5 Tips Penting yang Harus Dilakukan Saat Melakukan Edit Foto Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

5 Tips Penting yang Harus Dilakukan Saat Melakukan Edit Foto

Thursday, November 7th, 2019 | Tips

KameraDigital.Co.Id, 5 Tips Penting yang Harus Dilakukan Saat Melakukan Edit Foto – Sudahkah Anda memahami langkah edit foto secara tepat? Jika belum, maka hal tersebut perlu dipelajari dari sekarang. Pasalnya, semakin foto diatur dengan apik, semakin bagus pula hasil akhir yang muncul. Sejumlah foto editor saat ini tersedia dan bisa digunakan sesuai kebutuhan

Terasa gampang, sebenarnya edit foto bisa menjadi upaya yang cukup sulit mengingat seluruh elemen butuh keseimbangan. Aspek cahaya, kontras dan ukuran gambar mesti diatur secara baik agar hasil foto tersebut enak dilihat. Hal ini lebih terasa ketika Anda memotret menggunakan hp.

Kesalahan-kesalahan besar seperti ketidakseimbangan warna, cahaya yang terlalu terang atau gelap, hingga permasalahan lainnya, kerap mewarnai diri kita sehari-hari. Maka dari itu, keberadaan foto editor yang tepat harus dicari dan dicoba pada setiap platform satu per satu.

Saat Anda mengambil sebuah foto, sering kali hasil jepretan tidak menarik. Pada momen tersebut, foto editor dibutuhkan untuk menyempurnakan gambar. Ingin tahu tips penting yang harus dilakukan saat mengedit foto? Simak kelima poinnya sebagai berikut…

Tips Penting untuk Melakukan Edit Foto

  1. Mengatur Eksposur/Cahaya

Edit FotoSumber: blog.halide.com

Eksposur atau tingkat kecerahan adalah langkah pertama yang bagus diterapkan saat mengedit foto. Beberapa dari kita kadang memotret di tempat gelap, sehingga hasilnyan menjadi sangat redup. Jika begitu adanya, maka tingkatkan dengan mengatur aspek tersebut.

Ketika meningkatkan kecerahan, waspadalah terhadap blow-out atau bintik-bintik putih besar yang dapat muncul jika ada sesuatu yang mengkilap, berwarna terang, atau metalik di foto. Usahakan untuk meningkatkan eksposur sewajarnya saja, jangan berlebihan.

  1. Fitur Saturasi pada Gambar

Edit FotoSumber: photoreview.com.au

Jika foto Anda tampak lebih pudar. atau jika tingkat kecerahan terlalu tinggi malah menjadikannya pucat, fitur saturasi akan memperbaiki hal tersebut. Pada dasarnya, fitur tersebut mampu memperdalam warna dalam foto dan membuatnya terlihat lebih cerah.

Perlu dicatat bahwa fitur Saturasi adalah bagian lain dari proses yang harus dilakukan secara hati-hati karena itu mudah gila. Usahakan agar tetap berada pada warna asli dan menjaganya agar tidak berubah karakter. Ingat ya, jangan berlebihan!

  1. Resize dan Crop Foto

Edit FotoSumber: befunky.com

Anda dapat mengubah ukuran foto sambil mempertahankan dimensi yang sama atau mengubah ukurannya sesuai kebutuhan. Hal itu memungkinkan Anda menjaga dimensi atau rasio foto yang sama, tidak peduli sebesar atau sekecil apapun gambar tersebut.

Selain resize, Anda mampu melakukan crop lewat menggunakan tombol terkait atau hanya dengan memilih mode pemotongan cepat. Sebagai saran, terapkan kiat untuk mempertahankan gambar secara proporsional berukuran 6×5 (untuk persegi) dan lebar setidaknya 600 px.

  1. Maksimalkan Fitur Kontras

Sumber: adobex.com

Kontras memang jarang dipakai untuk beberapa orang, tetapi sangat berguna untuk gambar hitam dan putih serta menambahkan sedikit drama pada gambar berwarna. Kontras yang lebih tinggi bakal membuat warna gelap lebih gelap dan warna terang lebih terang.

Sekilas fitur kontras tampak seperti saturasi, meski sebenarnya sedikit lebih rumit. Anda bisa menggunakan fitur kontras untuk mempertegas warna dan kebutuhan-kebutuhan lain.

  1. Menambahkan Teks pada Foto

Sumber: canva.com

Pada beberapa kasus, menambahkan teks ke foto adalah ide yang bagus. Selama meninggalkan sedikit ruang kosong dam tidak berantaka, maka hasilnya bisa jadi lebih baik. Anda juga dapat menambahkan teks kontras di atas foto yang cukup sibuk dan tak terlalu rumit.

Bagaimana jika tidak ada ruang kosong? Mudah saja, Anda bisa menambahkan overlay yang sedikit transparan. Beberapa aplikasi seperti PicMonkey misalnya, memiliki pilihan bentuk yang geometris dan lebih komplek sehingga mampu menyesuaikan.

***

Itulah tadi tips cerdas melakukan edit foto sesuai fitur yang kita butuhkan. Balik lagi, fitur tersebut mesti dicocokkan dengan hasil foto dan usahakan untuk tak terlalu berlebihan saat sedang diaplikasikan. Selamat mencoba!

5 Tips Penting yang Harus Dilakukan Saat Melakukan Edit Foto | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply