Adu Kamera Canon EOS RP vs Nikon Z6, Mana Lebih Bagus? Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Adu Kamera Canon EOS RP vs Nikon Z6, Mana Lebih Bagus?

Tuesday, November 19th, 2019 | Canon, Mirrorless, Nikon, Versus

KameraDigital.Co.Id, Adu Kamera Canon EOS RP vs Nikon Z6, Mana Lebih Bagus? – Kamera mirrorless Canon EOS RP vs Nikon Z6 sebenarnya memiliki banyak kesamaan. Keduanya dirilis sebagai alternatif kamera mirrorless yang serupa dengan Canon EOS R dan Nikon Z7 lengkap dengan berbagai fitur keren namun dengan harga yang lebih terjangkau. Lalu, mana yang lebih bagus? Simak saja ulasan perbandingan kedua kamera tersebut berikut ini.

Canon EOS RP vs Nikon Z6, Mana Lebih Bagus?

Desain dan Layar

Saat ini, kamera mirrorless merupakan salah satu jenis kamera yang laris di pasaran menggantikan model kamera full-frame yang dikenal berbobot berat dan harganya juga lebih mahal.

Dilihat dari desain dan ukuran dimensi bodynya, kamera mirrorless Canon EOS RP vs Nikon Z6 ini tidak terlalu jauh berbeda, kedua kamera tersebut sama-sama memiliki dimensi body yang hampir serupa, jika Canon EOS RP berdimensi body 5,22 x 3,35 x 2,76 inci, Nikon Z6 berdimensi body 5,3 x 4,0 x 2,7 inci namun Canon EOS RP sedikit lebih ringan daripada Nikon Z6, kamera besutan Canon tersebut hanya berbobot 15,6 ons sedangkan Nikon Z6 beratnya 21,8 ons.

Meskipun Nikon Z6 sedikit lebih berat dibanding Canon EOS RP sehingga membuat agak kurang nyaman untuk digunakan setiap hari, namun Nikon Z6 ini lebih tahan cuaca, debu dan uap air sehingga Anda tidak perlu khawatir saat menggunakan kamera ini ketika hujan lebat atau berada dalam suasana bersuhu sangat dingin, berbeda ketika Anda menggunakan Canon EOS RP yang tidak terlalu tahan dengan cuaca, debu dan uap air.

Canon EOS RP vs Nikon Z6

Perbandingan Spesifikasi Canon EOS RP vs Nikon Z6

Sementara itu, berbicara mengenai layar dari kedua kamera mirrorless tersebut, Nikon Z6 memiliki layar LCD lebih besar yaitu 3,2 inci berbanding dengan Canon EOS RP yang hanya berukuran 3,0 inchi. Viewfinder Nikon Z6 juga lebih detail yaitu 3690k, sedangkan Canon EOS RP hanya 2360k yang tentunya cukup berpengaruh terhadap proses penyusunan gambar. Namun, keunggulan lain Canon EOS RP di sektor layar terletak pada desain layar tersebut yang dirancang sedemikian rupa sehingga bisa sepenuhnya diartikulasikan, sedangkan desain layar Nikon Z6 hanya bisa dimiringkan keatas dan kebawah.

Lensa Canon EOS RP vs Nikon Z6

Memasuki pasar kamera mirrorless, itu artinya baik Canon ataupun Nikon juga meluncurkan mount lensa baru untuk produk kamera mirrorless Canon EOS RP vs Nikon Z6. Kamera Canon EOS RP, menggunakan lensa RF yang saat ini hanya terdiri dari empat jenis  diantaranya seperti,Canon RF 24-105 mm f / 4 L IS USM, Canon RF 28–70 mm f / 2 L USM, Canon RF 50 mm f / 1.2 L USM, dan Canon RF 35 mm f / 1.8 IS STM Macro.

Sementara itu, Nikon Z6 menggunakan lensa jenis Z mount. Seperti halnya Canon, tidak ada banyak lensa untuk Z-mount. Saat ini Anda hanya bisa memilih beberapa jenis lensa Nikon Z-mount, tepatnya hanya 5 jenis lensa saja, yaitu Nikkor Z 50mm f / 1.8 S, Nikkor Z 35mm f / 1.8 S, Nikkor Z 24-70mm f / 4 S, Nikkor Z 14-30mm f / 4 S, dan Nikkor Z 24-70mm f /2.8 S.

Sementara menunggu Canon dan Nikon memperluas ragam jenis lensa untuk model kamera mirrorless mereka, sebenarnya Anda masih dapat menggunakan lensa yang dirancang untuk DSLR pada kamera mirrorless dengan bantuan adaptor tambahan. Adaptor Mount FTZ memungkinkan Anda untuk menggunakan lensa F-mount pada kamera bersistem Z, sementara adaptor sistem EOS R juga memungkinkan Anda untuk melakukan hal yang sama dengan menggabungkan mount RF dengan lensa Canon EF dan EF-S.

Sensor dan ISO

Seperti diketahui bahwa sensor kamera bisa menentukan kualitas gambar sehingga jika sebuah kamera memiliki sensor full-frame tentu saja kualitas gambar yang dihasilkan akan mengesankan. Begitu pula dengan kualitas gambar yang dihasilkan dari kamera mirrorless besutan Canon dan Nikon ini.

Perbandingan sensor yang digunakan pada Canon EOS RP vs Nikon Z6 sebenarnya hanya terletak pada perbedaan mikroskopis ukuran sensor. Kamera mirrorless Canon EOS RP memiliki resolusi sensor yang sedikit lebih besar 26.2 MP sedangkan Nikon Z6 hanya beresolusi 24,3 MP. Namun, di sisi lain resolusi yang lebih kecil pada Nikon Z6 membuat kamera tersebut memiliki piksel individual yang lebih besar 5,74μm dibandingkan Canon EOS RP yang piksel individualnya sebesar 5,94μm, hal tersebut membuat Nikon Z6 bisa merekam lebih banyak cahaya.

Kedua kamera tersebut bekerja sangat baik dalam kondisi cahaya rendah karena keduanya memiliki rentang ISO yang luas. Canon EOS RP memiliki rentang sensitivitas asli ISO 100 hingga 40000 (dapat diperpanjang hingga mencapai ISO 50-102400). Sedangkan, Nikon Z6 memiliki rentang ISO asli 100-51200, dan ada kemungkinan untuk meningkatkan sensitivitas ISO hingga mencapai ISO 204800.

Keunggulan lain yang dimiliki Nikon Z6 dibandingkan dengan Canon EOS RP adalah memiliki teknologi Sensor-Shift Image Stabilization yang dapat menghilangkan unsur-unsur guncangan sehingga akan menghasilkan gambar yang lebih jernih dan jelas meskipun foto tersebut diambil dalam kondisi tempat yang kurang cahaya. Tak satu pun dari kedua kamera tersebut memiliki fitur flash internal, tetapi ada fitur flash eksternal di keduanya.

Berikut Video Perbandingan Canon EOS RP vs Nikon Z6 dari channel The Everyday Dad

Fitur Canon EOS RP vs Nikon Z6

Kedua kamera baik Canon EOS RP dan Nikon Z6 dilengkapi dengan berbagai fitur yang keren, namun jika dibandingkan antara Canon EOS RP vs Nikon Z6 maka Nikon Z6 bisa dibilang lebih banyak memiliki fitur keren. Faktanya, salah satu spesifikasi EOS RP Canon yang paling mengesankan hanya pada fitur autofocusnya yang memiliki 4779 points sedangkan Nikon Z6 hanya memiliki 273 autofocus points.

Sementara itu, Canon EOS RP memiliki kecepatan continuous shooting pada 5 frame per detik yang sebenarnya termasuk low end jika Anda suka tipe fotografi aksi. Namun, jika tujuan utama Anda menggunakan kamera mirrorless untuk jenis fotografi event olahraga, petualangan dan segala jenis fotografi aksi, maka Anda akan jauh lebih puas jika menggunakan Nikon Z6 yang kecepatan continuous shooting mencapai 12 frame per detik dan dapat bekerja sangat baik untuk digunakan memotret subjek yang bergerak secara berurutan.

Kinerja Nikon Z6 juga lebih baik dalam hal kemampuan video, meskipun perbedaannya tidak terlalu besar. Kedua kamera dapat merekam video 4K, Nikon  Z6 menawarkan kualitas 4K30p sementara EOS RP menawarkan kualitas 4K25p. Satu-satunya kelemahan dari Nikon Z6 dalam hal video adalah layar LCD non-reversibel sedangkan Canon EOS RP memiliki layar LCD selfie-friendly yang jauh lebih nyaman bagi mereka yang ingin membuat vlog.

Sedangkan untuk fitur konektivitas, kedua kamera mudah dihubungkan ke perangkat pintar apa pun yang Anda miliki melalui Bluetooth atau Wi-Fi. Fitur ini sangat dibutuhkan jika Anda ingin membuat cadangan file secara otomatis.

Selain itu, baik Canon EOS RP ataupun Nikon Z6 juga dilengkapi dengan port untuk headphone sehingga bisa menggunakan mikrofon eksternal saat sedang merekam video. Sementara itu, Canon EOS RP hanya mendukung kartu SD, SDHC, dan SDXC, Nikon Z6 juga mendukung kartu XQD.

Adu Kamera Canon EOS RP vs Nikon Z6, Mana Lebih Bagus? | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply