Begini Spesifikasi Sony Cybershot DSC-RX100 Mark VII, Bisa Memotret Hingga 90fps Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Begini Spesifikasi Sony Cybershot DSC-RX100 Mark VII, Bisa Memotret Hingga 90fps

Tuesday, July 30th, 2019 | Kamera digital, Sony

KameraDigital.Co.Id, Begini Spesifikasi Sony Cybershot DSC-RX100 Mark VII, Bisa Memotret Hingga 90fps – Sony terakhir kali melepas seri Cybershot DSC-RX100 Mark VI pada 2018 lalu. Kamera compact yang tergolong premium ini kini sudah mendapatkan penerusnya, yakni Sony Cybershot DSC-RX100 Mark VII, yang resmi diperkenalkan pada akhir Juli 2019.

Mengusung spesifikasi ciamik dari pendahulunya, kalau dilihat dari Spesifikasi Sony Cybershot DSC-RX100 VII, kamera ini dibekali dengan banyak fitur baru yang belum ada pada generasi lama RX100. Meskipun desainnya kecil dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa dalam saku, namun kemampuan Sony Cybershot DSC-RX100 VII tak boleh dipandang remeh layaknya kamera-kamera buatan Sony yang lain.

Spesifikasi Sony Cybershot DSC-RX100 VII

Secara umum, berikut spesifikasi Sony Cybershot DSC-RX100 VII sebagaimana yang dilansir Sony dalam press rilis resminya.

Sensor:                 20MP 1” CMOS

Lensa:                   Zeiss F2.8-4.5 setara 24-200mm

Autofokus:         Full autofocus, auto-exposure

Viewfinder:        Retractable 2.36M-dot EVF dengan 0.59x pembesaran

LCD:                       Layar sentuh 3″ (membalik ke atas 180° atau turun 90°)

Video:                   UHD 4K, Full HD 1080p

Video rate:          Kecepatan tinggi hingga 1000 fps

Frame:                  7 frame, kecepatan memotret hingga 90fps

Konektivitas:      Wi-Fi dengan Bluetooth dan NFC

Bodi dan handling

Cybershot DSC-RX100 VII membawa tampilan dan rasa genggam yang sangat mirip dengan pendahulunya RX100 VI. Kontrol yang berada di muka kamera pun sama persis dengan generasi sebelumnya. Satu-satunya perbedaan mungkin terletak pada bahu kanan kamera, di mana terdapat soket mikrofon eksternal yang nantinya sangat membantu para vlogger merekam video dengan audio yang lebih baik.

Spesifikasi Sony Cybershot DSC-RX100 Mark VII

Kamu dapat mengoperasikan kamera ini hanya dengan satu tangan karena tata letak tombolnya yang padu pada satu sisi kamera

Tata letak kontrol pun tidak berubah dari model RX100 lama. Anda dapat mengoperasikan kamera ini hanya dengan satu tangan karena tata letak tombolnya yang padu pada satu sisi kamera. Bodi yang mirip dengan kamera Sony RX100 generasi sebelumnya cukup memudahkan bagi pengguna yang baru mengenal kamera ini.

LCD Sony RX100 VII sudah mendukung touchscreen berukuran 3 inchi. Layar ini dapat diputar 180 derajat serta dimiringkan sampai 90 derajat, sangat cocok untuk vlogger yang harus melakukan self-recording atau merekam diri sendiri. Jendela bidiknya menggunakan electronic viewfinder (EVF) OLED yang beresolusi 2,36 juta titik.

Desainnya RX100 VII yang premium membuat kamera ini tampak ramping, smart, dan berkesan mahal. Sekilas kamera ini tampak sedikit padat karena Sony menyematkan kontrol yang begitu banyak pada bodinya yang seukuran standar kamera compact. Namun, kamera ini tetap terasa solid meski casing luarnya tidak terlalu tebal. Walaupun tidak berlapis baja, namun Sony RX100 VII berhasil mempertahankan citra luwes dan tidak rapuh.

Sensor, lensa, dan fitur

Sony Cybershot DSC-RX100 VII menggunakan sensor keluaran terbaru Sony berukuran 1” CMOS dengan resolusi 20MP. Sensor ini digadang-gadang Sony memiliki lebih banyak titik deteksi fase pada Autofocus. Turut disematkan pula fitur Autofocus real time yang dapat melacak mata dan wajah dengan akurat, fitur yang pertama kali dibekalkan Sony kepada kamera mirrorless generasi Alpha a6400 dan a9.

Lensa yang digunakan kamera ini adalah Zeiss 24-100mm yang setara dengan focal length 24-200mm. Aperture-nya f/2.8-f/4.5, memungkinkan Sony RX100 VII memiliki bodi yang ramping namun dengan rentang zoom yang cukup mengesankan. Lensa ini boleh dibilang jauh lebih baik dari segi exposure dibanding pesaingnya Panasonic ZS200, satu-satunya kamera digital lain yang menawarkan kombinasi ukuran sensor dan rentang zoom di kelas compact.

Sensor, lensa, dan fitur Sony Cybershot DSC-RX100 Mark VII

Sony Cybershot DSC-RX100 VII menggunakan sensor keluaran terbaru Sony berukuran 1” CMOS dengan resolusi 20MP yang memiliki lebih banyak titik deteksi fase pada Autofocus

Perbedaan paling jelas antara kamera ini dan model sebelumnya adalah cakupan yang lebih luas dari elemen pendeteksi fase pada sensor. Sony RX100 VII memiliki 357 titik PDAF yang tersebar di 68% dari sensor. Waktu fokusnya mengalami peningkatan dari yang semula 0,03 detik menjadi 0,02 detik.

Kemampuan baru lain dari Sony Cybershot DSC-RX100 VII adalah perekaman audio yang jauh lebih baik dari pendahulunya. Sebagai generasi lanjutan dari RX100 series, Sony RX100 VII jadi kamera pertama yang memiliki soket mikrofon tambahan, benar-benar memanjakan pengguna yang kerap melakukan video recording. Mikrofon eksternal ini membantu perekaman audio menjadi lebih bersih dan jernih tanpa gangguan bising di sekitar.

Sayangnya, Sony RX100 VII tak lagi memiliki utas filter ND yang berfungsi menyeimbangkan exposure saat merekam di tengah hari yang sangat cerah. Sebagai gantinya, lensa yang dibenamkan pada kamera ini memiliki rentang yang jauh lebih panjang, sehingga mampu menetralisir cahaya agar tidak over exposure.

Performa fotografi

Sony Cybershot DSC-RX100 VII dibekali kemampuan mengesankan dengan pemotretan tanpa jeda hingga 20fps melalui jendela bidik. Kecepatan ini memang menurun dari model sebelumnya yang mampu memotret 24fps pada sekali burst. Namun, kekurangan ini dikompensasi dengan fasilitas ‘no-blackout’ yang memudahkan pengguna untuk memotret sebanyak apapun yang mereka mau.

Selain itu, kamera ini juga diklaim mampu mengambil gambar tujuh frame pada sekali burst hingga 90fps. Kecepatan ini dapat dicapai dengan mengunci sistem exposure dan autofocus, lalu melepaskan tombol shutter sebelum mengambil gambar lainnya.

Dari segi video, tampaknya Sony merancang RX100 VII sebagai kamera para vlogger, dengan kemampuannya merekam video berkualitas 4K UHD tanpa gangguan rolling shutter. Video pada kualitas 1080p atau Full HD dapat menggunakan fasilitas refresh rate sampai 120fps. Dengan fitur stabilisasi ganda yang menggabungkan mode optik dan digital, Anda dapat merekam video dalam posisi bergerak tanpa perlu khawatir hasil video akan berguncang-guncang.

Sony Cybershot DSC-RX100 VII disebut-sebut sebagai kamera yang paling mengerti gaya hidup sehari-hari. Kamera ini tidak dimaksudkan sebagai kamera profesional, meskipun kualitas pemotretan dan video recordingnya cukup mampu untuk melakukan hal itu. Sony seperti sengaja mendesain RX100 VII sebagai kamera keluarga, untuk mengabadikan momen-momen sederhana namun berharga dalam hidup.

Sebagai contoh, rentang fokal Sony RX100 VII tidak seperti pendahulunya pada generasi III dan IV yang menawarkan focal lebih pendek dan lebih terang, sehingga sangat bagus digunakan sebagai kamera travelling karena kemampuan adaptasi cahayanya yang cepat. Sebaliknya, rentang zoom pada Sony RX100 VII lebih panjang dan lebih lama, namun dapat memotret gambar bergerak dengan jauh lebih baik. Dipasangkan dengan autofocus real time yang dibenamkan pada kamera ini, Sony RX100 VII mampu memotret foto candid dengan amat sempurna, sesuatu yang sangat bermanfaat untuk keluarga yang ingin memotret momen tak terulang, seperti misalnya, anak-anak yang sedang bergerak bebas.

Harga Sony Cybershot DSC-RX100 VII

Sony Cybershot DSC-RX100 VII mulai bisa dibeli pada Agustus 2019. Perusahaan asal Jepang tersebut melepas kamera compact kelas tinggi ini dengan harga $1.200 atau sekitar Rp 16.500.000 untuk Asia dan Amerika. Jika Anda membelinya di negara-negara Eropa selain Inggris Raya, maka harganya adalah €1.300 atau sekitar Rp 20.291.000, sedangkan di Inggris Raya dibanderol £1.200 atau sekitar Rp 20.912.000.

Bagaimana, setelah mengetahui Spesifikasi Sony Cybershot DSC-RX100 Mark VII, Kamu tertarik memboyong Sony Cybershot DSC-RX100 VII ini?

Begini Spesifikasi Sony Cybershot DSC-RX100 Mark VII, Bisa Memotret Hingga 90fps | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply