Tips Fotografi ala Fotografer Legendaris Steve McCurry Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Tips Fotografi ala Fotografer Legendaris Steve McCurry

Sunday, July 21st, 2019 | Tips

KameraDigital.Co.Id, Tips Fotografi ala Fotografer Legendaris Steve McCurry – Khusus bagi anda yang berkecimpung di dunia fotografi anda harus menyimak tips fotografi ala fotografer legendaris Steve McCurry yang akan dibahas tuntas dalam artikel ini. Steve McCurry adalah seorang fotografer editorial yang populer dan sudah sangat diakui karya-karyanya, jadi tips-tips darinya dipastikan akan membuat anda jadi fotografer yang lebih baik. Berikut ulasannya.

Rule of Thirds

Tips fotografi sederhana pertama yang dibahas oleh Steve McCurry dalam sebuah video di channel Youtube COOPH adalah Rule of Thirds atau Aturan Sepertiga. Komposisi Aturan Sepertiga ini akan membuat jepretan yang anda hasilkan lebih enak dipandang mata.

Lebih jauh komposisi Rule of Thirds ini merupakan salah satu prinsip komposisi fotografi yang sangat populer dan telah dikenal oleh mayoritas fotografer. Aturan ini juga menjadi pondasi untuk menjaga keseimbangan objek pada foto sehingga, sekali lagi, foto yang dihasilkan akan lebih enak dipandang mata.

Tips fotografi ala fotografer legendaris Steve McCurry

Rule of thirds Steve Mccurry

Apa sih sebenarnya komposisi Rule of Thirds? Meski tips ini begitu populer di kalangan fotografer namun jarang yang mengetahui definisi dari aturan ini. Jika anda memotret dengan komposisi Rule of Thirds ini, maka anda harus membagi bidang foto menjadi tiga bagian yang sama, secara vertikal dan horizontal. Jika sudah anda bagi maka dengan demikian anda sekarang memiliki 9 bidang/kotak dengan ukuran yang sama besar yang membuat pertemuan 4 titik di tengah bidang.



Nah keempat titik pertemuan yang dihasilkan dari Rule of Thirds ini biasa disebut dengan empat titik mata. Berdasarkan dari teori komposisi Aturan Sepertiga ini, jika anda menempatkan bagian foto yang menarik (point of interest) di salah satu empat titik ini maka foto akan terlihat lebih seimbang dan lebih enak dilihat. Perlu anda pahami bahwa keempat titik point of interest ini tidak perlu anda isi semua cukup salah satu saja. Elemennya bisa objek hidup semisal manusia dan binatang atau objek mati.

Terus bagaimana menerapkan tips fotografi ala fotografer legendaris Steve McCurry ini? Jika anda ingin menerapkan tips dari Steve McCurry ini ada 3 hal yang harus anda ingat sebelum jemari anda menekan tombol shutter pada kamera. Pertama, apa elemen paling menarik dari objek yang akan anda foto tersebut? Kedua, anda harus membagi foto dalam viewfinder menjadi tiga elemen vertikal dan horizontal. Ketiga, dimana anda ingin meletakkan point of interest tersebut? Jika anda sudah yakin dengan tiga pertimbangan ini maka anda boleh merilis tombol shutter kamera anda.

Leading Lines

Tips kedua dari Steve McCurry adalah Leading Lines atau Garis Penuntun. Sebuah foto yang menggunakan teknik ini akan lebih enak dipandang mata karena pemirsa foto akan diajak mengikuti sebuah garis dan jalur yang berada pada foto. Garis dan jalur yang memanjang sampai titik hilang akan terlihat manis bagi orang yang memahami aspek fotografi.

Tips fotografi ala fotografer legendaris Steve McCurry

Leading Lines Steve Mccurry

Anda akan bisa menerapkan teknik ini jika anda memahami perspektif titik lenyap. Apa itu titik lenyap? Titik lenyap adalah titik dimana sebuah benda atau objek semakin ke belakang seakan-akan bentuknya semakin mengecil dan akhirnya hilang. Anda bisa menerapkan teknik ini ketika anda memotret jalan, jembatan atau tiang listrik yang berjejer. Saat anda memotret jalan dengan posisi tertentu maka jalan tersebut akan mengecil dan menyempit yang mana akan memberi kesan jarak jauh. Begitu juga dengan tiang listrik, jembatan, rel kereta api dan seterusnya.

Garis Diagonal

Tips fotografi sederhana dari Steve McCurry berikutnya adalah Garis Diagonal. Jika anda memotret dengan memanfaatkan garis diagonal maka foto yang akan anda hasilkan lebih dinamis dan menarik. Hal ini karena garis diagonal membuat foto seakan-akan bergerak dan dinamis. Jadi bisa dibilang teknik ini cocok jika anda ingin memotret objek yang bergerak.

Tips fotografi ala fotografer legendaris Steve McCurry

Diagonal Lines Steve Mccurry

Dalam dunia fotografi ada empat garis yaitu vertikal, horizontal, diagonal dan lengkung. Dibandingkan dengan yang lainnya, garis diagonal lebih memberi kesan hidup dalam foto karena kedinamisannya. Nah saat anda bisa mengeksploitasi garis diagonal dalam sebuah bidang, maka anda akan mendapatkan hasil jepretan yang menarik dan menyedot mata pemirsa foto. Anda bisa menggunakan garis diagonal dengan menariknya dari satu sisi ke sisi yang berseberangan.

Framing

Tips fotografi selanjutnya dari Steve McCurry adalah Framing. Framing atau bingkai akan membuat foto lebih menarik dan enak dipandang mata. Teknik ini cukup mudah dimana anda harus menemukan objek foto yang memiliki jendela, pintu, atau elemen lain.

Jadi nantinya foto yang anda hasilkan akan memiliki frame/bingkai alami. Misalnya saja anda bisa memotret kereta api yang memang memiliki banyak kendala yang berderet dengan presisi dan rapi.

Separasi

Tips fotografi ala Steve McCurry berikutnya adalah Separasi. Maksud dari tips ini adalah mencari kekontrasan dari objek foto utama dengan latar belakangnya. Foto yang memiliki kekontrasan warna yang kentara antara objek objek utama dan latar belakangnya akan menghasilkan foto yang indah dan masterpiece.

Separation Steve Mccurry

Separation Steve Mccurry

Jadi jika anda sedang berburu foto cobalah fokus memperhatikan dan mencari warna yang mencolok dan kontras antara foto utama dengan latar belakangnya.

Penuhi Frame

Tips fotografi ala fotografer legendaris Steve McCurry berikutnya adalah Penuhi Frame atau bingkai. Maksudnya anda harus mengambil jarak lebih dekat dengan objek foto yang ingin anda ambil. Dengan begini frame akan terpenuhi dengan objek foto yang anda ambil tersebut yang tentu akan membuat foto akan terlihat lebih menarik dan enak dipandang mata.

Mata Dominan

Tips fotografi sederhana ala Steve McCurry selanjutnya adalah anda harus memusatkan mata dominan berada di tengah-tengah foto jika anda ingin mendapatkan hasil jepretan yang ekspresif.
Tips ini cocok diterapkan jika anda sedang memotret sebuah wajah, karena anda pasti akan mendapatkan ekspresi yang kuat. Jadi anda harus jeli melihat mata mana yang lebih dominan dari objek wajah yang ingin anda abadikan.

Corak dan Pola Berulang

Tips fotografi ala fotografer legendaris Steve McCurry berikutnya adalah memotret objek foto yang memiliki corak dan pola yang berulang atau sama. Memotret corak dan pola yang berulang selalu memiliki keindahan tersendiri. Misalnya saja anda bisa memotret sekumpulan orang banyak yang mengenakan pakaian dengan warna yang sama.

Namun foto yang anda hasilkan akan lebih indah jika pada sekumpulan orang berpakaian sama tersebut ada satu objek yang mengenakan warna yang sama sekali kontras.

Simetri

Tips fotografi sederhana yang dijelaskan Steve McCurry dalam video Youtube yang diunggah oleh channel COOHP adalah mendapatkan kesimetrisan dalam sebuah foto. Hal ini karena mata cenderung lebih menyukai kesimetrisan yang presisi dalam sebuah foto atau bahkan dalam scene hidup. Jadi sebagai fotografer anda harus jeli menemukan objek foto yang memiliki kesimetrisan entah dari segi warna dan lainnya.

Demikianlah Tips fotografi ala fotografer legendaris Steve McCurry yang bisa anda coba dan praktikkan. Akhirnya semoga tulisan ini bisa membantu anda menjadi fotografer yang lebih baik.

Tips Fotografi ala Fotografer Legendaris Steve McCurry | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply