Satu Lagi Kamera Mirrorless Terbaru di 2019, Nikon Z50 Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Satu Lagi Kamera Mirrorless Terbaru di 2019, Nikon Z50

Tuesday, October 15th, 2019 | Kamera digital, Mirrorless, Nikon

KameraDigital.Co.Id, Satu Lagi Kamera Mirrorless Terbaru di 2019, Nikon Z50 – Secara resmi Nikon meluncurkan seri terbaru dengan kamera mirrorless full frame dan menggunakan sensor yang unik yaitu APS-C dengan Z Mount. Keunggulan yang ditawarkan oleh kamera Z50 yakni kehadirannya dengan sensor APS-C BSI CMOS dengan resolusi sebesar 21 MP. Dapat dikatakan bahwa Z50 dapat menjadi kamera yang mirrorless full frame pertama  milik Nikon dengan sensor APS-C pada seri lensa Z-Mount.

Kamera Nikon Z50 diluncurkan dengan body yang ringkas dan lebih ringan. Didesain dengan body yang tahan terhadap cuaca, akan tetapi tidak seperti Nikon Z7 dan Z6 yang belum memiliki fitur penstabil body. Bodi yang dimiliki Z50 ini memiliki beban yang jauh lebih ringan daripada Z6 dan juga Z7.

Nikon Z50

Nikon Z50 Kamera Mirrorless Terbaru di 2019

Sensor APS-C dan juga minus pada fasilitas stabilisasi pada bagian bodi, Z50 ini menjadi salah satu alternatif yang lebih terjangkau daripada membeli  Nikon seri Z7 ataupun Z6. Selain itu, lebih cocok bagi Anda yang suka travelling, karena bodi yang ringkas dan ukuran yang pas dan tidak merepotkan jika dibawa.

Spesifikasi Nikon Z50

Menggunakan sensor DX BSI CMOS atau juga disebut APS-C, kamera ini  dipersenjatai dengan sensor yang sangat besar dan mounting Z yang terbaru. Hal ini berarti Anda akan dapat menggunakan Nikon Z6 dan Z7 pada seri Nikon terbaru ini. Meskipun memiliki bentuk bodi yang sangat ramping dan kecil, Z50 ini memiliki rangka yang terbuat dari magnesium alloy dan grip yang mudah untuk dipegang.

Perihal performa dalam pengambilan video, Nikon Z50 memiliki kemampuan yang telah didesain untuk melakukan perekaman video yang berkualitas 4K di 30 fps dan juga Anda dapat melakukan peningkatan menjadi 120 fps apabila Anda menurunkan kualitas menjadi 1080p atau full HD.

Kamera Z50 ini memiliki prosesor Xpeed 6 dan menggunakan sensor 20 MP yang sama dengan yang digunakan oleh kamera DLSR D500. Disamping itu, terdapat 209 titik yang digunakan sebagai pendeteksi fasa auto focus yang cepat dan juga dapat digunakan untuk mendeteksi mata.

Nikon dengan seri terbaru ini juga dapat melakukan jepretan yang berkelanjutan hingga mencapai 11 fps, dan juga melakukan perekaman video 4K serta sudah dilengkapi oleh port USB, HDMI dan port mi, akan tetapi tidak disediakan port untuk menggunakan headphone.

Lensa

Nikon Z50 yang merupakan luncuran terbaru dari Nikon disediakan dengan dua pilihan lensa, yang pertama adalah Nikkor Z DX 16-50mm F3.5 – 6.3 VR dan yang kedua yaitu Nikkor Z DX 50-250mm F4.5-6.3 VR. Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan kamera untuk fotografi, tentunya masih dapat menggunakan lensa mount tipe Z, yang biasa Anda gunakan pada Nikon seri Z6 dan Z7.

Disamping itu, yang harus Anda ketahui adalah lensa Nikkor sudah memiliki kode VR. Hal ini berarti bahwa lensa yang dimiliki kamera tersebut sudah menggunakan teknologi Vibration Reduction, yang memiliki fungsi sama persis dengan image stabilization.

Fitur-fitur yang diandalkan

Kamera terbaru Nikon Z50, diketahui memiliki senjata berupa viewfinder OLED 2,3 juta dot dengan kemampuan yang sangat detail serta memiliki plus flash hot shoe dan juga masih terdapat built in flash.  Selain itu, terdapat dua roda yang digunakan untuk melakukan setting serta eksposur dan juga dua tombol Fn yang terletak di bagian depan sehingga Anda dapat mengatur konfigurasi berdasarkan kebutuhan Anda.

Apabila Anda ingin memindahkan mode yang sedang Anda gunakan, dari foto ke video, yang Anda lakukan cukup menggeser tuas yang terletak di dekat bagian mode dial. Hal ini adalah salah satu solusi paling efektif yang dapat Anda lakukan daripada harus terlebih dahulu masuk ke dalam mode video di mode dial.

Nikon Z50

Nikon Z50 Kaya Fitur Andalan

Kamera Nikon Z50 ini telah menyediakan sebuah tambahan berupa slot SD card yang sudah mendukung penggunaan teknologi UHS II yang begitu cepat. Salah satu hal yang sangat penting yaitu berbeda dengan pendahulunya Z6 dan Z7, kamera Z50 ini tidak memiliki bodi stabilizer. Akan tetapi, kamera tersebut telah dilengkapi teknologi lainnya, yaitu vibration reduction pada lensanya.

Spesifikasi lain yang dimiliki oleh kamera Z50  perihal auto fokus, kamera ini telah memiliki 209 titik auto fokus yang dilengkapi dengan phase detection dan juga dilengkapi dengan eye detection auto fokus Nikon. Disamping itu, menjadi sangat menarik kamera ini memiliki fitur slow motion 120fps yang digunakan untuk merekam video secara dramatis dan Anda juga dapat mengatur untuk membuat video dengan adegan yang di dramatisir.

Sebagai jaminan dengan kualitas hasil rekaman yang bagus, kamera Nikon Z50 ini terdapat jack yang digunakan sebagai mikrofon eksternal. Selain itu, kamera luncuran terbaru dari Nikon ini dapat merekam video timelapse yang secara langsung dapat diproses di dalam kamera. Hal ini merupakan suatu keuntungan agar video yang Anda buat dapat lebih banyak dan juga variatif.

Bagi Anda para pengguna instagram, Z50 ini merupakan kamera yang dilengkapi dengan berbagai fitur agar para penggunanya dapat membuat sebuah konten dengan mudah.

Layar

Kamera Z50 telah dibekali dengan layar LCD touchscreen yang berukuran 3,2 inci. Selain itu, kelebihan dari layar kamera tersebut dapat dilipat ke arah atas atau low angle, namun juga dapat digunakan untuk foto selfie dengan melipat ke arah bawah. Hal ini menjadikan Anda mendapatkan framing yang sesuai dengan komposisi tepat ketika melakukan rekaman video sendirian.

Nikon Z50 hadir dengan dua pilihan lensa

Nikon Z50 hadir dengan dua pilihan lensa

Salah satu bagian unik yakni pada kanan layar dari kamera tersebut yang memiliki tulisan DISP plus dan minus, yakni memiliki fungsi sebagai tombol yang dapat disentuh oleh jari. Tombol tersebut menjadi pengganti untuk tombol fisik yang sebelumnya memang tidak disediakan karena tidak tersedianya ruang.

Disisi lain, Nikon berencana mengeluarkan sebuah tripod seperti gorilla pod yang didesain tidak akan menutupi layar LCD. Bagi Anda yang ingin memotret, dapat menggunakan viewfinder OLED yang memiliki resolusi 2,36 juta.

Harga Nikon Z50

Diketahui rilis pada bulan November 2019, kamera Nikon Z50 ini dapat Anda peroleh dengan kisaran harga yang berbeda-beda. Untuk bagian bodi, dihargai kisaran Rp 12,1 juta. Untuk versi kit yang dilengkapi dengan lensa 16-50mm seharga Rp 14,1 juta, sedangkan versi kit yang dilengkapi dengan lensa 16-50mm dan 50-250mm dihargai kisaran Rp 19 juta.

Anda juga dapat membeli kedua lensa tersebut secara terpisah. Lensa 16-50mm dapat dibanderol dengan harga Rp 4,2 juta dan lensa 50-250mm dikisaran harga Rp 4,9 juta.

Itulah beberapa hal diatas yang menjadi spesifikasi dan harga dari kamera yang Nikon dengan seri terbaru yang diluncurkan pada November 2019. Beberapa spesifikasi tersebut dapat Anda jadikan referensi untuk ketika ingin membeli sebuah kamera untuk menunjang kegiatan pemotretan yang Anda lakukan.

Satu Lagi Kamera Mirrorless Terbaru di 2019, Nikon Z50 | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply