Canon EOS M6 Mark II: Kamera Mungil Berkualitas Tinggi Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Canon EOS M6 Mark II: Kamera Mungil Berkualitas Tinggi

Wednesday, October 23rd, 2019 | Canon, Kamera digital, Mirrorless

KameraDigital.Co.Id, Canon EOS M6 Mark II: Kamera Mungil Berkualitas Tinggi – Canon EOS M6 Mark II adalah kamera trendy terbaru yang menambah koleksi Canon dan menjadi unggulan dalam seri EOS-M, menggantikan model M5 dan M6.

Mirrorless camera ini terutama ditujukan untuk semi-pro yang senang bepergian atau traveling. Diperkenalkan pada Agustus 2019 dan mulai dipasarkan 1 bulan kemudian, berikut informasi lengkap mengenai M6 Mark II.

Spesifikasi Lengkap Kamera Canon EOS M6 Mark II

Body dan Desain

EOS M6 Mark II menjadi kamera mirrorless andalan Canon dengan sensor APS C. Keuntungan besar perangkat APS-C dibandingkan kamera full-frame adalah ukurannya yang ringkas, dan Canon memasukkan ini ke dalam body M6 Mark II. M6 Mark II memiliki berat 408 gram dan dimensi 4,72 x 2,76 x 1,93 inch, yang membuatnya sangat compact dan bisa dengan mudah masuk ke dalam tas.

Canon EOS M6 Mark II

Canon EOS M6 Mark II yang cocok untuk traveling

Karena ukurannya yang ringkas dan ringan, kamera ini bisa menjadi mitra traveling yang sempurna. Sasis magnesium alloy kamera kokoh dan ringan, dan cukup fleksibel untuk memotret hampir semua hal. Namun, EOS M6 Mark II tidak memiliki perlindungan yang baik terhadap lingkungan, jadi cobalah untuk tidak menggunakannya dalam suhu beku, saat hujan, atau di lingkungan yang sangat panas.

Selain itu, cobalah untuk melindungi kamera dari debu dan kelembaban. Canon M6 MII juga telah meningkatkan cengkramannya dibandingkan dengan model sebelumnya. Pegangannya sekarang sedikit lebih dalam, jadi akan terasa lebih nyaman untuk penggunaan dalam waktu lama.

Layar Kamera

EOS M6 Mark II dirancang dengan layar Clear View II Touchscreen LCD 3 inch yang sama dengan 1.040.000 titik seperti pada M6 asli. Layar ini dapat dimiringkan 180 derajat ke atas dan 45 derajat ke bawah yang memungkinkan Anda memotret dari sudut kreatif lebih nyaman. Ada layar dengan resolusi lebih tinggi, tapi unit 1.040.000-titik cukup standar pada tingkat ini.

Tidak ada jendela bidik bawaan, tapi M6 II kompatibel dengan Canon EVF-DFC2. Jendela bidik elektronik opsional yang dapat dilepas ini memberikan sudut pandang lebih intim yang membuat Anda merasa lebih terhubung dengan objek foto. Resolusi jendela bidik elektronik HF-DC2 opsional memiliki 2.360.000 titik dan cakupan 100 persen.

Tombol Canon EOS M6 Mark II

Tata letak kontrol sangat mirip dengan EOS M6, tapi EOS M6 II membuat beberapa perubahan. Yang paling jelas adalah penghapusan dial kompensasi eksposur, yang pada M6 sangat berguna untuk melakukan penyesuaian cepat. Namun, seperti EOS M5, M6 Mark II memiliki set kontrol dengan tombol fungsi di pelat atas bagian tengah.

Tombol ini memberikan Anda cara cepat untuk menyesuaikan beberapa pengaturan utama, termasuk kompensasi pencahayaan. Sementara dial khusus mendatangkan manfaat untuk dapat melihat nilai kompensasi eksposur tanpa menyalakan kamera. Ada juga tombol di sekitar rilis rana, yang ditempatkan secara ideal untuk membuat penyesuaian pengaturan.

Seperti M6, M6 Mark II memiliki tombol mode yang memungkinkan Anda mengatur mode pemotretan dengan cepat. Tombol ini memiliki opsi otomatis yang cocok untuk pemula dan mode eksposur semi-otomatis + manual untuk profesional.

Sayangnya, Canon belum memasang joystick di bagian belakang M6 II. Namun, mode Touch & Drag AF memungkinkan Anda untuk menggeser titik menggunakan ibu jari atau jari lain langsung di layar saat proses pengambilan gambar.

Kualitas Gambar dan Video

Canon EOS M6 Mark II dirancang dengan sensor CMOS 32.5Mp APS-C (22,3 x 14,9 mm) dan prosesor Digic 8, dengan rentang sensitivitas ISO 100 hingga 25600, yang memungkinkannya menangkap tingkat detail yang baik pada pengaturan sensitivitas yang lebih rendah, menangkap detail terkecil, dan memberi Anda fleksibilitas untuk memotong gambar tanpa kehilangan banyak kualitas.

Kamera ini memberikan foto dengan warna yang akurat dan warna kulit seperti aslinya saat memotret JPEG. Sensor yang sama digunakan pada EOS 90D DSLR yang diluncurkan bersamaan dengan M6 II. Namun sensor tidak stabil di kedua bodi, jadi untuk menghilangkan goyangan, Anda masih membutuhkan lensa dengan stabilisasi optik seperti zoom kit 15-45mm.

Namun kamera ini dapat menyimpan file dalam format RAW, sehingga Anda juga dapat meningkatkan gambar dalam pasca produksi. Dengan kecepatan pemotretan burst 14 fps (pemotretan burst RAW 30fps) dengan pelacakan AF dan AE dan kecepatan rana teratas 1/16000 detik, kamera ini melakukan pekerjaan yang hebat dalam memotret target yang bergerak.

EOS M6 Mark II menggunakan sistem fokus otomatis deteksi fase dengan 143 titik AF, dan memiliki Dual Pixel AF dengan Eye AF Servo. Secara keseluruhan, Canon M6 II hadir dengan banyak perbaikan dibandingkan pendahulunya. Termasuk dalam hal resolusi yang lebih besar (33MP vs 24MP), lebih banyak titik fokus otomatis (143 vs 49), dan pemotretan burst yang lebih cepat (14 fps vs 9 fps).

Sedangkan untuk video, Canon EOS M6 Mark II bisa merekam video 4K pada 30 fps dan Full HD pada 120 fps, yang merupakan peningkatan substansial dibandingkan pendahulunya yang hanya dapat merekam video Full HD pada 60p. Video 4K sangat tajam, dengan resolusi video 3840 x 2160 dan 1920 x 1080, serta tidak memiliki faktor uncropped.

Ada juga beberapa peningkatan dalam daya tahan baterai, tapi perbedaannya tidak besar. Seperti halnya Canon M6 asli, Anda dapat mengambil sekitar 300 bidikan sebelum Anda perlu mengisi ulang kamera. Paling tidak, sekarang ada opsi untuk mengisi daya kamera melalui USB Type-C. Hal baik lainnya adalah Anda dapat memasang mikrofon eksternal. Namun, tidak ada jack untuk headphone.

Fitur Lainnya

Sebagai anggota dari jajaran kamera mirrorless EOS M, EOS M6 Mark II kompatibel tidak hanya dengan lensa EF-M tapi juga dengan lensa EF dan EF-S saat menggunakan adaptor EF-EOS M.

Dalam hal konektivitas, teknologi Bluetooth dan Wi-Fi tersedia untuk membantu Anda berbagi file data antar perangkat. Sedangkan Aplikasi Canon Camera Connect memungkinkan Anda untuk langsung berbagi gambar dan video dengan teman atau ke media sosial.

Anda juga dapat menggunakan smartphone (melalui aplikasi Camera Connect) atau PC / Mac (melalui EOS Utility) untuk mengontrol EOS M6 Mark II Anda dari jarak jauh. Kontrol jauh ini termasuk untuk melihat apa yang terekam di kamera pada layar gadget Anda, menyesuaikan pengaturan kamera, dan memotret jauh hingga 10 meter.

Modul GPS juga sudah dimasukkan dalam M6 Mark II, sehingga Anda bisa memberi geotag pada gambar Anda. Secara keseluruhan, Canon telah membuat kamera mungil M6 Mark II meningkatkan secara kegunaan, dan banyak dari kontrolnya dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan Anda dengan cara terbaik.

Di Indonesia, Canon EOS M6 Mark II dilepas dengan harga Rp 13.750.000 untuk versi body only. Rp 20.275.000 untuk kit dengan lensa 18-150mm, dan Rp 15.350.000 untuk kit dengan lensa 15-45mm. Jika harga ini tidak sesuai dengan anggaran Anda, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli pendahulunya.

Canon EOS M6 Mark II: Kamera Mungil Berkualitas Tinggi | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply