Canon EOS Ra, Kamera Mirrorless Full-Frame Khusus Astrophotography Yang Akan Dirilis Canon Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Canon EOS Ra, Kamera Mirrorless Full-Frame Khusus Astrophotography Yang Akan Dirilis Canon

Thursday, November 7th, 2019 | Canon, Kamera digital, Mirrorless

KameraDigital.Co.Id, Canon EOS Ra, Kamera Mirrorless Full-Frame Khusus Astrophotography Yang Akan Dirilis Canon – Canon ternyata sudah menyiapkan sebuah kamera yang dikhususkan untuk para astrophotography.

Apa itu Astrofotografi?

Dikutip dari Wikipedia, Astrofotografi adalah sebuah jenis khusus dari fotografi yang memerlukan gambar pencatatan objek astronomi dan daerah besar di langit malam. Foto pertama dari objek astronomi (Bulan) diambil pada tahun 1840, tetapi tidak sampai akhir abad ke-19 bahwa kemajuan teknologi memungkinkan untuk fotografi bintang yang lebih rinci. Selain mampu merekam secara detail benda seperti Bulan, Matahari, dan planet-planet, astrophotography memiliki kemampuan untuk merekam objek gambar tidak terlihat oleh mata manusia seperti bintang redup, nebula, dan galaksi. Hal ini dilakukan oleh paparan lama sejak kedua film dan kamera digital dapat menumpuk dan jumlah foton cahaya selama ini jangka waktu yang lama.

Astrophotography adalah suatu jenis kegiatan fotografi yang khusus merekam gambar objek astronomi dan langit malam. Astrophotography membutuhkan sedikit pengetahuan tentang astronomi dan tentu saja fotografi. Secara teknis di astrophotography membutuhkan lebih banyak pengetahuan tentang astronomi. Yang membedakan astrophotography dengan jenis fotografi lain tentu saja objeknya, di astrophotography yang menjadi objek foto adalah benda-benda langit atau potret langit di kondisi malam. Karena objek benda langit sangat terkait dengan benda redup atau tingkat pencahayaan yang sangat kurang, maka teknik fotografi yang dipakai adalah fotografi dengan long exposure atau eksposur lama. Sebagai contoh untuk memotret Milky Way membutuhkan waktu low exposure 20-30 detik, baru bisa mendapatkan hasil foto yang bagus.

Canon EOS Ra

Canon EOS Ra hadir dengan sensor full frame dengan resolusi 30.3 megapixel dan prosesor DIGIC 8

Canon EOS Ra, Kamera Mirrorless Full-Frame Khusus Astrophotography

Canon sudah punya rencana dan sudah siap merilis sebuah kamera mirrorless full-frame baru yang dinamai Canon EOS Ra, sebuah kamera mirrorless full-frame dan adalah versi khusus dari keluarga EOS R yang dibuat untuk para pencinta astrophotography. Kira-kira mirip dengan DSLR Nikon D810a, kamera Canon EOS Ra ini punya memang di desain untuk menangkap objek astronomi yang tidak kelihatan secara kasat mata.

Canon mewujudkan EOS Ra dengan cara memodifikasi filter inframerah yang terpasang di depan sensor kameranya. Dengan modifikasi itu maka Canon EOS Ra dapat menangkap empat kali lebih banyak garis di spektrum H-Alfa dengan panjang gelombang 656 nm dibandingkan EOS R asli. Hasilnya warna merah yang dihasilkan objek astronomi seperti nebula menjadi lebih mudah direkam oleh sensor EOS Ra.

Agar fokus ke objek astronomi dapat lebih mudah difokuskan untuk keperluan astrophotography, maka Canon melakukan perubahan desain pada viewfinder elektronik (EVF) dan layar sentuhnya dengan memberikan tingkat perbesaran yang lebih tinggi yaitu masing-masing 30x dan 10x.

Dengan kata lain Canon EOS Ra hadir dengan jendela bidik elektronik dan mode Live View dengan kemampuan pembesaran sampai 30x. Kemampuan ini jauh lebih tinggi 3 kali lipat dibandingkan EOS R standar yang hanya 10x. Peningkatan ini akan memudahkan Kamu dalam mencari dan mengunci fokus saat melakukan pemotretan objek di langit yang bahkan sulit terlihat mata.

Dalam hal spesifikasi lainnya, Canon EOS Ra memiliki spesifikasi yang sama dengan EOS R standar. Canon EOS Ra hadir dengan sensor full frame dengan resolusi 30.3 megapixel dan prosesor DIGIC 8, begitu juga dengan komponen lain yang tertanam di balik bodi magnesium Kamera anyar Canon ini. Kamu yang sudah terbiasa mengoperasikan Canon EOS R tidak akan kesulitan mengoperasikan EOS Ra ini, karena hampir semua tombol dan fitur cara pengoperasiannya sama intuitifnya dengan EOS R standar.

Menurut informasinya Canon akan menjual Canon EOS Ra ini ke pasaran dengan harga $2.500 (untuk body only). Harganya ini sedikit lebih mahal dibandingkan EOS R standar yang harganya US$1800. Halaman pre-order nya sempat dibuka di Adorama namun dihapus kembali. Canon tampaknya masih belum memutuskan kapan akan menentukan jadwal rilis yang pasti untuk kamera Astrofotografi ini. Kita tunggu saja tanggal rilisnya.

Canon EOS Ra, Kamera Mirrorless Full-Frame Khusus Astrophotography Yang Akan Dirilis Canon | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply