di A6000 jadi lebih kecil dan posisinya sedikit kurang nyaman. Saya lebih suka kalau roda kendalinya ada di tengah dan modenya di sebelah kanan. Meskipun demikian, dalam praktiknya ini bukan masalah besar. Setelah pemakaian agak lama, jadi terbiasa.

Dibangun dengan sensor sekitar 24 MP berukuran APS-C, autofocus hibrida dan kecepatan pengambilan gambar terus menerus hingga 11fps, Sony A6000 menjanjikan gaya dan citra rasa mengambil foto kualitas DSLR dalam paket kompak. Harga Sony A6000 saat ini berkisar di atas 8,5 juta hingga 12 juta rupiah tergantung dari jenis lensa yang dipilih dalam paket pembelian. baca juga : Kamera Mirrorless Sony Alpha A5100L

Sony A6000 merupakan kamera pengganti brand NEX milik kamera-kamera mirrorless Sony. Kamera ini disebut sebagai kamera dengan auto fokus tercepat di dunia. Secara tampilan dari luar, Sony A6000 tampak lebih kaku dan lebih kotak dibanding kamera mirrorless atau DSLR pada umumnya sehingga nampaknya sedikit menimbulkan kesan vintage namun futuristik.

review-kamera-sony-a6000

Ukuran kamera ini sekitar 15.4 x 14.5 x 13 cm. Kamera ini dilengkapi dengan sensor CMOS APSC  yang mempunyai resolusi 24.3 Megapixel dan dipasangkan dengan BIONZX Image Processor atau prosesor pengolah gambar BIONZX  yang membuat kamera ini dapat menjadi senjata andalan anda untuk mengabadikan gambar-gambar dengan berkualitas dan cepat. Selain itu, kamera ini juga mempunyai sensitivitas ISO hingga 25600 yang memudahkan anda untuk mengambil gambar disaat minim cahaya. baca juga : Harga dan Spesifikasi FUJIFILM X-A2 Kamera Mirrorless.

Kehebatan sistem AF ini disertai dengan kecepatan foto berturut-turut yang sangat cepat yaitu 11 foto per detik dengan autofokus continuous. Kehebatan ini hanya bisa disamai oleh kamera yang tingkatnya paling atas di jajaran kamera DSLR seperti Canon 1DX.Fitur unggulan yang ingin ditekankan Sony adalah kemampuan kinerja AF yang diklaim tercepat di dunia yakni, 0.06 detik, tercepat di kelasnya. Sistem hybrid AF ini juga dapat mengcover 92% frame dan dapat melakukan continous shooting pada 11 fps.

kamera-sony-a6000

Salah satu fitur yang masih saya kuatirkan adalah tentang resolusi jendela bidik EVF yang diturunkan dari 2.4 juta titik di Sony NEX 6,7 menjadi hanya 1.44 juta titik. Di lapangan, saat cahaya matahari bersinar terik, 1.44 juta titik sudah sangat baik dengan respon yang sangat cepat. Di kondisi cahaya yang gelap, kejernihan dan kecepatan (refresh rate) dari jendela bidik menurun dan mulai terlihat banyak noise/bintik-bintik. Untungnya, secara umum masih terlihat jelas dan cukup terang. Saya kira keputusan mendowngrade resolusi jendela bidik ini bertujuan untuk menghemat baterai. baca juga: Kamera Canon EOS 80D Murah

Kualitas gambar di ISO 100-400 sangat baik. Noise baru muncul sedikit di ISO 800. Gambar dengan setting ISO 1600 dan 3200 mulai banyak noise, tapi menurut saya gambar masih oke sampai ISO 3200. Noisenya masih halus dan detail masih banyak. Mudah dimuluskan di software Lightroom. Meski di kamera ini menyediakan ISO sampai dengan 25600, tapi kualitasnya sudah sangat kurang. Saat di zoom definisi foto sudah kurang tajam untuk cetak ukuran besar, tapi untuk tampilan web atau layar smartphone, dengan ukuran kecil masih bisa dinikmati.

review-hasil-jepretan-sony-a6000-dengan-iso100

Kedepannya Sony akan mengembangkan dan merilis apps-apps baru. Menurut saya ini sangat baik karena di masa depan, fitur-fitur kamera akan bertambah dengan apps. Harapan saya Sony menyediakan apps gratis semua, sehingga pengguna senang. Tapi dilain pihak kalau semuanya gratis nanti Software engineer Sony makan apa? Jadi menurut saya sudah cukup realistis kalau sebagian apps yang rumit bebayar. baca juga : Review Harga Kamera Conon EOS 700D

hasil-jepretan-sony-a6000-dengan-iso200

kamera Sony A6000 Mendapatkan foto tajam dengan akurat akan lebih mudah berkat adanya dukungan titik autofocus yang mencapai 179 titik. Kamera ini juga telah menawarkan zebra pattern dan output HDMI bersih bagi pecinta film. Selain itu juga terdapat LCD 921k Xtra Fine-dot yang berkururan 3 inchi dan dapat dimiringkan.

Sistem menu dari Sony A6000 juga dirombak total dari NEX. Sistem menu lebih menyerupai gaya Sony Alpha, mengikuti perubahan namanya. Sistem menu kamera ini terkesan lebih teratur dengan sistem kategori dan menu per-halaman dibandingkan dengan sistem menu NEX yang menggulung tanpa akhir. Meski demikian, menurut saya sistem menu belum sempurna. Ada istilah-istilah baru yang agak aneh seperti Audio Signals sebenarnya adalah Sound/Beep. Penempatan fungsi yang sering saya gunakan seperti Format card berada di kategori 5 dan halaman 5. Lebih baik jika Sony memberikan satu halaman khusus supaya pengguna dapat merekam menu item yang sering digunakan di halaman tersebut seperti di kamera DSLR pada umumnya (My Menu). baca juga: Kamera Canon EOS 600D Harga Bulan ini

Hal yang masih perlu ditingkatkan yaitu kecepatan saat menyalakan kamera. Diperlukan sekitar 2 detik untuk menunggu kamera siap motret setelah dinyalakan. Dan juga kecepatan proses untuk aplikasi (apps) tambahan seperti multiple exposure, dll.

review-hasil-foto-kamera-a6000-dengan-iso-16000

Dari kesan-kesan diatas, menurut saya Sony A6000 sudah cukup mumpuni sebagai kamera serba-bisa, dari motret outdoor yang terang sampai yang gelap, dari pemandangan yang statik sampai subjek bergerak cepat. Ukurannya juga relatif kecil dan ringan. Bagi pengguna Sony NEX sebelumnya seperti NEX 3 dan 5, kamera A6000 ini merupakan peningkatan yang signifikan. Sedangkan dari NEX 6 dan NEX 7 Anda akan mendapatkan kualitas autofokus untuk subjek bergerak yang lebih baik dan sistem menu yang lebih tertata dan lebih banyak pilihan peluang untuk mengkustomisasi tombol-tombol kameranya.

Sony A6000 paling cocok untuk penggemar fotografi yang mendambakan kamera yang tidak memberatkan saat jalan-jalan, street photography, fotografi aksi/olahraga dan dokumentasi acara-acara keluarga.

Performa Kamera dan Lensa

Seperti yang telah disinggung pada awal ulasan ini, Sony A6000 dilengkapi dengan sensor APS-C CMOS 24.3 MP dan juga prosesor BIONZ X. Kedua teknologi canggih ini mampu memungkinkan Anda untuk bermain dengan pengaturan ISO sampai jangkauan tertinggi. Bahkan, pengaturan ISO hingga ISO 25600.

Jika Anda berminat menggunakan Sony A6000 untuk mengambil video, maka kamera ini cukup direkomendasikan. Karena, kamera ini telah dilengkapi dengan video berformat full HD 1080p. Sehingga, mampu menghasilkan gambar lebih jernih dan tajam.

Anda tentu mengetahui ‘kan bahwa biasanya sebuah lensa bawaan (lensa KIT) memiliki kualitas yang biasa saja. Ya, itu bisa dimaklumi karena produsen mempertimbangkan untuk menekan harga  satu set kamera yang ada di pasaran.

Karena pemikiran itulah, banyak yang mengatakan bahwa kebanyakan lensa KIT memiliki kualitas biasa saja. Misalnya, pada Autofokus lensa KIT cenderung lebih lamban dan sedikit berisik jika dibandingkan dengan lensa yang lebih mahal.

Kamera Sony A6000 ini dibekali dengan lensa 16-50 mm. Bagaimanapun juga, yang namanya lensa KIT akan kalah jika dibandingkan dengan lensa kelas profesional lainnya.

Namun untuk lensa 16-50 mm bawaan Sony A6000 ini sudah cukup mumpuni untuk kualitas dan hasil gambar. Autofokusnya juga lebih cepat dan halus. Bahkan, untuk Dynamic range dan performa ABW-nya sudah termasuk cukup baik ketika digunakan untuk memotret di cahaya yang minim sekalipun.

Kelebihan Sony A6000

  • Kecil dan ringan
  • Autofocus yang sangat cepat pada tempat yang terang
  • Autofocus yang cepat untuk mengenali wajah manusia
  • Materi body kamera sebagian besar terbuat dari logam
  • Kualitas gambar sudah tergolong teratas pada kelas APS-C
  • Aplikasi di playmemories memudahkan untuk memberikan efek khusus
  • Kecepaan untuk foto berturut-turut sangat cepat, maksimum 11 fps
  • Perbandingan kualitas dan harga sangat baik
  • Built-in flash dapat dibounce ke atas
  • Sistem menu lebih menarik
  • Memiliki Wi-fi dan NFC yang berfungsi untuk mentransfer data
  • Baterai cukup baik untuk kamera mirrorless
  • Terdapat aplikasi smart remote yang bisa untuk setting exposure

kekurangan Sony A6000

  • Layar tidak touch screen
  • Untuk mengubah fokus diperlukan banyak waktu dan banyak k**k
  • Ketika kondisi gelap kualitas jendela bidik muncul bintik-bintik
  • Starup time lebih lama sekitar 2 detik
  • Charger external tidak include. Charger menggunakan kabel USB
  • Kecepatan proses beberapa aplikasi sedikit lambat
  • Pada kondisi gelap kecepatan AF untuk subjek bergerak sedikit lambat
  • Pengaturan Auto ISO tidak memiliki shutter speed

Rekomendasi lensa untuk Sony A6000

  • Sony E 16-70mm f/4 OSS Untuk jalan-jalan dan serba guna
  • Sony E 10-18mm f/4.5-5.6 OSS Lensa superlebar untuk pemandangan, interior
  • Sony E 50mm f/1.8 OSS Untuk portrait, details
  • Sony E 24mm f/1.8 Untuk street photography, low light
  • Sony FE 70-200mm f/4 OSS Untuk satwa liar, olahraga

Spesifikasi Kamera Sony A6000

Body type
Body type
Rangefinder-style
mirrorless
Body material
Composite
Sensor
Max resolution
6000
x 4000
Other resolutions
6000
x 3376, 4240 x 2832, 4240 x 2400, 3008 x 2000, 3008 x 1688
Image ratio w:h
02:16,2
Effective pixels
24
megapixels
Sensor photo detectors
25
megapixels
Sensor size
APS-C
(23.5 x 15.6 mm)
Sensor type
CMOS
Processor
Bionz
X
Color space
sRGB,
AdobeRGB
Color filter array
Primary
Color Filter
Image
ISO
Auto,
100-25600 (51200 with Multi-Frame NR)
White balance presets
10
Custom white balance
Yes
Image stabilization
No
Uncompressed format
RAW
JPEG quality levels
Extra
fine, fine, normal
File format
JPEG
(DCF v2.0, EXIF v2.3)
RAW
(Sony ARW 2.3)
Image parameters
Contrast
Saturation
Sharpness
Optics & Focus
Autofocus
Contrast
Detect (sensor)
Phase
Detect
Multi-area
Center
Selective
single-point
Tracking
Single
Continuous
Face
Detection
Live
View
Autofocus assist lamp
Yes
Digital zoom
Yes
(2X)
Manual focus
Yes
Number of focus points
179
Lens mount
Sony
E
Focal length multiplier
1.5×
Screen / viewfinder
Articulated LCD
Tilting
Screen size
3″
Screen dots
921,6
Touch screen
No
Screen type
TFT
LCD
Live view
Yes
Viewfinder type
Electronic
Viewfinder coverage
100%
Viewfinder magnification
0.7×
Viewfinder resolution
1,440,000
Photography features
Minimum shutter speed
30
sec
Maximum shutter speed
1/4000
sec
Exposure modes
iAuto
Superior
Auto
Programmed
AE
Aperture
Priority
Shutter
Priority
Manual
Built-in flash
Yes
Flash range
6.00
m (at ISO 100)
External flash
Yes
(via Multi Interface Shoe)
Flash modes
Flash
off, auto, fill-flaw, slow sync, redeye reduction, hi-speed sync, wireless
control
Flash X sync speed
1/160
sec
Continuous drive
11
fps
Self-timer
Yes
(2 or 10 sec, continuous (3-5 shot))
Metering modes
Multi
Center-weighted
Spot
Exposure compensation
±5
(at 1/3 EV, 1/2 EV steps)
AE Bracketing
±5
(3, 5 frames at 1/3 EV, 1/2 EV, 2/3 EV, 1 EV, 2 EV steps)
WB Bracketing
Yes
Videography features
Resolutions
1920
x 1080 (60p, 60i, 24p), 1440 x 1080 (30p, 25p), 640 x 480 (30p, 25p)
Format
MPEG-4,
AVCHD
Microphone
Stereo
Speaker
Mono
Storage
Storage types
SD/
SDHC/SDXC, Memory Stick Pro Duo/ Pro-HG Duo
Connectivity
USB
USB
2.0 (480 Mbit/sec)
HDMI
Yes
(micro-HDMI)
Microphone port
No
Headphone port
No
Wireless
Built-In
Wireless notes
802.11b/g/n
with NFC
Remote control
Yes
(wired or PC)
Physical
Environmentally sealed
No
Battery
Battery
Pack
Battery description
NP-FW50
lithium-ion battery and USB charger
Battery Life (CIPA)
420
Weight (inc. batteries)
344
g (0.76 lb / 12.13 oz)
Dimensions
120
x 67 x 45 mm (4.72 x 2.64 x 1.77″)
Other features
Orientation sensor
Yes
GPS
None

Harga Kamera Sony A6000

List harga Sony A6000 diberbagai toko online dapat dicek dibawah ini. Pastikan memilih dengan menampilkan halaman tiap produk-produk ini dan pastikan sesuai dengan kebutuhan anda.

Jenis KameraHarga Kamera
Vertical Battery Hand Grip Pack + IR Wireless Remote for Sony A6000 Camera – INTLRp. 662,000
Sony ILCE-6000 Alpha a6000 Body E-mount Black Digital Camera Brand NewRp. 8,280,000
Sony ILCE Alpha A6000 Body Only Kamera Mirorrless – 24 MPRp. 8,499,000
Sony Alpha a6000 16-50mm Kamera Mirrorless Body OnlyRp. 8,499,000
Sony Alpha A6000 Kit16-50mm – 24MP – Silver + Gratis Memory Sony 8GBRp. 9,500,000
Sony ILCE-6000 Alpha a6000 Body E-mount Silver Digital Camera Brand NewRp. 9,580,000
Sony A6000 – 24.3 MP – 16-50 mm – Lensa Kit Rp. 9,600,000
Sony Alpha ILCE A6000L Kit 16-50 – 24.3MPRp. 9,687,610
Sony Alpha A6000 – 24 MP – Kit 16-50mmRp. 9,799,000
Sony Alpha ILCE A6000L Kit 16-50 – 24.3MPRp. 9,687,610
Sony Alpha A6000 – 24.3MP – Kit 16-50mm – Silver + Sony SDHC 8gb 40 mb/sRp. 9,925,000
Sony Alpha A6000 Kit 16-50mm Kamera MirrorlessRp. 9,999,000
Sony Alpha A6000 – 16 MP – Kit 16-50mmRp. 9,999,000
Sony Alpha A6000 Kit 16-50mm White Kamera MirrorlessRp. 9,999,000
 Sony ILCE Alpha A6000L 16-50mm Kamera Mirorrless – 24 MP Rp. 9,999,000
 Sony Alpha a6000L Kit 16-50mm Lens Kamera Mirrorless – 24.3 MP Rp. 9,999,000
 Sony Alpha A6000 Body Only – 24Mp – Hitam Kit 16-50mm + SDHC 8 Gb + Case+ Screen Protector + UV FIlter  Rp. 10,555,000
 Sony Alpha A6000 Kit 16-50mm – 24 MP Rp. 10,900,000
 Sony ILCE-6000Y Black 16-50 + 55-210mm Lens Kit A6000YRp. 14,580,000
Sony Mirror-less Interchangeable-Lens Camera A6000 + 16-50mm Lens SILVER Rp. 16,979,100

Baca Juga :

Daftar Harga Kamera Samsung MurahDaftar Harga Kamera Canon Powershot Murah
List Harga Kamera Mirrorless MurahDaftar Harga Kamera Digital Canon Murah
Daftar Harga Kamera Instan  (polaroid)  Murahkamera digital Sony terbaru

Demikian artikel mengenai Review Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Sony A6000 Terbaru semoga artikel ini bermanfaat dan selalu kunjungi kamera digital untuk informasi menarik lainya jangan lupa Like dan Share artikel ini agar bermanfaat buat orang lain trimakasih telah membaca Review Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Sony A6000 Terbaru.

Tag :

sony a6000,sony a6000 harga,spesifikasi sony a6000,harga sony a6000
Review Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Sony A6000 Terbaru | Wawan Setiawan | 4.8
Loading...

Leave a Reply