Olympus E-M5 Mark III, Kamera Mirrorless Semi Pro, Lebih Kecil namun Super Cepat dan Tangguh Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Olympus E-M5 Mark III, Kamera Mirrorless Semi Pro, Lebih Kecil namun Super Cepat dan Tangguh

Monday, October 21st, 2019 | Mirrorless, Olympus

KameraDigital.Co.IdOlympus E-M5 Mark III, Kamera Mirrorless Semi Pro, Lebih Kecil namun Super Cepat dan Tangguh – Olympus E-M5 Mark III adalah generasi penerus Olympus E-M1 mark II. Kalau Kamu ingat Olympus E-M5 Mark II tinggal dibayangkan gimana kalau kamera Olympus E-M5 Mark II tersebut nongol lagi dengan ukuran yang lebih kecil dan dengan harga jauh lebih murah, ditambah fitur dan desain bodi yang sama juaranya.

Kayak Olympus E-M5 Mark II versi mini, nah itulah gambaran Olympus E-M5 Mark III. Kamera Olympus E-M5 Mark III memang dibuat untuk menggantikan E-M5 Mark II, kamera kamera mirroless anyar dari Olympus ini adalah generasi penerus E-M5 Mark II (2015), cukup lama juga ya, 4 tahun lebih. Selisih umur empat tahun dari E-M5 Mark II dipakai Olympus untuk melakukan riset lebih dalam untuk memunculkan penerus Mark II yang jauh lebih ringkas dan mudah dipakai kalangan Milenial.

Desain Kamera Olympus E-M5 Mark III

Kamera Olympus E-M5 Mark III dirilis dengan bodi polycarbonat yang sudah lulus sertifikasi weather sealed IPX1, sehingga kamera baru ini sudah teruji tahan beku, tahan hujan dan tahan debu. Jika Kamu beli sekarang maka akan ada tambahan bonus eksternal flash mini di paket pembeliannya.

Olympus E-M5 Mark III masih memakai konsep bodi retro dan sangat mirip dengan Olympus E-M5 Mark II. Apa perbedaannya? Olympus E-M5 Mark II tampil dengan dimensi bodi yang jauh lebih kecil dibanding Mark II. Dengan bodi yang lebih kecil, sangat beralasan bahwa Kamera Olympus E-M5 Mark III ini menciutkan beberapa komponen barunya.

Olympus E-M5 Mark III

Desain Kamera Olympus E-M5 Mark III dengan bodi lebih kecil namun kaya fitur dan tangguh

Komponen Kamera Olympus E-M5 Mark III yang diciutkan ukurannya adalah image stabilizer 5-axis yang ditanam langsung di bodi kamera. Walaupun lebih kecil dari Mark II, namun performanya justru lebih baik, image stabilizer Olympus E-M5 Mark III ini mampu mengompensasi goyangan sampai 5,5 stop exposure, atau sampai 6,5 stop jika mekakai lensa yang kompatibel.

Begitu juga dengan Baterainya, juga diperkecil ukurannya. Namun Olympus mengklaim daya tahan Baterai E-M5 Mark III ini sama persis dengan pendahulunya, yakni tahan sampai 310 kali jepret. Aspek weather-sealing-nya pun sudah dinaikkan performanya sehingga E-M5 Mark III layak memperoleh sertifikasi IPX-1.

Viewfinder elektronik (EVF) tentu saja juga secara otomatis memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding Mark II. Viewfinder Electronic di Olympus E-M5 Mark III memiliki tingkat perbesaran 0,68x, lebih kecil dibanding zoom Mark II 0,74x. Namun demikian kualitas jauh lebih baik dengan adanya pemakaian panel OLED beresolusi 2,36 juta dot ketimbang LCD.

Spesifikasi Kamera Olympus E-M5 Mark III

Kamera Olympus E-M5 Mark III dengan mount Micro 4/3 dapat Kamu pakai dengan lensa Olympus atau Panasonic, dengan crop factor 2x. Kamera Olympus E-M5 Mark III dibekali dengan Sensor 20MP Micro Four Thirds.

Kamera Olympus E-M5 Mark III ini mengandalkan sensor 4/3 yang resolusinya 20 megapixel dan sudah didukung sistem autofocus Contrast detect AF dengan 121 titik seperti yang dijelaskan diatas. Dengan spesifikasi sensor itu Olympus E-M5 Mark III dapat melakukan pemotretan tanpa henti sampai dengan 30 fps (10 fps dengan continuos AF), dilengkapi mode anti-flicer, tersedia mode High-res shoot 50MP dan mendukung perekaman video hingga resolusi 4K.

Olympus juga memperkuat dengan fasilitas hybrid auto fokus dengan 121 titik PDAF agar auto fokus diperoleh dengan cepat, sebagai catatan di E-M5 Mark II tidak dilengkapi fasilitas ini. Kemampuan auto fokus ini juga bermanfaat untuk mesupport fitur Pro Capture, yang dapat memaksimalkan kecepatan memotret Kamu menjadi 30 fps (kalau di AF-c hanya 10 fps), shutternya juga mampu mencapai kecepatan 1/8000 detik.

Sensor yang sudah support 5 axis stabilizer ini cara kerjanya menstabilkan getaran hingga 5,5 stop bahkan dapat mencapai 6,5 stop jika dikombinasikan dengan lensa M. Zuiko tertentu. Sensor shift ini juga dapat berfungsi untuk membangun foto resolusi tinggi 50 MP jika memakai tripod, sangat bermafaat buat Kamu yang memotret produk alias review produk atau untuk pekerjaan memotret interior.

Fitur Menarik Olympus E-M5 Mark III

Fitur keren lainnya adalah mode High Res Shot 50 megapixel, yang dapat melakukan penggabungan delapan foto menjadi satu foto dengan detail luar biasa. Untuk video, E-M5 Mark III mampu melakukan rekaman dengan resolusi paling tinggi 4K 30 fps. Dalam mode rekam akan ada fungsi image stabilization-nya dibantu oleh electronic stabilization.

Olympus E-M5 Mark III

Fitur keren lainnya adalah mode High Res Shot 50 megapixel, yang dapat melakukan penggabungan delapan foto menjadi satu foto dengan detail luar biasa

Sebagai kamera modern dan kekinian tentu saja E-M5 Mark III dilengkapi fitur kekinian seperti UHD/DCI 4K, WIFi, Bluetooth dan USB charging. Olympus E-M5 Mark III ini memakai satu slot kartu memori saja, namun slot memorinya sudah mendukung SD card dengan kecepatan UHS-II.

Kontrol yang lebih mudah

Di Olympus E-M5 Mark III ini desain roda mode dial dikembalikan ke bagian kanan, berbeda dengan Mark II yang berada disebelah kiri. Desain khas kamera Olympus dengan banyak tombol yang dapat dikustom. Ada mode Bulb di pilihan mode kamera yang berfungsi untuk mengakses fitur andalan Olympus yaitu Live Bulb dan Live Composite. Viewfinder OLED 2,36 juta dot hadir melengkapi layar LCD 3 inci 1 juta dot yang dapat dilipat dan diputar serta sudah support touchscreen. Di E-M5 Mark III desain layar LCD sama seperti Mark II.

Harga Olympus E-M5 Mark III

Kamera Olympus E-M5 Mark III ini rencana akan dilepas dengan harga sekitar $1200 bodi only, harga ini sama atau setara dengan harga Panasonic Lumix G95 sudah dilengkapi lensa kit dan setara dengan kamera mirrorless lain di segmen APS-C. Walaupun harganya terbilang lumayan Wow namun harga tersebut sepadan dengan fitur dan ketangguhan bodi E-M5 Mark III, so harga kamera anyar dari Olympus ini dengan segala fitur dan ketangguhannya wajarlah. Olympus E-M5 Mark III direncanakan mulai dirilis akhir bulan November 2019 dengan pilihan warna bodi hitam dan silver. Gimana, tertarik memilikinya? Siapakan dan Kamu mulai sekarang.


Olympus E-M5 Mark III, Kamera Mirrorless Semi Pro, Lebih Kecil namun Super Cepat dan Tangguh | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply