Spesifikasi dan Harga Sony Alpha 6100, Kamera Terbaru yang Pas Bagi Pemula Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Spesifikasi dan Harga Sony Alpha 6100, Kamera Terbaru yang Pas Bagi Pemula

Sunday, September 22nd, 2019 | Mirrorless, Sony

KameraDigital.Co.Id, Spesifikasi dan Harga Sony Alpha 6100, Kamera Terbaru yang Pas Bagi PemulaBerbicara tentang perkembangan teknologi kamera memang tak akan pernah ada habisnya. Salah satu yang menjadi pembicaraan hangat saat in adalah Sony Alpha 6100. Kamera ini merupakan kamera terbaru besutan Sony yang merupakan penerus dari seri Alpha 6000.

Sebagai perusahaan elektronik terbesar di Jepang sekaligus di dunia, Sony seakan tak pernah berhenti meluncurkan produk-produk terbarunya, tak terkecuali di segmen kamera. Tak puas dengan kesuksesan Alpha 6400 yang diluncurkan di awal tahun 2019 silam, Sony kembali menghadirkan dua tipe kamera baru, yakni Alpha 6100 dan Alpha 6600.

Diluncurkan dalam waktu yang hampir bersamaan, tentunya a6600 dan a6100 memiliki spesifikasi dan target pasar yang berbeda pula. Lantas, apa perbedaan keduanya, dan mana yang paling direkomendasikan? Simak penjelasan Spesifikasi dan Harga Sony Alpha 6100 berikut ini!

Perbedaan Sony Alpha 6100 dan Alpha 6600

Tidak akan mungkin sebuah perusahaan meluncurkan produk hampir mirip dalam waktu hampir bersamaan, bukan? Meluncurkan produk hampir serupa dalam waktu bersamaan sama saja dengan memunculkan kompetitor untuk produknya sendiri. Apalagi, jika salah satu produk dibanderol lebih mudah dibanding produk lainnya.

Sony menjadi salah satu perusahaan yang memilih meluncurkan dua produk dalam waktu hampir bersamaan, yakni a6600 dan a6100. Dua produk ini rupanya menyasar segmen pasar berbeda.a6100 lebih ditujukan untuk pemula di bidang fotografi. Sedangkan a6600 diarahkan pada pengguna kamera semi profesional. Tak heran jika fitur a6100 tak sebanyak fitur kamera Sony seri a6xxx lainnya.

Alpha 6100 tidak memiliki picture profiles untuk video, seperti S-Log, Cine, dan sebagainya. Selain itu, viewfinder yang dilekatkan pada a6100 lebih kecil dibandingkan para pendahulunya, yakni hanya berukuran 1,4 MP. Namun, untuk urusan EVF, baik a6100 maupun a6600 memiliki kemampuan yang sama, yakni tingkat magnetik 0,70x.

Fitur yang Menjadi Unggulan Sony Alpha 6100

Setiap gadget pasti punya fitur yang menjadi keunggulannya, tak terkecuali alpha 6100. Kamera seri Alpha terbaru ini dilengkapi dengan berbagai kelebihan seperti mirrorless, auto fokus yang cepat, dan masih banyak lagi. Ingin tahu lebih banyak kelebihan kamera yang satu ini? Ketahui penjelasan tentang Spesifikasi dan Harga Sony Alpha 6100 lengkapnya berikut ini!

Mirrorless

Saat ini, kamera mirrorless menjadi incaran banyak fotografer karena dinilai lebih mudah digunakan. Padahal, sebenarnya kamera DSLR juga bisa dijadikan mirrorless dengan cara menerapkan mode live view. Selain dinilai lebih mudah digunakan, mirrorless juga banyak diminati karena bobotnya yang ringan dan desain lebih ramping.

Anda termasuk salah satu pengincar kamera mirrorless? A6100 menjadi salah satu kamera tanpa cermin atau mirrorless yang patut Anda andalkan. Pasalnya, kamera ini memiliki keunggulan yang tak dimiliki kamera mirrorless lainnya, yakni kemampuan fokus yang lebih cepat.

Desain Elegan

Kebanyakan kamera memang didesain dengan warna hitam yang elegan. Pun demikian dengan a6100 yang nampak berkelas dengan warna hitam doff. Namun sayangnya, warna ini merupakan warna tunggal di a6100. Jadi, jangan berharap warna lain, ya!

Anda yang menyukai kamera berbodi ramping dan ringan juga wajib melirik Sony a6100. Memang, bukan rahasia lagi jika kamera jenis mirrorless memiliki bentuk lebih tipis dan bobot lebih ringan dibandingkan jenis kamera lain. Namun, jika dibandingkan pendahulunya seperti a6000, a6100 jauh lebih ramping serta ringan.

Auto Fokus yang Cepat

Seperti dibahas sebelumnya, meski digolongkan dalam kamera mirrorless, a6100 tergolong memiliki kemampuan auto-fokus mumpuni. Kamera terbaru Sony ini menggunakan teknologi real-time eye AF, yakni teknologi auto-fokus yang menggunakan sensor pada mata. Bekerja berdasarkan 452 titik, teknologi ini diklaim mampu menemukan fokus hanya dalam waktu 0,02 detik.

Teknologi auto fokus dengan sensor mata ini sebenarnya sudah dikenalkan sejak seri a6400. Dengan teknologi ini, tidak ada lagi foto yang diambil saat mata dalam kondisi berkedip (mengedipkan mata, bukan pose dengan mata terpejam). Selain itu, auto fokus yang mampu bekerja cepat juga membuat foto yang dihasilkan anti blur.

Layar Sentuh 3 Inchi

Sebagai pelengkap viewfinder, a6100 juga disertai dengan layar sentuh berukuran 3 inchi. Layar ini sangat membantu untuk melihat hasil gambar dengan jelas. Bukan hanya itu, layar ini juga bisa diputar hingga 180 derajat, sehingga mempermudah Anda yang ingin selfie atau melakukan aktivitas vlogging. Keunggulan yang satu inilah yang menjadi alasan mengapa Alpha 6100 pantas menjadi buruan kaum milenial.

Dapur Pacu Mumpuni

Saat membeli barang elektronik, salah satu yang menjadi bahan pertimbangannya adalah processor atau yang biasa diistilahkan dengan dapur pacu. Untuk urusan processor, alpha 6100 rupanya sudah punya kemampuan lebih dari cukup. Kamera ini dilengkapi dengan processor BIONZ X yang terbukti bisa bekerja lebih cepat. Processor ini sama dengan yang ada pada Alpha 6600 yang setingkat lebih canggih di atas Alpha 6100.

Lebih Mudah Digunakan untuk Pemula

Sony a6100 memang dikhususkan untuk kalangan yang baru belajar fotografi. Oleh karena itu, kamera jenis ini hanya memiliki sedikit tombol penting yang harus dikuasai pemula sebagai pengetahuan dasar. Meski demikian, hasil yang dijanjikan a6100 tak kalah dibandingkan kamera kelas profesional.

Harga Sony Alpha 6100

Didesain untuk membidik fotografer pemula, harga Sony a6100 tentu saja tak semahal kamera besutan Sony lainnya. A6100 dihargai 750 USD atau sekitar 10,7 juta Rupiah untuk body only. Sedangkan body plus lensa dihargai dengan 850 USD atau sekitar 12,1 juta Rupiah. Lensa yang disertakan merupakan lensa 16-50 mm f/3.5-5.6 OSS.

Sony akan merilis a6100 secara resmi pada Oktober 2019, satu bulan lebih cepat dibanding peluncuran a6600. Meski demikian, masyarakat Indonesia harus sedikit bersabar. Peluncuran tersebut bukanlah peluncuran produk di tanah air, melainkan di Jepang. Jadi, Anda yang ingin mencoba Sony a6100 harus menunggu sedikit lebih lama.

Kabar baiknya, selain meluncurkan dua kamera handal (a6100 dan a6600), Sony juga meluncurkan dua lensa zoom untuk kamera mirrorless, yakni 16-55 mm f/2.8 dan 70-350 mm f/4.5-5.6.

Lensa yang pertama, 16-55 mm f/2.8 akan dirilis bulan Oktober dengan harga 1400 USD. Sedangkan lensa 70-350 mm f/4 5-5.6 baru akan dilaunching satu bulan setelahnya, yakni pada bulan November 2019 dengan harga 1000 USD.

Bagaimana, semakin tak sabar menunggu kehadiran produk-produk baru Sony? Ingat, jangan kalap dengan teknologi, ya! Mengikuti perkembangan teknologi memang boleh saja, apalagi teknologi terbaru Sony memang selalu berhasil memikat pecandu fotografi. Namun, Anda juga perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Anda yang masih pemula sebaiknya menggunakan a6100 dibandingkan a6600. Memang, secara fitur a6600 memiliki banyak keunggulan, terutama jika dilihat dari video yang dihasilkan. Namun, seperti yang dibahas sebelumnya, a6100 sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pemula karena sudah dilengkapi dengan prosesor mumpuni, layar LCD fleksibel, auto fokus, viewfinder beresolusi cukup, dan yang paling penting mudah dioperasikan.

Sudah mengetahui spesifikasi a6100 dan perbedaannya dengan a6600? Jadi, jangan sampai salah pilih, ya!

Spesifikasi dan Harga Sony Alpha 6100, Kamera Terbaru yang Pas Bagi Pemula | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply