Kamera Compact untuk Traveling: Canon PowerShot SX740 HS Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Kamera Compact untuk Traveling: Canon PowerShot SX740 HS

Friday, August 16th, 2019 | Canon, Kamera digital

KameraDigital.Co.Id, Kamera Compact untuk Traveling: Canon PowerShot SX740 HS – Canon telah menghadirkan pembaruan model dari PowerShot SX730 HS dengan Canon PowerShot SX740 HS bagi pengguna yang ingin bepergian dengan kamera saku tapi dengan optical zoom hingga 40 kali.

Dirilis pada Bulan Juli 2018, Canon melepas PowerShot SX740 HS dengan harga 399,99 dollar US atau sekitar 5,8 juta rupiah. Berikut adalah fitur dan spesifikasi lengkapnya.

Canon PowerShot SX740 HS

Canon PowerShot SX740 HS Kamera Saku dengan Kemampuan Zoom mengagumkan

Bodi Kamera

PowerShot SX740 HS memiliki tampilan yang cukup klasik namun menarik, yang dijual dalam dua warna. Pilihan pertama datang dalam warna hitam yang lebih konvensional, sedangkan warna kedua adalah silver yang cukup elegan dengan sentuhan warna coklat pada bahan yang meniru kulit (walaupun sebenarnya terbuat dari karet).

Selebihnya, terbuat dari campuran logam dan polikarbonat, yang membuatnya terasa lebih padat daripada kebanyakan kamera compact lainnya. Adapun dimensinya, meskipun diklaim sebagai model saku, namun kamera ini tidak benar-benar bisa dimasukkan ke dalam saku, tapi sangat bisa disimpan di dalam tas kecil atau saku ukuran besar. Tubuhnya 13mm lebih kecil, 7 mm lebih pendek dan 12mm lebih tipis dari pendahulunya (Canon SX740 HS).

Tombol dan Layar

Menjadi kamera yang ringkas, Canon PowerShot SX740 HS memiliki kontrol yang cukup sederhana. Semua tombol ada di sisi kanan, yang sangat berguna untuk memotret hanya dengan satu tangan.  

Di bagian kanan atas, Anda akan menemukan tombol daya, roda mode, tombol perekaman video, dan tuas kecil yang dapat digerakkan ke kiri dan kanan untuk control zoom. Bagian belakang didominasi oleh layar flip-up 3 inch (sekitar 7,5 cm) dengan resolusi 922.000 piksel, tapi bukan layar sentuh. 

Kecepatan rana berkisar dari 1-1/3200 detik dan rentang ISO 100-3200 pada manual dan 100-1600 pada otomatis. Layar bisa dimiringkan 180 derajat, yang memungkinkan Anda untuk menangkap selfie yang sempurna atau membingkai objek Anda dari perspektif luar biasa dan bahkan membuat vlogging lebih mudah.

Kembali ke belakang, di bagian bawah ada ruang kecil untuk meletakkan ibu jari, dengan tombol kontrol yang berbeda. Tombol pertama adalah untuk memberitahu kamera di posisi mana ia harus mulai, di sebelahnya adalah tombol WiFi, dan di bawah ada roda kontrol. Set kontrol ini juga dapat digunakan untuk mengatur eksposur, flash, informasi layar, dan fokus manual.

Di sisi kanan, ada penutup kecil yang menyembunyikan HDMI dan USB. Sedangkan baterai dan kartu memori ditempatkan di bagian bawah. Dan tepat di sebelahnya ada port untuk meletakkan kamera pada tripod.

Jika melihat sisi kiri, Anda akan menemukan tombol slide kecil yang berfungsi untuk membuka flash. Tombol ini ditempatkan di bagian atas kamera, tepat di sisi berlawanan dari tombol kontrol. Dan di bagian tengah, tentu saja adalah lensa zoom optik 40x, yang mencakup kisaran lengkap 24-960mm dalam istilah 35mm.

Kualitas Gambar dan Video

Seperti yang sering terjadi dengan kamera compact dengan sensor kecil, kualitas gambar lebih baik ketika datang ke situasi yang cukup terang. Sedangkan dalam kondisi cahaya rendah, ada detail yang kurang jelas. Dan dalam kondisi yang sangat gelap, gambar menjadi kabur secara positif.

Warna yang dihasilkan agak jenuh dan cukup baik, dengan tingkat vitalitas yang baik pula, terutama dengan lighting alami. Sedangkan di bawah cahaya buatan, penyesuaian Automatic White Balance-nya cenderung salah terhadap nada kekuningan, tapi Anda dapat memilih pengaturan White Balance yang lebih tepat untuk mengatasinya.

Pilihan white balance termasuk otomatis, siang hari, teduh, berawan, lampu tungsten, cahaya fluoresens putih, kustom, koreksi WB. Mulai dari makro warna-warni hingga puncak gunung berkabut, SX740 HS tersedia untuk Anda.

Berkat prosesor DIGIC 8, fokus Canon PowerShot SX740 HS cukup cepat, terutama ketika ditempatkan di sudut yang lebih besar. Sedangkan dalam mode telefoto, Anda harus cukup jauh dari objek yang ingin difokuskan untuk mencapai ketajaman yang diinginkan.

Namun saat menampilkan zoom dari compact ini, masalahnya menjadi sedikit rumit. Sistem ini sebenarnya berfokus dengan baik, tapi bahkan 5-axis stabilizer tidak mampu mengimbangi pergerakan tangan pengguna. Jadi, jika Anda ingin mengambil foto dengan zoom besar, sangat disarankan untuk menggunakan tripod.

Sedangkan untuk burst, PowerShot SX740 HS memiliki hingga 10 fps, yang merupakan fakta sangat menarik untuk sebuah kamera compact. Sayangnya, fitur ini hanya mampu mengikuti objek dengan gerakan lambat atau dapat diprediksi, bukan untuk fotografi olahraga atau memotret objek bergerak cepat lainnya.

PowerShot SX740 HS menawarkan resolusi 20,3 megapiksel, dan hanya bisa disimpan dalam format JPEG, yang membuatnya lebih cocok untuk pemula dan mereka yang menggunakan kamera untuk kebutuhan dasar. Ada juga pengatur waktu yang berkisar dari 2 detik, 10 detik, dan custom yang akan bekerja sangat untuk mode selfie atau swafoto.

Sedangkan untuk video, PowerShot SX740 HS memungkinkan perekaman dengan kualitas 4K UHD. Video time-lapse yang indah juga dapat dibuat dalam 4K secara sederhana dan mudah dengan mode film Time-lapse khusus. Anda juga dapat memanfaatkan frame cropping 4K untuk mengekstrak gambar foto dari rekaman video Anda.

Baterai Canon PowerShot SX740 HS

Dibanding pendahulunya, daya tahan baterai PowerShot SX740 HS sedikit meningkat, dari 250 frame pada SX730 HS ke 265 frame di SX740 HS. Meskipun ini hanya perbedaan kecil, tapi rata-rata pengguna akan menikmati masa pakai baterai yang jauh lebih baik daripada.

Jika ingin mengambil lebih banyak foto, Anda bisa menempatkan kamera ke mode Eco untuk pengambilan gambar hingga 370 frame. Jenis baterai adalah Li-ion isi ulang NB-13L, dengan pengisian daya melalui USB Compact Power Adapter CA-DC30E 7 atau USB khas lainnya. Waktu pengisian bervariasi tergantung pada daya baterai yang tersisa.

Konektivitas

PowerShot SX740 HS dilengkapi dengan konektivitas nirkabel Bluetooth dan WiFi. Dengan demikian, Anda dapat membagikan dan membuat salinan cadangan foto langsung di ponsel atau tablet yang kompatibel, atau bahkan mengirimnya langsung ke komputer pribadi.

Namun untuk melakukan fungsi ini Anda masih memerlukan Aplikasi Canon Camera Connect. Koneksi melalui WiFi dibuat relatif mudah dan memungkinkan Anda untuk mengontrol kamera dari jarak jauh.

Bluetooth bawaannya juga bisa mengirimkan data lokasi GPS, yang memungkinkan Anda untuk melakukan geotag pada gambar yang telah Anda ambil sehingga Anda bisa tahu secara tepat di mana Anda mengambil foto Anda. Sedangkan pada konektivitas level fisik, kamera memiliki konektor USB Hi-Speed ​​khusus (kompatibel dengan Micro-B) dan konektor micro HDMI (Tipe D).

Harga yang wajar dan rentang zoom super fleksibel menjadikan Canon PowerShot SX740 HS salah satu kamera compact terbaik untuk liburan, jalan-jalan, atau untuk menangkap momen paling berharga Anda. Kamera ini populer karena harganya yang ramah anggaran dan memiliki ukuran ringkas. Kamera ini juga mudah digunakan bahkan untuk pemula. 

 

Kamera Compact untuk Traveling: Canon PowerShot SX740 HS | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply