Jajaran Lensa Terbaik untuk Kamera Micro Four Thirds (MFT) Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Jajaran Lensa Terbaik untuk Kamera Micro Four Thirds (MFT)

Monday, July 8th, 2019 | Lensa

KameraDigital.Co.Id, Jajaran Lensa Terbaik untuk Kamera Micro Four Thirds (MFT) – Seiring dengan semakin digemarinya kamera jenis Micro Four Thirds (MFT), perusahaan-perusahaan kamera berlomba memproduksi lensa sebagai pasangan kamera MFT yang kebanyakan dijual dengan sistem body-only. Lensa-lensa tersebut bervariasi mulai dari lebar fokus, kedalaman, tingkat zoom, sampai harganya.

Bagi yang belum familiar dengan MFT, Micro Four Thirds adalah sistem kamera digital yang mengadopsi teknologi DSLR, namun tanpa cermin di dalam body kamera (mirrorless). Obyek fotografi dapat langsung terlihat melalui LCD atau viewfinder (jendela bidik) tanpa perlu dipantulkan dulu oleh cermin, sehingga keuntungannya, bodi kamera menjadi jauh lebih ringan namun tanpa menghilangkan salah satu fungsinya. Secara umum, tampilan MFT menyerupai kamera digital yang ringkas dan ringan, namun dengan lensa yang dapat dilepas seperti pada DSLR. Micro Four Thirds merupakan terobosan yang amat berguna dalam dunia fotografi.

Micro Four Thirds mulai dikembangkan tahun 2009 oleh Panasonic dan Olympus, sebagai kelanjutan dari sistem Four Thirds yang lebih dulu berkembang. Kini, MFT menjadi tren baru yang cukup digemari di kalangan fotografer profesional.

Jajaran Lensa Terbaik untuk Kamera Micro Four Thirds (MFT)

Berikut kami sajikan jajaran Lensa Terbaik untuk Kamera Micro Four Thirds. Lensa-lensa ini dikumpulkan berdasarkan fungsinya, Anda dapat memilih lensa mana yang paling sesuai digunakan untuk kebutuhan Anda.

Olympus M.Zuiko Digital ED 12-40mm F2.8 Pro

Lensa Terbaik untuk Kamera Micro Four Thirds yang pertama adalah Olympus M. Zuiko Digital ED 12-40mm F2.8 Pro merupakan lensa kelas atas yang menawarkan zoom fleksibel serta panjang fokus setara dengan 24-80 mm. Kinerja optik lensa besutan Olympus ini sangat mengesankan dengan ukuran yang mampu berpasangan sangat baik pada kebanyakan kamera Micro Four Thirds. Jangkauannya jauh lebih besar daripada lensa buatan Panasonic yang bekerja pada focal length 12-35 mm F2.8. Anda bisa mendapatkan lensa ini dengan harga Rp 8,7 juta.

Lensa Terbaik untuk Kamera Micro Four Thirds

Olympus M. Zuiko Digital ED 12-40mm F2.8 Pro merupakan lensa kelas atas yang menawarkan zoom fleksibel

Di kelas yang sama, jika ingin mendapat lensa yang dilengkapi image stabilization (penstabil gambar), cobalah Panasonic 12-35mm F2.8 II ASPH Power OIS. Atau, jika menghendaki focal range yang lebih fleksibel, Panasonic Leica DG 12-60mm F2.8-4 ASPH Power OIS bisa jadi alternatif yang lain.

Olympus M. Zuiko Digital 17mm F1.8

Kombinasi ukuran, panjang fokus yang setara 35mm, aperture, kecepatan auto-focus yang amat baik, serta harga yang jauh lebih ramah di kantong dibanding 12-40mm F2.8 Pro, membuat Olympus M. Zuiko Digital 17mm F1.8 menjadi pilihan yang amat patut dipertimbangkan.

Lensa Terbaik untuk Kamera Micro Four Thirds

Olympus M. Zuiko Digital 17mm F1.8 jauh lebih hemat dikantong

Fleksibiltasnya tentu tak bisa menyamai 12-40mm F2.8 Pro, namun panjang fokusnya tidak terpaut terlalu jauh. Lensa ini dibanderol dengan harga mulai Rp 4,7 juta di pasaran. Dengan kisaran harga yang hampir sama, Anda bisa juga mempertimbangkan Sigma 16mm F1.4 DC DN.

Panasonic Lumix G 42.5mm F1.7 ASPH Power OIS

Lensa Terbaik untuk Kamera Micro Four Thirds (MFT)

Yang membuat lensa ini istimewa dibanding Olympus yaitu teknologi Depth from Defocus (DFD)

Lensa produksi Panasonic dengan range 42.5mm ini menjadi pilihan Jajaran Lensa Terbaik untuk Kamera Micro Four Thirds (MFT) untuk digunakan dalam fotografi portrait. Panjang fokusnya setara 85 mm dengan bentuk yang ramping dan ringan, mirip Olympus 45mm F1.8. Yang membuatnya lebih istimewa dibanding Olympus yaitu teknologi Depth from Defocus (DFD) khas Panasonic yang disematkan padanya. Harga Panasonic Lumix G 42.5mm F1.7 ASPH Power OIS dipatok mulai dari Rp 4 juta.

Panasonic Leica DG 8-18mm F2.8-4 ASPH

Jika Anda mencari lensa yang pas untuk pengambilan gambar jarak lebar, maka Panasonic Leica DG 8-18mm F2.8-4 ASPH adalah opsi terbaik. Panjang fokalnya 8-18 mm yang setara dengan 16-36 mm, serta dibalut dengan bodi yang terbangun dengan baik. Dilengkapi dengan Nano Surface Coating yang dapat mengontrol suar dan kontras pada kondisi pencahayaan yang ekstrem. Lensa ini dapat menangkap dengan sempurna gambar dengan jarak yang luas seperti pada foto-foto lanscape. Autofocusnya 240 fps menawarkan pemfokusan cepat yang halus dan akurat, menghasilkan bokeh yang smooth dan mengesankan. Kejernihan gambarnya terjamin layaknya lensa-lensa besutan Leica.

Lensa Terbaik untuk Kamera Micro Four Thirds

Lensa ini dilengkapi dengan Nano Surface Coating yang dapat mengontrol suar dan kontras pada kondisi pencahayaan yang ekstrem

Untuk meminangnya, Anda bisa menyiapkan mahar Rp 12,5 juta. Atau jika ingin lensa yang lebih murah dengan kualitas yang bersaing (walaupun tetap belum mengalahkan 8-18mm F2.8-4 ASPH), bisa mencoba Panasonic Lumix G Vario 7-14mm F4 ASPH.

Panasonic Lumix G Vario 45-200mm F4-5.6 II Power OIS

Jika kebutuhan Anda adalah lensa yang mampu men-zoom obyek fotografi di kejauhan dengan sempurna, Panasonic Lumix G Vario 45-200mm F4-5.6 II Power OIS adalah jawabannya. Jangkauannya 45-200mm, setara dengan 90-400mm yang mampu menghasilkan gambar obyek di kejauhan seolah-olah dipotret dari jarak dekat. Masih ditambah lagi dengan keuntungan aperture maksimal yang bisa diterapkan pada lensa ini, teknologi Depth from Defocus (DFD) milik Panasonic, serta stabilisasi gambar.

Panasonic Lumix G Vario 45-200mm F4-5.6 II Power OIS

Lensa ini mampu men-zoom obyek fotografi di kejauhan dengan sempurna

Lensa ini sangat cocok bagi Anda yang kerap mengabadikan obyek yang terpaut beberapa puluh meter jauhnya, misalnya fansite selebriti, wartawan lapangan, dan sejenisnya. Untuk membawa pulang Panasonic Lumix G Vario 45-200mm, siapkan dana mulai dari Rp 6 juta.

Panasonic Lumix G Macro 30mm F2.8 ASPH Mega OIS

Lensa Panasonic Lumix G Macro 30mm F2.8 ASPH Mega OIS adalah pilihan terbaik untuk keperluan fotografi makro. Panjang fokusnya setara 60 mm, mampu menghasilkan gambar close-up dengan perbesaran 1:1 dari ukuran aslinya. Jarak fokus minimum 10 cm yang membuat pengguna mampu memotret benda-benda amat kecil. Dengan penstabil gambar, kejernihan dan pelacakan fokus akan lebih mudah.

Panasonic Lumix G Macro 30mm F2.8 ASPH Mega OIS

Lensa ini adalah pilihan terbaik untuk keperluan fotografi makro

Lensa ini cocok bagi Anda yang bekerja di alam dan ingin mengabadikan setiap detail kecil dari alam, misalnya lalat yang sedang terbang, jentik-jentik nyamuk, sampai selembar benang sari bunga, tanpa mengorbankan kualitas gambar akibat zoom yang dipaksakan. Panasonic Lumix G Macro 30mm F2.8 ASPH Mega OIS dilepas di pasaran dengan harga Rp 5 juta. Untuk opsi lain, Anda juga bisa mempertimbangkan Olympus M. Zuiko Digital ED 60mm F2.8 Macro dengan focal length yang lebih panjang namun dengan harga yang lebih tinggi di kisaran Rp 8 juta.

Panasonic Leica DG 12-60mm F2.8-4 ASPH Power OIS

Suka perjalanan? Bawalah Panasonic Leica DG 12-60mm F2.8-4 ASPH Power OIS sebagai pasangan kamera Micro Four Thirds Anda. Rentang fokus yang setara 24-120mm dengan aperture F2.8-4 serta desain yang solid membuat lensa ini sangat sempurna menemani perjalanan traveling.

Panasonic Leica DG 12-60mm F2.8-4 ASPH Power OIS

Lensa ini sangat sempurna menemani perjalanan traveling Anda

Panasonic 12-60mm F2.8-4 dilengkapi image stabilization membantu meminimalisir tampilan goyang yang mungkin terjadi saat pengambilan gambar dengan cepat. Juga, menggunakan empat elemen asferis dan dua elemen dispersi ekstra-rendah untuk memberikan kualitas gambar yang tajam dan terkoreksi dengan baik, yang tidak memiliki warna dan distorsi. Untuk harganya, Panasonic Leica DG 12-60mm F2.8-4 ASPH Power OIS dijual mulai Rp 12 juta.

Di rentang harga yang sama, Anda juga bisa mendapatkan Olympus M. Zuiko Digital ED 12-200mm F3.5-6.3 dengan focal length yang jauh lebih panjang, setara 24-400mm.

Bagaimana, sudahkah memilih lensa mana yang paling cocok dipasangkan dengan kamera Micro Four Thirds kesayangan Anda?

Jajaran Lensa Terbaik untuk Kamera Micro Four Thirds (MFT) | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply