Spesifikasi Lengkap Canon EOS 90D Kamera DSLR yang Mampu Menghasilkan Video Berkualitas 4K Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Spesifikasi Lengkap Canon EOS 90D Kamera DSLR yang Mampu Menghasilkan Video Berkualitas 4K

Monday, September 2nd, 2019 | Canon, Kamera DSLR

KameraDigital.Co.IdSpesifikasi Lengkap Canon EOS 90D Kamera DSLR yang Mampu Menghasilkan Video Berkualitas 4K – Bersamaan dengan kamera mirrorless Canon EOS M6 Mark II, beberapa waktu lalu Canon juga merilis kamera DSLR terbarunya, yaitu Canon EOS 90D. Sesuai namanya, tentu sudah bisa ditebak bahwa kamera ini merupakan generasi penerus dari kamera DSLR Canon EOS 80D yang dirilis pada Februari 2016 lalu. Lalu, apa saja peningkatan Canon EOS 90D ini? Berikut Spesifikasi Lengkap Canon EOS 90D.

Spesifikasi Lengkap Canon EOS 90D

Desain dan Layar Canon EOS 90D

Jika Anda pernah menggunakan kamera jenis DSLR besutan Canon sebelumnya, entah itu DSLR seri 80D, 7D Mark II atau mungkin bahkan DSLR seri EOS 6D Mark II. Maka, jika saat ini Anda tertarik untuk membeli Canon EOS 90D, kamera DSLR terbaru produksi Canon ini, Anda akan merasa lebih nyaman jika menggunakan kamera DSLR Canon model terbaru ini.

Secara desain, Canon EOS 90D memang terbilang sangat mirip dengan produk kamera DSLR Canon sebelumnya, namun pada kamera model terbaru ini, Canon telah melengkapinya dengan pegangan baru yang akan membuat tangan penggunanya merasa lebih nyaman, ketika mereka menggunakan kamera untuk membidik sebuah objek.

Spesifikasi Lengkap Canon EOS 90D

Canon sudah melengkapi dengan pegangan baru yang membuat kamera ini lebih nyaman dipegang

Selain itu, Canon juga menyematkan joystick yang sebelumnya bisa Anda temukan pada produk kamera DSLR seri 7D Mark II. Joystick yang disematkan Canon itu tentunya akan membuat pengguna kamera ini menjadi lebih mudah pada saat memilih titik AF ataupun pada saat melakukan sejumlah pengaturan lainnya. Tombol Q pada Canon EOS 90D sebenarnya juga masih ada, hanya saja letaknya dipindah ke tempat tombol playback atau tepat berada di  atas tombol kontrol.

Meskipun ada beberapa tombol yang mengalami perpindahan posisi, namun penggunaan Canon EOS 90D ini masih termasuk mudah untuk dioperasikan, apalagi jika Anda juga sudah cukup sering menggunakan kamera DSLR produksi Canon lainnya.

Sedangkan pada sektor layarnya, Canon masih mempertahankan LCD berukuran 3-inci, yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil gambar dari hampir semua sudut. Sementara itu, bagian viewfinder optiknya diketahui mengantongi cakupan besar bahkan mencapai 100 persen. Tidak ketinggalan pula terdapat engsel fleksibel yang memungkinkan Anda dapat membidik objek pada sudut yang sulit sekalipun.

Terlepas dari kesamaan fisik dengan beberapa produk kamera DLSR Canon EOS sebelumnya, namun jika dilihat dari bobotnya, Canon EOS 90D ini sedikit lebih ringan dari pendahulunya, meskipun kemungkinan Anda tidak akan benar-benar merasakan perbedaannya. Selain itu, kamera ini termasuk kokoh dan memang tahan debu dan air, sehingga cocok jika dipakai untuk mengabadikan beragam moment di alam bebas.

Sensor dan ISO

Sementara itu, untuk sektor sensor dan ISO dari Canon EOS 90D ini, salah satu produsen kamera ternama asal Jepang itu membekalinya dengan sensor APS-C yang resolusinya terbilang cukup besar yaitu 32, 5 megapiksel. Sedangkan untuk sektor prosesornya, kamera ini dipersenjatai dengan prosesor gambar DIGIC 8 eksklusif produksi Canon.

Lalu, untuk rentang ISO dari Canon EOS D90 ini adalah 100-25600. Rentang ISO tersebut juga masih bisa ditingkatkan berkat adanya fitur khusus yang disematkan Canon ke dalam kamera tersebut. Jika fitur tersebut diaktifkan, maka ISO yang dimiliki oleh kamera DSLR ini dapat ditingkatkan hingga 51200 lengkap dengan kecepatan shutter elektroniknya mencapai 1/16000 per detik.

Spesifikasi Lengkap Canon EOS 90D

Canon EOS 90D dibekali sensor APS-C dengan resolusi 32,5MP

Jadi, bisa disimpulkan bahwa kamera  Canon EOS 90D bisa menghasilkan foto yang terlihat terang walau kondisi cahaya di sekitar objek yang dibidik tersebut dalam kondisi remang-remang. Keunggulan kamera DSLR model terbaru dari Canon ini tidak berhenti sampai disitu.

Hal tersebut disebabkan karena Canon juga membekali Canon EOS D90 ini dengan sebuah sistem bernama sistem Dual Pixel CMOS AF yang menggunakan 45 titik autofocus cross type serta mampu mencakup 100 persen vertikal dan 88 persen horizontal. Selain itu, terdapat pula perbedaan komposisi kualitas gambar yang dihasilkan jika objek dibidik dari viewfinder dan layar LCD.

Pada saat melakukan komposisi melalui viewfinder, pengguna kamera ini akan dibantu dengan tersedianya sensor pendukung RGB+IR 220.000 piksel yang mana sensor tersebut akan mampu melakukan pengukuran hingga 216 zona. Sementara itu jika menggunakan membidik objek dengan layar LCD dalam mode live view kamera ini  mampu melakukan 384 zona pengukuran.

Hampir sama dengan kamera mirrorless terbarunya, pada kamera DSLR besutan Canon ini juga mampu menangkap gambar pada 14 fps dengan penguncian fokus pada AF dan AE. Hanya saja, jika digunakan pada mode RAW Burst penangkapan gambar yang dapat dilakukan oleh kamera Canon EOS 90D ini lebih rendah yaitu hanya sebesar 10 fps.

Selain itu, tentunya sebagai sebuah kamera modern berteknologi canggih, tentunya Canon EOS 90D ini juga dilengkapi dengan kemampuan merekam konten. Pada kamera DSLR ini, Anda dapat melakukan perekaman konten dengan kualitas 4K 30p dan Full HD 120p tanpa pangkas (tanpa crop).

Fitur Lengkap

Sebagai sebuah produk kamera DSLR besutan produsen kamera terkenal dan dibanderol dengan harga cukup mahal sudah seharusnya memang jika Canon EOS 90D ini dilengkapi dengan beragam fitur terbaik. Diantara sekian banyak fitur yang disematkan Canon pada kamera DSLR ini, ada 2 fitur yang cukup mencuri perhatian yaitu fitur face detection AF dan fitur eye detection AF.

Selain 2 fitur tersebut masih tersedia pula beberapa fitur menarik lainnya dan pada kamera Canon EOS 90D ini juga dilengkapi dengan joystick yang berfungsi untuk menggerakkan titik fokus. Berbeda dengan kamera mirrorless terbaru Canon, pada kamera DSLR ini juga disediakan headphone jack, hanya saja untuk sektor konektivitasnya, kamera ini masih menggunakan konektor microUSB saja.

Fitur Lengkap Canon EOS 90D

Canon EOS 90D punya fitur baru yaitu fitur face detection AF dan fitur eye detection AF

Jadi, jika dilihat dari desain, layar, sensor hingga fitur-fiturnya, maka dapat disimpulkan bahwa Canon EOS 90D ini tampaknya memang sengaja dihadirkan. Canon sebagai produk yang mengawinkan dua segmen kamera DSLR. Dua segmen yang dimaksud itu adalah segmen semi-pro 80D yang memang terkenal mampu menghasilkan foto dan video berkualitas dengan segmen pro 7D yang memang dikenal sebagai kamera berbodi tangguh dengan kecepatan penangkapan gambar.

Maka dari itu, Canon EOS 90D ini terbilang tepat digunakan oleh jurnalis apalagi jurnalis sport yang memang perlu mengabadikan banyak momen bergerak dalam sebuah pertandingan olahraga yang membutuhkan kecepatan penangkapan gambar.

Harga Canon EOS 90D

Sama seperti produk terbaru kamera mirrorless Canon EOS M6 Mark II, kamera DSLR Canon EOS 90D ini juga baru akan dipasarkan pada akhir September 2019. Untuk harganya, kamera ini dibanderol dengan harga sekitar Rp.17.000.000 hanya untuk bodi kameranya saja, sedangkan jika Anda ingin membeli kamera ini lengkap dengan lensa kit, maka Anda perlu menyiapkan dana di kisaran antara Rp 19.000.000 hingga Rp. 22.000.000.

So itu dia Spesifikasi Lengkap Canon EOS 90D, Kamu teratarik memakai kamera terbaru Canon ini? Tentu saja pastinya, semoga bermanfaat buat Kamu sebelum memutuskan membeli kamera ini.

Spesifikasi Lengkap Canon EOS 90D Kamera DSLR yang Mampu Menghasilkan Video Berkualitas 4K | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply