Hadir dengan Peredam Goyangan IBIS, Ini Spesifikasi dan Harga Canon EOS R5 dan R6 Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Hadir dengan Peredam Goyangan IBIS, Ini Spesifikasi dan Harga Canon EOS R5 dan R6

Monday, August 17th, 2020 | Canon, Kamera digital, Mirrorless

KameraDigital.Co.Id, Hadir dengan Peredam Goyangan IBIS, Ini Spesifikasi dan Harga Canon EOS R5 dan R6 – Sejak awal tahun 2020, Canon sudah memamerkan spesifikasi Canon EOS R5 yang sangat keren khususnya buat kamu yang videografi, karena Canon R5 ini sudah mampu merekam video 8K. Kehadiran Canon EOS R5 ini juga menandai debut fitur peredam goyangan In-Body Image Stabilizer (IBIS) pertama kali di kamera Canon.

Kamera Canon EOS R5 ini pantas masuk kedalam kamera high-end dan merupakan generasi penerus dari mirroress full-frame pertama produksi Canon, EOS R. Kamera ini dilepas ke pasar untuk menyasar pengguna profesional.

Sedangkan Canon EOS R6 juga menyasar penggemar fotografi dan videografi. Harganya lebih murah dibandingkan R5. Melihat dari spesifikasinya, R6 juga mengandalkan fitur videonya yang mampu merekam 4K 60p 10 bit dan ditunjang dengan in body stabilization dari 6-8 stop tergantung dari lensa yang dipasang dan autofokus dual pixel AF II yang bisa mengenali subjek baik mata manusia maupun hewan.

SPESIFIKASI CANON EOS R5 dan R6

Spesifikasi Canon EOS R5

Hadir dengan harga fantastis, Canon EOS R5 tentu saja menawarkan banyak sekali keunggulan. Resolusinya mencapai 45 megapiksel dan ini menjadikan Canon EOS R5 sebagai kamera beresolusi tertinggi dalam jajaran kamera Canon, selain seri EOS 5DS.

Dengan resolusi tinggi tersebut, tentu saja Canon EOS R5 harus memakai fitur film dengan format RAW, Canon EOS R5 ini diketahui mampu merekam film 8K RAW tanpa crop secara internal sampai 30fps full sensor.

Spesifikasi dan Harga Canon EOS R5 dan R6

Bagian depan Canon EOS R5

Untuk foto biasa, Canon EOS R5 mampu melakukan pememotretan dengan resolusi penuh sampai 20fps memakai shutter elektronik, atau 12fps dengan shutter mekanis, sampai 350 jepretan dalam format JPEG (sebanyak 180 file RAW).

Di sisi penyimpanan, Canon EOS R5 diperkuat dengan 2 slot kartu memori, yaitu CFexpress dan kartu memori SD. CFexpress ini seperti kita ketahui sangat bermanfaat untuk transfer data dengan kecepatan tinggi dan fitur ini sangat mendukung Canon EOS R5 dalam melakukan pemotretan beruntun sampai 20fps.

Sensor Canon EOS R5 punya sensitivitas ISO dari 100-51.200, yang dapat membuat Kamu memperoleh foto berkualitas tinggi walaupun dalam kondisi cahaya yang sangat minim. Hampir di semua sektor mengalami peningkatan performa, di sektor Algoritma AF yang mampu melakukan deteksi tubuh, wajah dan mata subjek hewan: seperti anjing, kucing, hingga burung.

Peningkatan performa lainnya di Canon EOS R5 adalah adanya in-body image stabilization yang mampu meredam blur karena getaran kamera. Dengan stabilisasi gambar 5-axis pada Canon EOS R5, Kamu akan dengan mudah merekam dan mebuat vlog walaupun dalam kondisi rendah cahaya dan tanpa tripod.

Menurut Canon, dengan adanya IBIS, jika Canon EOS R5 dipasangkan dengan lensa yang pas, maka Kamu akan dapat melakukan sampai 8 stop koreksi goyangan. Kamera Canon EOS R5 juga punya jendela bidik elektronik dengan resolusi 5,76 juta titik yang diperkuat dengan panel OLED. Monitornya punya ukuran 3,2 inci dengan resolusi 2,2 MP dan didukung oleh teknologi layar sentuh (touchscreen) serta model vari-angle.

Spesifikasi dan Harga Canon EOS R5 dan R6

Bagian belakang Canon EOS R5

Canon EOS R5 punya bodi tangguh dengan ketahanan terhadap debu dan cuaca (weather resistant), berikut EVF OLED dengan resolusi 5,76 MP, dan refresh rate 120 Hz, serta LCD putar (fully-articulating) beresolusi 2,1 MP.

Untuk interface atau konektor termasuk mic-in, headphone-out, dan microHDMI, di samping konvektivitas wireless Wi-Fi dan Bluetooth. Canon EOS R5 memiliki layar LCD kedua di pundak, layaknya DSLR profesional.

Dengan keunggulan tersebut Canon EOS R5 sangat cocok dan memang menyasar selain fotografer profesional, penghobi fotografi dan fotografer amatir tingkat lanjut.

Spesifikasi Utama Canon EOS R5

  1. Sensor CMOS Dual Pixel 45MP full-frame
  2. Perekaman video 8K Burst hingga 12fps/20fps
  3. Jendela bidik elektronik (EVF) OLED dengan 5,76 juta titik
  4. Layar sentuh 3,2 inci dengan 2,10 juta titik
  5. Storage: 1x CFExpress, 1x SD, SDHC, atau SDXC (UHS-II SD compatible)
  6. Fokus: Dual Pixel CMOS AF II

Spesifikasi Canon EOS R5

Canon EOS R6 mempunyai spesifikasi di bawah EOS R5, R6 memang dibuat sebagai model yang diposisikan dibawah R5, namun tetapi mempunyai beberapa fitur yang sama dengan R5.

Daleman kamera Canon EOS R6 ini sangat mirip dengan kamera DSLR profesional EOS 1DX Mark III, seperti sensor CMOS full-frame 20,1 Megapiksel yang diperkuat dengan prosesor gambar Digic X.

Spesifikasi dan Harga Canon EOS R5 dan R6

Bagian depan Canon EOS R6

Canon EOS R6 ini dapat merekam video 4K 10-bit 4:2:2 sampai 60 FPS, dan juga slow-motion 120 FPS di resolusi 1080p. Kecepatan burst sama dengan EOS R5 yaitu 20 gambar per detik dengan shutter elektronik dan 12 gambar per detik dengan shutter mekanik. Sistem autofokusnya juga sama-sama mengandalkan Dual Pixel CMOS AF II. Begitu juga dengan Peredam Goyangan IBIS dan baterai kamera ini juga sama dengan yang dipakai di R5 yakni LP-E6NH.

Perbedaan EOS R6 dari EOS R5 diantaranya tertelak di desain bodinya, Canon EOS R6 tidak mempunyai layar LCD kedua di pundak untuk menampilkan informasi pemotretan. Bodi Canon EOS R6 sudah dibekali dengan weather sealing yang menurut informasi Canon sama dan sebanding dengan weather sealing di seri kamera DSLR EOS 6D.

Spesifikasi dan Harga Canon EOS R5 dan R6

Bagian belakang Canon EOS R6

EVF OLED kamera EOS R6 ini punya resolusi lebih rendah dari EOS R5 yaitu 3,69 MP, layar LCD nya juga lebih rendah (fully articulating) dengan resolusi 1,62 MP.

Perbedaan lainnya di R6 ada dua slot memori card di EOS R6, namun keduanya berjenis UHS-II SD card. Di Canon EOS R6 juga ada konektor mic-in, headphone-out, dan micro HDMI, selain koneksi nirkabel via Wi-Fi dan Bluetooth.

HARGA CANON EOS R5 dan R6

Canon membanderol Canon EOS R5 dengan harga sebagai berikut:

  • Body Only dijual dengan harga $3.900 atau sekitar Rp 56,5 juta
  • Plus kit lensa RF 24-105 mm f/4L IS USM dilepas dengan harga $5.000 atau sekitar Rp 72,5 juta

Sedangkan Canon EOS R6 dijual dengan harga:

  • 2.500 dollar AS (Rp 36,2 juta) untuk body only,
  • 2.900 dollar AS (Rp 42 juta) untuk kit dengan lensa RF 24-105mm f/4-7.1 IS STM
  • 3.600 dollar AS (Rp 52,2 juta) untuk kit dengan lensa RF 24-105mm f/4L IS USM.

So, itulah sedikit review tentang Spesifikasi dan Harga Canon EOS R5 dan R6 yang hadir dengan Peredam Goyangan IBIS. Buat Kamu para profesional ataupun amatir tingkat lanjut yang butuh explore kemampuan fotografi Kamu wajib punya Canon EOS R5 ini, setidaknya R6. Kamu yang suka membuat vlog atau content creator juga sangat terbantu dengan kemampuan kamera ini.

Hadir dengan Peredam Goyangan IBIS, Ini Spesifikasi dan Harga Canon EOS R5 dan R6 | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply