Fitur, Spek dan Harga Kamera Fujifilm X-Pro3 Terbaru Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Fitur, Spek dan Harga Kamera Fujifilm X-Pro3 Terbaru

Monday, November 11th, 2019 | FUJIFILM, Kamera digital

KameraDigital.Co.Id, Fitur, Spek dan Harga Kamera Fujifilm X-Pro3 Terbaru – Fujifilm X-Pro resmi meluncurkan generasi ketiganya, yaitu Fujifilm X-Pro3 merupakan kamera Fujifilm pertama yang mengusung konsep layar ganda dan juga tambahan 2 efek simulasi untuk film baru. Kamera ini tetap menggunakan desain kamera rangefinder retro seperti pada seri sebelumnya.

Kamera ini diketahui merujuk pada pada fotografer jalanan serta jurnalis foto. Hadir dengan ukuran layar 3,5 inci dan juga resolusi 1,65 juta dot, layar tersebut hanya dapat dilihat apabila pengguna melipat ke arah luar. XPRO3 ini merupakan rilisan terbaru dari Fujifilm sejak rilisan terakhir empat tahun yang lalu.

Dapat diketahui bahwa, XPRO3 ini lahir dari kombinasi kecanggihan teknologi digital dengan kamera analog yang cenderung memiliki unsur yang unik. Selain itu, salah satu kelebihan yang dapat Anda nikmati yakni Anda dapat melakukan pemotretan tanpa harus terganggu dengan LCD kamera tersebut.

Spesifikasi Fujifilm X-Pro3

Fujifilm X-Pro3 merupakan kamera dengan evolusi Advanced Hybrid Viewfinder dengan resolusi dan pencahayaan yang terbaik. Kamera ini menggunakan panel organik dengan resolusi tinggi yaitu 3,69 juta titik dengan pencahayaan tinggi serta kecanggihan reproduksi warna yang dihasilkan. Disamping itu, dihadirkan pula Classic Neg Film Simulation dengan warna negatif yang disimulasikan dalam foto sehari-hari.

Disamping itu, kamera ini juga dilengkapi berbagai aksesoris pilihan seperti BLC XPRO3 leather case dan MHG XPRO3 yang menampilkan desain klasik XPRO3 yang elegan dengan melindungi body kamera. Salah satu kelebihannya yakni Anda dapat mengganti kamera ketika casing sedang terpasang ke kamera.

Fujifilm X-Pro3

Fujifilm X-Pro3 punya desain klasik dan retro

Untuk MHG XPRO3 handgrip memudahkan Anda dalam handling kamera pada saat penggunaan lensa aperture yang besar. Tidak berbeda dengan BLC XPRO3, Anda tetap dapat mengganti baterai dalam keadaan kartu SD terlepas dari grip ini.

Viewfinder yang Jauh Lebih Baik

Keunggulan yang ditawarkan oleh kamera XPRO3 ini salah satunya adalah viewfinder yang dimilikinya. Saat ini pada seri XPRO3, viewfinder memiliki performa yang telah ditingkatkan dengan lebih baik.

Pada saat berada dalam keadaan mode optical viewfinder XPRO3 diketahui dapat melakukan pembesaran sampai dengan 0,52x yang dapat membuat Anda jauh lebih mudah dalam penggunaannya. Terutama pada saat sedang memotret menggunakan lensa telephoto dan juga lensa wide.  Selain itu, viewfinder yang digunakan saat mode elektronik menggunakan panel OLED yang memiliki resolusi tinggi 3,69 juta titik.

Layar Ganda

Layar menjadi salah satu pembaruan besar oleh Fujifilm yang paling signifikan. X-Pro3 menjadi kamera pertama dari Fujifilm yang diluncurkan dengan layar ganda. Layar tersebut dapat dilipat ke bawah 180 derajat dengan posisi tertutup atau posisi standar dan Anda akan menemukan layar yang kecil. Layar tersebut berfungsi sebagai penampil ISO, White Balance dan juga efek simulasi film. Sementara pada saat lipatan layar dibuka ke bawah, akan muncul layar sentuh LCD dengan ukuran 3-inci.

Fujifilm X-Pro3

X-Pro3 menjadi kamera pertama dari Fujifilm yang diluncurkan dengan layar ganda

Melalui layar inovatif tersebut X-Pro3 menawarkan pengalaman yang berbeda dengan seri lainnya dalam hal memotret. Dengan adanya layar tersebut Anda dapat merasakan sensasi dalam memotret layaknya menggunakan kamera analog yang sesungguhnya. Selain itu, Anda akan lebih fokus dalam mengasah kemampuan dalam memotret tanpa perlu khawatir dengan hasil jepretan secara langsung.

Body Fujifilm X-Pro3

Kamera XPRO3 ini menunjukkan keunggulan pada bodi yang didesain dengan material titanium di bagian eksterior. Hal ini cenderung dapat lebih kuat dengan daya tahan yang lebih lama. Walaupun begitu, bodi dengan material yang dimiliki tidak akan membuat bebannya menjadi lebih berat.

XPRO3 ini tersedia dalam dua variasi warna, dan disediakan dengan tambahan teknologi berupa pengerasan pada permukaan Duratect untuk dapat memberikan ketangguhan ekstra dan juga hasil akhir yang menjadikan kamera tersebut terlihat semakin elegan dan premium.

Resolusi dan Sensor

Bagi Anda yang lebih menyukai viewfinder elektronik, maka Anda akan dimanjakan oleh resolusi 3,69 juta dot yang berasal dari panel berteknologi OLED 200 Hz. Hal ini membuat kamera XPRO3 ini menjanjikan tampilan hasil yang jernih dan respon yang sangat cepat.

Secara umum, kamera XPRO3 ini memiliki spesifikasi X-Pro3 yang sama atau sejajar dengan model Fujifilm seri terbaru. Seperti pada X-T3, perangkat tersebut memiliki sensor X-Trans 4 sebesar 26,1 MP dan juga prosesor X-Processor 4 quad-core.

Disamping itu, Fujifilm tidak menyebutkan berapa jumlah titik Auto Focus yang dimiliki, namun dapat dipastikan bahwa AF tersebut akan berfungsi dan bekerja dalam keadaan gelap gulita. Seperti pada kamera dengan sensor X-Trans 4 pada umumnya, X-Pro3 ini diketahui memiliki performa yang mumpuni walaupun digunakan pada saat memotret dalam kondisi cahaya yang remang. Rentang ISO pada kamera XPRO3 ini menyuguhkan 160-12.800 dan masih dapat diperluas sampai dengan 80-51200.

Kamera XPRO3 ini juga memiliki perangkat yang dilengkapi oleh teknologi AI sehingga pemotretan dapat dilakukan dengan mudah. HDR mode yang baru dapat secara otomatis menangkap sejumlah frame kemudian digabungkan demi menghasilkan warna yang tidak memiliki saturasi warna berlebih.

Anda sebagai pengguna juga dapat menambahkan hasil foto Anda dengan simulasi film, seperti Velvia, Eterna dan juga Monochrome. Selain itu, X-Pro3 juga memiliki dua filter baru yakni Classic Neg dan Monochromatic Color.

Hasil Gambar Fujifilm X-Pro3

Layar dengan ukuran sebesar perangko di X-Pro3 juga dapat menghasilkan gambar ilustrasi mengenai simulasi film yang sedang diaktifkan seperti Provia, Velvia dan lainnya. Hal ini membuat tampilannya lebih mirip seperti kamera film jadul.

Pada zaman analog sebelumnya, kamera film memang terdapat jendela kecil di mana Anda sebagai pengguna dapat mamasukan potongan-potongan kemasan film. Hal ini dapat membuat Anda dengan mudah mengetahui film yang sedang terpasang dalam kamera. Kamera X-Pro3 ini bukannya tidak mempunyai layar LCD. Namun, terdapat touchscreen yang disembunyikan pada balik layar kecil dan dapat Anda akses dengan cara ditekukkan ke arah bawah.

Dapat Anda ketahui bahwa hanya terdapat satu arah tekukan, yaitu 180 derajat ke arah bawah. Hal tersebut membuat layar sentuh secara ideal digunakan untuk membidik low angle dan juga eye level. Selain itu, perubahan desain lainnya yang lumayan terlihat yaitu terdapat tombol navigasi D-pad yang menghilang.

Fitur Koneksi

Sebagai fitur tambahan, kamera Fujifilm X-Pro3 ini telah dilengkapi dengan WiFi dan bluetooth, dan juga mendukung konektivitas USB dengan Type-C. selain itu, kamera ini menjadi kamera pertama yang dengan 2 tambahan efek simulasi film baru yakni CLASSIC Neg dan MONOCHROMATIC Color.

Harga

Fujifilm X-Pro3 ini rencananya akan mulai dirilis pada menjelang akhir November mendatang. Harga yang ditawarkan untuk mendapatkan kamera mirrorless Fujifilm X-Pro3 ini adalah sebesar 1.799 dollar AS atau sekitar Rp 26,3 juta untuk seri body yang berwarna hitam.

Selain itu, Fujifilm juga akan menawarkan varian XPRO3 ini dengan bodi yang berlapis coating DuraTect dengan desain yang lebih tangguh. Harga yang ditawarkan adalah sebesar 1.999 dollar AS atau sekitar Rp 28,1 juta untuk seri warna hitam dan silver.

Fitur, Spek dan Harga Kamera Fujifilm X-Pro3 Terbaru | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply