Review Lensa Nikon Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S: Ringan, Ringkas, Terbaik! Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Review Lensa Nikon Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S: Ringan, Ringkas, Terbaik!

Saturday, August 3rd, 2019 | Lensa, Nikon

KameraDigital.Co.Id, Review Lensa Nikon Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S: Ringan, Ringkas, Terbaik! – Beberapa waktu lalu, Nikon resmi melepas lensa Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S ke pasaran. Lensa ini diluncurkan dalam bagian ekosistem lensa Nikkor Z untuk melengkapi kamera mirrorless Z series kepunyaan Nikon. Bersama Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S, dirilis pula lensa dengan rentang fokal yang lebih pendek, Nikkor Z 14-30mm f/4 S. Total, sudah ada lima Nikkor Z yang dimiliki oleh Nikon.

Menurut keterangan perusahaan asal Jepang ini, dua seri Nikkor Z tersebut sengaja didesain ringan dan ringkas demi memenuhi selera dunia fotografi saat ini. Konsumen Nikon yang berasal dari kalangan profesional menghendaki lensa high-end yang mengusung kapabilitas maksimum namun dengan bobot yang minimum.

Spesifikasi Lensa Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S

Lensa Nikkor Z 24-70mm F2.8 S

Lensa Nikkor Z 24-70mm F2.8 S

Ini spesifikasi lengkap Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S saat diluncurkan pada Mei 2019 lalu.

Nama:                   Nikon Z 24-70mm f / 2.8 S Nikkor

Image Circle:      35mm (Z Mount)

Tipe:                      Standard Zoom

Focal Length:     24-70mm, setara 36 – 105mm

Max Aperture:  f / 2.8

Min Aperture:   f / 22

Diaphragm:         9 (bulat); Electromagnetic

Bodi lensa:          Arneo dan Nano Crystal Coat, tahan debu dan tetesan air

Diagonal View:  84 hingga 34,3 derajat

Detail Fokus:      Fokus internal dengan motor stepper; Sistem Multi-Fokus; Tombol A/M; Cincin MF

Rotasi depan:    Tidak

Sistem Zoom:     Putar

Fokus terdekat: 38cm / 1.25 ft

Rasio:                    0.22x / 1: 4.5

Ukuran Filter:     82mm

Dimensi:              126mm x 89mm / 4.96 inch x 3.50 inch

Bobot:                  805g / 28.4 oz

Review Lensa Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S

Keunggulan lensa ini yang paling kentara adalah bobotnya yang ringan dan ringkas, sangat tidak memberatkan walau dibawa kemana-mana dalam tas. Berat lensa ini 24,7% lebih ringan dan 18,4% lebih pendek dari lensa populer Nikon AF-S Nikkor 24-70mm f/2.8E ED VR. Namun, meski dimensinya amat ringkas, Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S membawa rancangan lensa sebanyak 17 elemen, termasuk 2 elemen lensa ED dan 4 aspherical.

Nikkor Z 24-70mm dilengkapi teknologi Autofocus Stepping Motor (STM)

Nikkor Z 24-70mm dilengkapi teknologi Autofocus Stepping Motor (STM)

Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S merupakan lensa pertama yang dibekali Nikon dengan pelapis terbaru anti refleksi ARNEO. Dikombinasikan dengan pelapis Nano Crystal Coat yang telah ada sebelumnya, lensa ini digadang-gadang mampu mengurangi efek kabur dan pantulan cahaya dengan jauh lebih baik. Nikon menyebut Nikkor Z 24-70mm memungkinkan untuk memotret dengan kontras dan ketajaman yang lebih presisi, meskipun sumber cahaya yang berpotensi menyilaukan (misal matahari, senter, suar) masuk ke dalam frame.

Nikon juga membekali lensa terbaru ini dengan tombol L-Fn (Lens Function) yang dapat disetel ke dalam 20 pengaturan berbeda. Meski Lensa Nikkor Z 24-70mm diperuntukkan untuk enthusiast dan fotografer semi-profesional, namun pengguna awam pun dipermudah dengan adanya panel layar sarat informasi yang dapat menginfokan berapa jarak fokus, depth of field (DOF), bukaan diafragma, dan jarak fokal lensa.

Keunggulan Nikkor Z

Keunggulan lensa ini yang paling kentara adalah bobotnya yang ringan dan ringkas

Kinerja autofokus lensa ini telah diperbarui oleh Nikon. Ada teknologi Autofocus Stepping Motor (STM) yang disematkan pada Nikkor Z 24-70mm, di samping sistem Multi-Focus terbaru dari Nikon untuk performa ketajaman yang lebih maksimal. Jika tak ingin menggunakan autofokus, ada cincin fokus manual yang dapat diputar untuk mengatur fokus sesuai kebutuhan.

Bagi Anda yang kerap bepergian, tak perlu khawatir lensa Anda mudah rusak karena terpapar cuaca. Lensa Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S dibalut lapisan fluorine sehingga debu dan kotoran tidak menempel. Lensa inipun masih tahan tetesan air dalam jumlah wajar, asal tidak sampai terendam seluruhnya.

Berat lensa ini adalah 805 gram, yang sebenarnya tidak terlalu ringan, namun sangat pas ketika digenggam di tangan. Saat dipasangkan dengan kamera-kamera Nikon seri Z, lensa ini dapat menghasilkan keseimbangan yang nyaris tidak kentara beratnya.

Jangan lupa baca ini juga

  1. List Daftar Harga dan Spesifikasi Lensa Kamera Nikon Terbaru Januari 2019
  2. Daftar List Harga dan Spesifikasi Lensa Kamera Fix Canon Terbaru 2019
  3. Apa Arti Kode-Kode Pada Lensa Nikon ? Inilah Penjelasanya
  4. Daftar Harga Dan Spesifikasi Lensa Zoom Nikon Terbaru Maret 2019

Performa Fotografi Lensa Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S

Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S merupakan lensa ultra wide-angle zoom, masuk dalam jajaran lensa S-Line dengan teknologi Z-mount yang berfungsi mengoptimalkan lebar fokus. Aperture-nya konstan pada maksimum bukaan f/2.8. Selain bodi yang dirancang mempunyai durabilitas tinggi, pada lensa ini dibenamkan kemampuan untuk mengambil gambar dan merekam video kualitas tinggi, terutama untuk fotografi luar ruang.

Teknologi multi-focusing dan autofocus stepping motor membuat Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S tetap bisa menghasilkan gambar jernih meski obyek fotografi berada pada jarak yang jauh. Peluang kegagalan cahaya yang masuk pada satu fokus akibat kerusakan atau ketidakmampuan lensa, yang kerap disebut dengan aberrations, boleh dikatakan amat minim.

Performa Fotografi Z 24-70mm F/2.8 S

Performa Fotografi Lensa Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S

Lensa ini mampu menghasilkan gambar cantik meski dalam kondisi cahaya minim, seperti saat malam hari. Karena didesain sebagai lensa luar ruang, Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S sangat maksimal untuk menghasilkan fotografi landscape. Rentang fokalnya yang lebar juga bagus saat difungsikan untuk memotret obyek makro jika dibutuhkan.

Karena teknologi anti-refleksi ganda yang disematkan, hasil gambar Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S tetap baik-baik saja meski memotret matahari secara langsung. Anda bisa mengabadikan momen matahari terbenam (sunset) dengan sempurna tanpa perlu khawatir foto akan terdominasi oleh warna jingga yang menyilaukan. Saat malam hari, kombinasikan ISO yang disetel cukup tinggi, bukaan rana maksimum, serta kecepatan shutter beberapa detik, untuk menghasilkan pemandangan malam yang menakjubkan.

Dengan pengaturan yang tepat, Anda bahkan bisa mendapatkan foto long exposure dengan kualitas yang tidak main-main. Misalnya, di jalan raya, cobalah mengatur fokus di angka 70mm, bukaan diafragma pada f/9, shutter pada kecepatan 8 detik, serta ISO 100. Pada kamera dan kondisi cahaya yang mendukung, pengaturan ini dapat menghasilkan gambar jalanan berisi seperti kilasan cahaya yang sebenarnya adalah mobil-mobil yang berlalu lalang.

Bukaan Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S paling sempurna pada angka f/2.8 hingga f/5.6. Saat pemotretan dengan f/2.8, ketajaman area tengah frame benar-benar sangat menakjubkan, juga sudut-sudut frame tampak mengesankan. Pada angka f/4 hingga f/5.6, fokusnya tetap sangat bagus, namun sudut-sudut frame sudah mulai ikut menajam, yang sangat cocok diaplikasikan untuk foto landscape. Jika bukaan diafragma semakin menyempit di angka f/8 sampai f/11, ketajaman tak lagi eksklusif di area tengah frame, namun tetap presisi.

Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S merupakan lensa kelas atas yang juga dapat merekam video sama baiknya dengan pemotretan gambar diam. Lensa ini sendiri merupakan pasangan kamera full-frame Nikon Z yang sensornya berada di angka 46MP, yang terkenal dengan kapabilitasnya yang luar biasa. Tak salah jika lensa Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S disebut lensa perfeksionis, lantaran upayanya untuk mendekati kesempurnaan dalam fotografi.

Harga Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S

Lensa canggih besutan Nikon, Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S ini bisa dibeli melalui distributor resmi di Indonesia baik offline maupun online dengan kisaran harga Rp 32 juta. Jika menginginkan Nikor Z yang lebih kecil yang juga dirilis berbarengan dengan lensa ini, Anda bisa mempertimbangkan Nikkor Z 14-30mm f/4 S yang dibanderol Rp 20 juta.

Bagaimana, tertarik untuk meminang Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S?

Review Lensa Nikon Nikkor Z 24-70mm F/2.8 S: Ringan, Ringkas, Terbaik! | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply