Spesifikasi Ricoh Theta SC2, Kamera 360 Derajat dengan Desain yang Simpel Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Spesifikasi Ricoh Theta SC2, Kamera 360 Derajat dengan Desain yang Simpel

Thursday, November 28th, 2019 | Kamera digital, Ricoh

KameraDigital.Co.Id, Spesifikasi Ricoh Theta SC2, Kamera 360 Derajat dengan Desain yang Simpel – Ricoh Theta SC2 adalah sebuah Kamera yang dapat mengambil foto dan juga video secara 360° full HD dengan menekan satu k**k saja. Kamera ini dilengkapi teknologi tinggi dan membuat Anda dapat menghasilkan dan melihat foto/video 360 derajat dengan mulus. Disamping itu, kamera ini adalah penyempurnaan dari kamera seri M-15 sebelumnya dengan melengkapi fitur-fitur yang sudah diperbarui. Simak Spesifikasi Ricoh Theta SC2 yang akan Kami ulas lengkap.

Berikut ini beberapa spesifikasi dari kamera tersebut:

  • Image resolution:5376 x 2688
  • Sensor pixel:12M x 2
  • Video Frame rate:30fps
  • Video Resolution:4K x 2K
  • Audio:1 ch built (in)
  • Video Recording time:3min
  • External I/F:USB
  • Memory:Built-in (14GB)
  • Live Streaming:Tidak ada
  • Dirilis pada November 2019
  • Fitur utama kamera: 4K video, status display OLED and new preset modes

Spesifikasi Ricoh Theta SC2

Desain Fisiknya

Spesifikasi Ricoh Theta SC2

kameranya mampu mengambil gambar sampai dengan sudut 180 derajat

Perihal desain fisiknya dari kamera 360° ini terbilang cukup sederhana. Dengan memiliki kedua kamera pada bagian depan dan belakang, masing-masingnya dari kamera tersebut mampu mengambil gambar sampai dengan sudut 180°.

kemudian, salah satu bagian di sampingnya memiliki tombol button yang digunakan untuk mengoperasikan kamera tersebut. Tombol button tersebut merupakan tombol yang berfungsi untuk power, mode WiFi, dan juga mode untuk mengganti foto atau video.

Kemudian pada bagian ujung atas kamera, memiliki sebuah lubang audio dan dapat digunakan untuk melakukan record audio. Sebaliknya, pada bagian ujung bawah memiliki mount sebagai tempat tripod universal, port USB yang digunakan untuk charger dan port HDMI.

Sedangkan tombol shutter terletak tepat berada di bawah salah satu sisi kamera tersebut. Selain itu, terdapat lampu indikator yang dapat berubah warna sesuai dengan mode-mode tertentu.

Selain itu, kamera ini menggunakan baterai tanam dengan daya yang mampu bertahan maksimal untuk mengambil 200 foto secara maksimal. Kemudian, kamera ini tidak dilengkapi dengan penambahan memori eksternal, tetapi lebih digunakan untuk memory internal dengan kapasitas 8 GB.

Kualitas Kamera

Ricoh Theta SC2 memiliki kamera dual yang dapat mengambil angle dengan sangat luas dan juga mampu bekerja secara bersamaan. Spesifikasi yang dimiliki kamera tersebut menggunakan sensor CMOS 12 MP dan aperture f/2.0, akan tetapi kamera ini menghasilkan output foto dengan resolusi 14 MP.

Melalui spesifikasi pada laman resminya, kamera ini sudah sangat baik dalam memotret gambar walaupun dalam keadaan low light sekalipun. Disamping itu, Anda dapat bereksplorasi menggunakan mode manual dan juga mengatur kecepatan shutter sampai dengan 60 detik.

Kemudian, kamera tersebut memiliki auto fokus yang digolongkan cukup cepat. Hal ini sangat baik bagi Anda dalam menangkap objek bergerak. Perihal kualitas, yang dihasilkan dapat dikatakan cukup baik dengan gambar dan warna dari foto sangat tajam.

Spesifikasi Ricoh Theta SC2

Ricoh Theta SC2 memiliki auto fokus yang cukup cepat

Jika Anda melakukan zoom pada hasil gambar sampai dengan ke titik maksimal, gambar tersebut akan tetap terlihat jelas walaupun sedikit agak kabur. Namun hasilnya cukup memuaskan.

Sedangkan untuk video, kamera ini dapat mengambil video 360° Full HD dengan resolusi 1080@30 fps. Kemudian, dalam pengambilan video menggunakan kamera ini dibatasi oleh durasi yang terbatas.

Hal ini dikarenakan, kamera ini hanya memiliki memori internal dengan kapasitas 8GB. Anda hanya dapat mengambil sebuah video dengan durasi maksimal 25 menit untuk merekam  video dengan resolusi 1080 @30 fps.

Walaupun begitu, kamera ini memiliki jelas kualitas audio yang cukup bagus, dan dapat dilihat dari video dengan suara yang sudah cukup jelas terdengar.

Apps 360° Camera

Perlu diketahui bahwa Ricoh Theta SC2 tidak disertai oleh liveview. Hal ini membuat diperlukannya konektivitas WiFi untuk menghubungkan antara kamera tersebut dengan Mobile Device sebagai live view. Tidak hanya menggunakan mobile device saja, tetapi melalui komputer atau desktop yang Anda miliki juga bisa.

Untuk dapat menjadikan mobile device atau dekstop yang Anda miliki sebagai live view, terlebih dulu Anda diwajibkan untuk mendownload app untuk kamera Anda. Pada dekstop, aplikasi kamera tersebut relevan dengan Windows dan Mac. Namun, kompabilitas pada mobile device, hanya untuk pengguna IOS dan juga Android.

Jika telah mendownload app, Anda akan dapat lebih mudah untuk mengontrol secara penuh terhadap semua aktivitas kamera 360° ini.

Pada saat pertama kali menghubungkan kamera tersebut ke mobile atau dekstop, Anda pasti akan dimintai sebuah password. Password tersebut dapat Anda lihat dan tertempel pada bagian bawah kamera.

Disamping itu, kamera ini tidak memungkinkan Anda untuk tidak dapat melihat preview dari sebuah foto atau video yang telah Anda ambil sebelumnya. Jika ingin melihat previewnya, Anda terlebih dahulu harus mendownload dengan menggunakan jaringan WiFi.

Namun diluar dari semua hal tersebut, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk dapat melakukan berbagai hal. Contohnya seperti memilih resolusi foto dan video, mengambil video timelapse dan mengedit foto. Tidak hanya itu, aplikasi tersebut juga memberikan fungsi trimming, cropping, color adjustment dan juga filter.

Format pada tampilan foto, dapat memilih Anda pilih dalam beberapa pilihan contohnya mirror ball, equirectangular, little planet dan rectilinear, sampai dengan memasukkan musik kedalam video Anda.

Live Streaming

Fitur yang yang paling menarik dari Ricoh Theta SC2 tersebut adalah adanya fitur live streaming. Fitur ini membuat Anda dapat menghubungkannya secara langsung dengan PC atau laptop dengan cukup menggunakan bantuan kabel HDMI. Kemudian, Anda dapat secara langsung membagikan live streaming dari karena tersebut melalui Youtube.

Spesifikasi Ricoh Theta SC2

Fitur yang yang paling menarik dari Ricoh Theta SC2 tersebut adalah adanya fitur live streaming

Namun, sebelum melakukan hal tersebut, Anda lebih dulu harus mendownload aplikasi khusus yang digunakan untuk live streaming kompatibel dengan windows dan Mac.

Aksesoris Ricoh Theta S

Dikarenakan lensa kamera tersebut terdapat pada bagian depan dan juga belakang bodi, Anda tak dapat dengan sembarangan untuk meletakkannya agar menghindari lecet.

Walaupun dalam pembeliannya kamera tersebut telah mendapatkan soft case, tetapi Anda juga dapat memilih pouch lain. Contohnya seperti soft case yang berbentuk dan lebih custom, tripod dan hard case yang dapat membantu Anda pada saat mengambil gambar mode panorama.

Hal ini dikarenakan pada bagian bawah kamera tersebut dilengkapi oleh dengan mount ukuran standar, sehingga Anda dapat mengeksplorasinya sesuai yang diinginkan dengan menambahkan tripod. Contohnya seperti Manfrotto Pixi Mini Tripod yang dapat membuatnya lebih aman pada saat digunakan ketika mode panorama.

Siap Beralih ke Era 360° Photography

Ricoh Theta SC2 adalah salah satu dari kamera 360° yang sedang menjadi trend dan aliran baru di dunia fotografi. Kemampuan yang dimilikinya dengan mengabadikan momen-momen dengan sudut pandang yang luas dan tak terbatas, membuat kamera tersebut banyak menjadi incaran.

Kamera ini juga diketahui merupakan versi premium dari kamera 360. Jika dibandingkan dengan edisi sebelumnya, kamera ini cukup banyak menawarkan berbagai fitur yang dimiliki. Selain itu, kamera tersebut dapat dibanderol dengan harga mulai dari 5,6 jutaan.

Nah, itu dia Spesifikasi Ricoh Theta SC2 semoga dapat membantu Kamu memilih Kamera yang cocok sesuai kebutuhan.

Spesifikasi Ricoh Theta SC2, Kamera 360 Derajat dengan Desain yang Simpel | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply