Perkenalkan Sony ZV-1, Kamera Saku Khusus untuk Para Vlogger Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Perkenalkan Sony ZV-1, Kamera Saku Khusus untuk Para Vlogger

Tuesday, August 18th, 2020 | Kamera digital, Sony

KameraDigital.Co.Id, Pekenalkan Sony ZV-1, Kamera Saku Khusus untuk Para Vlogger – Kamera saku atau Pocket Camera cukup populer dikalangan para vlogger. Walaupun jaman sekarang sudah ada smartphone dengan kamera yang cukup bagus, namun kamera saku tetap lebih bagus karena punya sensor yang lebih baik dan mudah dibawa kemana-mana dibandingkan membawa DSLR atau sebuah Mirrorless.

Nah makanya Sony selaku salah satu produsen kamera saku terbaik di dunia menghadirkan dan merilis Sony ZV-1, kamera saku khusus untuk para vlogger.

Sebagai kamera saku, Sony ZV-1 tampil compact dan memang di desain untuk membuat video. Artinya kamera Sony ZV-1 ini memang di desain khusus untuk merekam video yang spontan, yang tidak direncanakan, contohnya merekam kejadian sehari-hari yang seru dan kemudian di sharing ke sosmed.

Sony benar-benar membuat secara spesial ZV-1 ini untuk para vlogger, Sony memberikan fitur-fitur yang sangat memudahkan para vlogger dalam merekam sebuah momen dengan lebih mudah, Sony bahkan menghilangkan beberapa fitur yang tidak dibutuhkan agar harga jualnya lebih murah.

Kamera terbaru Sony ZV-1 ini punya desain inovatif yang dilengkapi dengan teknologi, pengaturan, dan mode terbaru, kamera ini sangat memungkinkan pemula sekalipun merekam video sederhana dengan cara yang tidak dapat mereka lakukan sebelumnya memakai kamera advance. Kamera Sony ZV-1 memang khusus dihadirkan untuk membuat subjek di dalam video dapat stand out di lingkungan apapun. Setiap fiturnya dioptimalkan untuk pengambilan video sederhana dengan cara semudah mungkin.

Spesifikasi Sony ZV-1, Kamera Saku Khusus untuk Para Vlogger

Dari sisi desai bagian luar, terlihat sangat sederhana, hampir mirip dengan seri RX100. Sony masih memakai sensor 20.1MP Exmor RS CMOS berukuran 1 inci di kamera Sony ZV-1. Namun lensanya memakai lensa yang sama dengan kamera Sony seri RX100 generasi ke-3 sampai ke-5, yaitu lensa 24-70mm.

Lensa tersebut mempunyai bukaan atau aperture yang lebih baik di f/1.8-2.8. Kamera Sony ZV-1 ini juga diperkuat dengan ND filter yang berguna untuk memudahkan perekaman video di kondisi cahaya melimpah.

Sony memakai mekanisme layar yang berbeda dibanding layar RX100, layar RX100 hanya dapat diputar ke atas, sedangkan layar Sony ZV-1 jauh lebih fleksibel, Z-V1 ini memakai model articulating screen, artinya layar bisa diputar ke segala arah, tidak hanya atas bawah saja. dimensi layarnya 3 inci dengan 921 ribu warna, yang juga mendukung sistem sentuh untuk fokus. Mekanisme seperti ini sangat mendukung dan berguna sekali karena layar tidak akan mengganggu aksesoris yang biasanya dipasang di bagian atas bodi kamera. Kalau layar dalam kondisi tertutup, dan kamera kita putar, maka kamera akan otomatis menyala tanpa harus menekan tombol ON.

Sony juga menghadirkan fitur baru yaitu mic audio internalnya yang terlihat dominan dibagian atas kamera ini. Kelebihan Mic ini adalah dapat mendeteksi arah suara dan kemudian membuat audio lebih bagus dan nyaman didengar, khususnya saat Kamu mengambil rekaman video di tempat yang agak berisik.

Sony tidak lagi melengkapi kamera ZV-1 dengan pop-up electronic viewfinder, yang sebenarnya sangat umum sebagai fitur fotografer. Namun Sony menggantikannya dengan multi-interface shoe yang dapat dipasangkan dengan mic eksternal atau aksesori lainnya. Sedangkan tiga mikrofon bawaan Sony ZV-1 ini juga ditingkatkan performanya dengan perlindungan suara angin.

Fitur lain yang juga dihilangkan Sony di kamera ini antara lain built-in flash, ring pengatur fokus di sekeliling lensa, dan juga material bodi yang tidak memakai magnesium. Namun Sony ZV-1 masih memakai port micro USB untuk pengecasan.

O Ya kamera Sony ZV-1 ini dibekali juga dengan kemampuan merekam video dengan resolusi 4K 24/30fps, juga dilengkapi dengan perekaman video slow motion hingga 960fps. Bukan itu saja, kamera ini juga menghadirkan opsi interval shooting untuk video time-lapse. Selain itu, Sony ZV-1 dilengkapi dengan stabilisasi digital (EIS) maupun optik (OIS) agar video buatan Kamu lebih stabil.

Mode Khusus Untuk Vlogging

Nah ini dia yang ditunggu-tunggu para vlogger, mode khusus buat vlogging. Sony membekali dua fitur yang akan sangat membuat Kamu semakin mudah merekam video untuk vlog.

Yang pertama adalah sebuah shortcut untuk masuk ke mode Background Defocus, kalau Kamu mengaktifkan fitur ini, maka kamera akan otomatis membuat efek bokeh yang maksimal, kamera akan otomatis mengatur aperture mejadi terbesar dan pengaturan lainnya akan diatur secara otomatis.

Yang ke dua adalah shortcut untuk mode Product Showcase,  yaitu sebuah fitur yang dibekali ke kamera Sony ZV-1 ini untuk teknologi fokus yang sangat cepat alias fast focus, fitur ini akan dengan segera mengunci fokus ke wajah sampai mata objek yang ada di depan lensa. Dengan adanya mode ini, maka kamera akan memprioritaskan fokus ke objek apapun yang memiliki jarak terdekat. Fitur ini sangat berguna sekali saat Kamu membuat vlog tentang model kecantikan ataupun saat Kamu mereview sebuah perangkat baru, samrtphone misalnya.

Harga Sony ZV-1

Sony mematok harga untuk kamera barunya Sony ZV-1 sebesar $799 atau sekitar Rp11,7 jutaan. Sony juga menghadirkan sebuah aksesoris yang memang dibuat khusus untuk Sony ZV-1, yaitu GP-VPT2BT Shooting Grip.

GP-VPT2BT Shooting Grip ini merupakan grip tambahan, tapi tanpa efek stabilisasi lho ya. Grip itu juga sudah dilengkapi dengan remote untuk mengontrol kamera dari jarak jauh. Sony membanderol grip tersebut plus satu paket dengan kartu memori 64GB dengan harga $149 atau sekitar Rp2 jutaan.

So kawan, itulah sedikit review tentang Sony ZV-1, Kamera Saku Khusus untuk Para Vlogger yang sangat mudah digunakan, khususnya buat Kamu para vlogger pemula.


Perkenalkan Sony ZV-1, Kamera Saku Khusus untuk Para Vlogger | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply