5 Cara Menghasilkan Food Fotography Yang Kece Badai Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

5 Cara Menghasilkan Food Fotography Yang Kece Badai

Monday, July 8th, 2019 | Tips

KameraDigital.Co.Id, 5 Cara Menghasilkan Food Fotography Yang Kece Badai – Anda senang memotret makanan untuk diunggah ke media sosial, tapi tidak tahu bagaimana caranya menghasilkan foto yang bagus ? Tenang, berikut ini akan dibahas Cara Menghasilkan Food Fotography Yang Kece.

5 Cara Menghasilkan Food Fotography Yang Kece Bak Fotografer Profesional

Memperdalam kemampuan memotret dengan mempraktikkan trik – trik tertentu akan membantu anda mendapatkan hasil jepretan yang bagus. Mempelajari trik – trik fotografi bukan hanya tugas seorang fotografer profesional lho, melainkan juga sudah jadi kebutuhan para pengusaha kuliner.

Di era digital ini, pengusaha yang menjalankan bisnis di bidang kuliner lebih banyak melakukan promosi di media sosial. Hal tersebut pula yang turut mendorong munculnya tren food fotography di kalangan pengusaha.

Kendati pun demikian, food fotography tidak hanya jadi hobi baru bagi pengusaha kuliner, melainkan juga jadi bidang yang harus digeluti secara serius ke depannya.

Cara Menghasilkan Food Fotography Yang Kece Badai

Food Fotography tidak selalu membutuhkan peralatan yang mahal, Kamera Ponsel pun dapat digunakan dan menghasilkan food fotography yang berkualitas

Bila tidak digeluti secara serius, maka aktivitas tersebut tidak bisa dikategorikan sebagai food fotography, melainkan lebih kepada snapshot, yakni aktivitas memotret yang dilakukan tanpa persiapan khusus sebelumnya.

Hal ini tentu berbeda dengan food fotography yang dalam pelaksanaannya jauh lebih rumit dan membutuhkan banyak persiapan. Meski demikian, anda tidak harus menggunakan peralatan yang mahal, kok. Berbekal kamera ponsel sederhana, anda sudah bisa menghasilkan food fotography yang keren. Seperti apa caranya ?

Untuk mengetahui lebih jauh, berikut ini akan dibahas secara lengkap Cara Menghasilkan Food Fotography Yang Kece tanpa menggunakan kamera mahal.

Beri Alas Untuk Tempat Meletakkan Piring

Melapisi bagian bawah piring dengan perkamen atau kertas roti dapat membantu menambah daya tarik visual dan membiaskan garis piring. Selain dapat menghasilkan “panorama” yang lebih bagus, pemberian alas pada piring juga dapat memberikan kesan rapi dan bersih pada makanan yang difoto.

Alas tersebut bisa berupa lembar kain, papan kayu, atau bahkan helaian kertas. Sebenarnya, sejak food fotography jadi kebiasaan banyak orang, alas piring mulai banyak diproduksi dan dijual di supermarket – supermarket ternama hingga di toko – toko biasa.

Cara Menghasilkan Food Fotography Yang Kece

Lapisi bawah piring dengan perkamen akan menambah daya tarik visual

Namun, karena harganya terbilang cukup mahal, maka lebih baik anda membuatnya sendiri dengan memanfaatkan bahan – bahan yang sudah ada. Anda bisa memanfaatkan kertas koran, majalah atau lembar ujian yang sudah tidak dipakai lagi.

Hal tersebut tentu dapat membuat food fotography anda kian unik dan mudah dikenali. Setidaknya, cara ini akan membuat hasil fotonya terlihat beda dari yang lain.

Buat Kesan Kontras Yang Kuat

Menata hidangan yang warnanya pucat terang di atas piring yang diletakkan di atas meja berwarna gelap akan menimbulkan efek kontras yang kuat. Efek tersebut secara tidak langsung akan membuat orang lebih fokus pada hidangan di dalam foto, dan bukan pada hal lainnya.

Bandingkan jika anda meletakkan piring yang berisi hidangan berwarna terang di atas meja bermotif. Bukannya membuat hidangan terlihat indah, hal tersebut justru membuat tampilan hidangan menjadi kurang menarik karena menyatu dengan motif meja disekitarnya.

Cobalah bermain dengan complementary color yang memadupadankan antara warna – warna yang saling kontras. Selain memerhatikan soal pemilihan warna, anda juga perlu memperhatikan kapan waktu terbaik untuk memulai pemotretan.

Cara Menghasilkan Food Fotography Yang Kece

Bermain dengan complementary color

Misalnya saja pada hidangan tumisan. Hidangan tumisan akan menampilkan warna terbaiknya ketika dimasak setengah matang. Tumisan yang dimasak setengah matang akan terlihat segar dan berseri. Anda juga bisa mengolesinya dengan minyak zaitun terlebih dahulu untuk membuat tampilannya lebih mengkilap.

Sementara, untuk gorengan, anda bisa bereksperimen dengan saus maupun sambal untuk membuat tampilannya lebih fotogenik. Bisa juga dengan menambahkan daun mint atau yang lainnya untuk menambah kesan eyecatching.

Nggak Perlu Rapi – Rapi Banget

Biarkan makanan yang telah disusun tumpah dengan sendirinya. Membuatnya terlihat sedikit berantakan akan membantu meningkatkan daya tarik dan nilai estetika pada makanan itu sendiri. Dengan demikian, foto akan terlihat lebih hidup dan menarik.

Namun, biarkan hal tersebut terjadi secara alami, ya. Jika anda sengaja membuatnya berantakan, hal itu justru akan membuat tampilannya nggak segar dan malah terkesan maksa.

Cara Menghasilkan Food Fotography Yang Kece

Tampilannya ga perlu rapi-rapi amat

Selain itu, makanan yang kelihatan “berantakan” juga lebih menggoda ketimbang makanan yang disusun terlalu rapi. Tak jarang, trik ini banyak digunakan oleh pengusaha untuk menggaet calon pembeli.

Meski demikian, anda perlu mengetahui makanan apa saja yang cocok dibuat “berantakan” dan apa saja yang tidak. Beberapa makanan yang cocok dibuat berantakan ialah burger, pizza, dan aneka junk food lainnya.

Sementara untuk spaghetti, steak, bakso, udang goreng, dan yang lainnya akan lebih cantik bila tetap dihadirkan dalam nuansa yang tertata rapi.

Tangkap Faktor Kelezatan

Apa yang membuat suatu hidangan terlihat lezat dan istimewa ? Cokelat, krim, madu, atau yang lainnya?

Apapun itu, tangkaplah kelezatan itu dalam lensa kamera anda. Menyoroti kelebihan atau keunikan hidangan adalah salah satu tips jitu untuk mendapatkan foto kuliner yang kece badai.

Tangkaplah kelezatan itu dalam lensa kamera anda

Misalnya saja pada ayam panggang. Apa yang membuat hidangan ayam panggang terlihat menggoda? Warna cokelat keemasan yang bersanding dengan sambal merah merona, kah?

Jika anda sudah tahu jawabannya, segera cari sudut pandang yang tepat untuk memulai pemotretan. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan soal pencahayaan agar tampilan makanan menjadi lebih segar.

Poles Kembali Hasil Jepretan Anda

Cara Menghasilkan Food Fotography Yang Kece berikutnya dilakukan dengan cara mengedit foto. Jika anda sudah mencoba cara di atas dan hasilnya masih kurang maksimal, tak ada salahnya jika anda melakukan perbaikan pada foto yang sudah jadi.

Dalam mengedit foto, penting bagi anda memahami teknik – teknik pengeditan yang tepat agar foto terlihat lebih bagus. Namun, jika anda kurang menguasai hal tersebut, maka anda bisa mulai mempelajarinya.

Mengapa perlu belajar? Karena hal tersebut bisa mempermudah pekerjaan anda. Dengan mempelajari ilmu komposisi, anda akan belajar mencari perspektif yang tepat, menentukan background dan foreground, menggunakan framing, dimensi, dan panning.

Edit foto

Dalam mengedit foto, penting bagi anda memahami teknik – teknik pengeditan yang tepat agar foto terlihat lebih bagus

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit hasil foto makanan, misalnya saja aplikasi Foodie, VSCO, Adobe Photoshop, Lightroom Present, Facetune, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Aplikasi Рaplikasi tersebut dapat anda gunakan untuk mengatur pencahayaan foto yang sebelumnya tidak natural atau terlalu minim.  Selain mengatur pencahayaan, anda juga bisa menggunakan aplikasi editing tersebut untuk memperkaya warna supaya terlihat lebih menarik. Perlu diketahui bahwa kekuatan makanan tidak hanya terletak pada rasa yang lezat lho, namun juga warna yang indah.

Itulah 5 Cara Menghasilkan Food Fotography Yang Kece tanpa menggunakan kamera mahal. Anda bisa mempraktekkan tips – tips di atas menggunakan kamera ponsel biasa atau kamera digital sederhana.

Selamat mencoba!

5 Cara Menghasilkan Food Fotography Yang Kece Badai | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply