Perkenalkan Sony Alpha 7R Mark IV, Kamera Kelas Atas dengan Resolusi Hingga 240MP Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Perkenalkan Sony Alpha 7R Mark IV, Kamera Kelas Atas dengan Resolusi Hingga 240MP

Friday, July 19th, 2019 | Kamera digital, Mirrorless, Sony

KameraDigital.Co.Id, Sony Perkenalkan a7R IV, Kamera Kelas Atas dengan Resolusi Hingga 240MP – Sudah dua tahun sejak Sony meluncurkan lini kamera Alpha yang ditujukan untuk konsumen kelas atas. Terakhir, perusahaan asal Jepang ini merilis Sony Alpha 7R Mark III (a7R III) pada 2017 lalu. Kini, Sony kembali memperkenalkan penerus generasi Alpha dengan spesifikasi super mentereng, Sony Alpha 7R Mark IV (Sony a7R IV).

Sony Alpha 7R Mark IV

Sony Alpha 7R Mark IV Kamera Kelas Atas dengan Resolusi Hingga 240MP

Kamera yang di-launching pada pertengahan bulan Juli 2019 di Jepang itu membawa seabrek fitur high-end. Mengusung format SLR dengan model kamera mirrorless, Sony Alpha 7R Mark IV digadang-gadang bakal jadi suksesor di kelas kamera profesional sebagaimana generasi Alpha yang sebelumnya.

Sony Alpha 7R Mark IV bakal mulai tersedia di pasaran pada bulan September 2019, namun kita sudah bisa mengintip seperti apa sih kamera andalan Sony di tahun 2019 ini.

Spesifikasi Sony a7R IV

  • Tipe bodi: SLR, mirrorless
  • Bahan bodi: Magnesium alloy
  • Piksel efektif: 61 megapiksel
  • Resolusi maksimal: 9504 x 6336
  • Rasio gambar: 1:1, 4:3, 3:2, 16:9
  • Detektor foto sensor: 63 megapiksel
  • Ukuran sensor: Full frame (35,8 x 23,8 mm)
  • Jenis sensor: BSI-CMOS
  • Prosesor: BIONZ X
  • Warna: sRGB, Adobe RGB
  • ISO: Auto, 100-32.000 (diperluas hingga 50-102.800)
  • Stabilisasi gambar: Sensor-shift
  • Tingkat kualitas JPEG: Ekstra halus, bagus, standar
  • Format file: JPEG (Exif v2.31), RAW (Sony ARW v2.3)
  • Autofokus: Deteksi Kontras (sensor), Deteksi Fase, Multi-area, Satu titik selektif
  • Pelacakan, Tunggal, Kontinu, Sentuh, Deteksi wajah, Live View
  • Zoom digital: Ya (2x – 4x)
  • Fokus manual: Ya, fokus 567 titik
  • Layar: LCD TFT 3”, 1.440.000 titik, touchscreen
  • Viewfinder: Electronic Viewfinder, full frame 100%, 0,78x perbesaran, 5.760.000 titik
  • Format video: MPEG-4, XAVC S, H.264
  • Mikrofon: Stereo
  • Speaker: Mono
  • Penyimpanan: Dual SD / SDHC / SDXC (kompatibel UHS-II)
  • Konektivitas: USB USB 3.1 Gen 1, HDMI, Wireless, Remote control
  • Baterai: NP-FZ100 baterai lithium-ion & pengisi daya
  • Berat: 665 g
  • Dimensi: 129 x 96 x 78 mm
  • Fitur lainnya: Sensor orientasi, Rekaman timelapse

Bodi dan Handling Sony Alpha 7R Mark IV

Bodi Sony Alpha 7R Mark IV didesain lebih baik dibanding generasi-generasi Alpha sebelumnya. Sony a7R IV lebih tahan cuaca karena bodinya disokong gasket gabus yang melingkupi baterai dan kartu. Portal karet di sekitar segel juga membantu agar air tidak mudah merembes masuk. Cengkeraman terhadap kamera jauh lebih kuat, joystick-nya lebih besar, serta tata letak tombol yang lebih user-friendly dibanding sebelumnya. Tampilannya, tidak lain dan tidak bukan, sangat profesional.

Sony Alpha 7R Mark IV

Sony a7R IV lebih tahan cuaca karena bodinya disokong gasket gabus yang melingkupi baterai dan kartu

Kamera ini juga memiliki Wi-Fi 802.11ac plus Bluetooth dan NFC. Sayangnya belum ada fitur GPS sehingga pengguna belum bisa melakukan geo-tagging pada gambar-gambar yang dihasilkannya. Namun, hal ini dikompensasi dengan segudang fitur lain yang tidak kurang menariknya.

Sony Alpha 7R Mark IV menggunakan baterai NP-FZ100 yang dapat mengambil hingga 670 gambar dengan LCD dan 530 gambar dengan viewfinder. Sony juga menyediakan baterai grip yang dapat menampung dua baterai NP-FZ100 yang dapat dibeli terpisah dengan harga US$ 400 atau sekitar Rp 5,6 juta.

Ada pula antarmuka digital baru antara kamera dengan mikrofon, menjadikan Sony Alpha 7R Mark IV sebagai kamera pertama yang mampu menerima input audio digital. Terdapat mikrofon baru dan adaptor XLR, keduanya memiliki ADC internal untuk memberikan sinyal digital ke kamera. Uniknya, adaptor ini dapat pula mengeluarkan sinyal analog yang membuatnya kompatibel dengan kamera-kamera Sony yang lebih lama.

Sensor dan Fitur Sony Alpha 7R Mark IV

Sensor yang disematkan pada Sony a7R IV terbilang sangat besar, yakni 61MP BSI-CMOS yang sekaligus dilengkapi teknologi pixel shift multi shooting. Sensor ini juga dibantu dengan 15 stop dymanic range, yang menurut Sony, merupakan sebuah terobosan baru dalam sensor untuk pertama kalinya sejak 2015. Dengan sensor sebesar ini, Sony a7R IV dapat menghasilkan gambar dengan resolusi hingga 240MP.

Sistem autofokus yang diberikan Sony pada kamera ini adalah Hybrid Autofocus dengan pendeteksi mata real time untuk manusia dan hewan. Autofokus ini mampu mendeteksi hingga 567 titik fokus dan 425 deteksi kontras, dan sanggup mencakup seluruh area APS-C atau sekitar 74% full frame. Pemotretan berturut-turut dari Sony a7R IV dapat dilakukan dengan kecepatan 10fps serta autofokus yang dapat mengenali obyek secara berkesinambungan hingga 68 foto.

Sony Alpha 7R Mark IV

Dengan sensor sebesar ini, Sony a7R IV dapat menghasilkan gambar dengan resolusi hingga 240MP

Sama seperti kamera-kamera Alpha yang dulu, Sony juga membekali a7R IV dengan 5-axis Image Stabilizer yang seperti sudah jadi fitur wajib untuk kamera kelas menengah ke atas. Penstabil gambar ini dapat mengurangi goncangan hingga 5,5 stop, dan seperti Panasonic Lumix DC-S1, jika kamera ini dipasangkan dengan lensa yang juga memiliki image stabilizer, goncangan yang diredam dapat ditingkatkan hingga 6 stop.

Prosesor yang dibawa Sony a7R IV adalah BIONZ X yang banyak dibenamkan Sony pada kamera-kamera andalannya. LCD-nya sudah touchscreen dan dapat diputar dengan jumlah titik mencapat 1,44 juta dot, sama seperti Sony a7R III.

Performa Fotografi Sony a7R IV

Mode Pixel Shift dari Sony a7R IV dapat membuat gambar dengan ukuran hingga 960MB dari komposisi 16 gambar, namun setelah diproses dengan perangkat lunak Sony Imaging Edge, foto jadi yang dihasilkan adalah beresolusi 240MP. Dengan mode full frame, Anda dapat memotret hingga 68 foto sekaligus dan mencapai 200 foto pada mode APS-C.

Sony Alpha 7R Mark IV

Anda dapat memotret hingga 68 foto sekaligus dan mencapai 200 foto pada mode APS-C

Pengguna dapat memilih mode 16-shot untuk pergeseran ½ piksel, atau mode 4-shot untuk pergeseran satu piksel penuh. Dengan mode ½ shift (16-shot) Anda bisa mendapatkan dua kali resolusi spasial dan warna penuh, sedangkan mode 4-shot hanya membatalkan fitur Bayer. Resolusi sebesar ini bakal memuaskan hampir semua kalangan fotografer, utamanya fotografer landscape yang membutuhkan bidang pandang super luas. Dengan Sony a7R IV, fotografi landscape bakal menghadirkan foto yang spektakuler.

Pengguna dapat memilih output gambar antara JPEG atau Sony RAW files (ARW). Hasil gambar Sony a7R IV tetap memiliki resolusi tinggi meski ISO ditekan pada angka yang sangat tinggi. Jika dikombinasikan dengan bukaan rana dan shutter speed yang sesuai, serta fitur image stabilization yang dimiliki kamera ini, ISO yang disetel tinggi pada kondisi pencahayaan yang rendah tetap akan menghasilkan foto yang exposure-nya sempurna, minim noise yang mengganggu.

Sony a7R IV dapat menangkap video dengan kualitas 4K pada kecepatan 30fps, menggunakan pelacakan fokus sentuh atau deteksi mata realtime. Ada fitur Hybrid Log Gamma (HLG) untuk memberikan sensitivitas cahaya yang jauh lebih baik dan dramatis. Sekalipun videonya hanya 8-bit, namun bit rate paling tinggi yang bisa diberikan kamera ini adalah 100 Mbps pada format XAVC S.

Image Gallery Sony Alpha 7R Mark IV

Harga Sony a7R IV

Sony a7R bisa dibeli secara pre-order maupun datang langsung ke official distributor Sony di seluruh dunia mulai bulan September 2019. Harga yang disarankan untuk retail-retail resmi Sony adalah US$ 3.500 atau sekitar Rp 50 juta.

Bagaimana, tertarik untuk memiliki Sony Alpha 7R Mark IV?

Perkenalkan Sony Alpha 7R Mark IV, Kamera Kelas Atas dengan Resolusi Hingga 240MP | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply