Arti Kode Lensa Sony, Kamu wajib tahu sebelum beli Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Arti Kode Lensa Sony, Kamu wajib tahu sebelum beli

Tuesday, July 2nd, 2019 | Lensa, Sony, Tips

KameraDigital.Co.Id, Sebelum Beli, Pahami Dulu Arti Kode Lensa Sony – Sony adalah salah satu pabrikan kamera yang sudah diakui kualitasnya khususnya bagi mereka yang gemar di bidang fotografi. Lensa kamera berkualitas yang terdiri dari berbagai jenis itu membuat Anda sebaiknya harus mengenal arti kode lensa Sony. Ya, perlu diketahui, bahwa lensa kamera Sony memang memiliki kode masing-masing. Maka dari itu sangat disarankan jika Anda ingin membeli kamera atau lensa kamera buatan Sony, Anda mempelajari kode-kode yang disematkan Sony ke berbagai lensa besutannya tersebut.

Jenis dan arti kode lensa Sony

Jenis dan arti kode lensa Sony

Arti Kode Lensa Sony yang Harus Diketahui

Nah, sekarang saatnya Anda perlu mengetahui apa saja kode lensa kamera buatan Sony. Lensa Sony ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu kode lensa berdasarkan kelas dan teknologi serta kode lensa berdasarkan tipenya. Tidak perlu berpanjang lebar lagi, berikut ini akan dijelaskan secara detail apa saja arti kode lensa Sony yang perlu Anda ketahui:

Arti Kode Lensa Sony Berdasarkan Kelas dan Teknologi

Jika Anda memperhatikan bahwa sebenarnya produk kamera buatan pabrikan lain, misalnya seperti Canon juga memiliki sejumlah seri, sebut saja seperti L series yang diberi tanda dengan gelang merah. Nah, pada kamera Sony ini Anda juga akan menemukan sejumlah kode yang biasanya terdiri dari 1 hingga 3 huruf, diantaranya seperti berikut ini:

T

Kode lensa T pada kamera buatan Sony ini memiliki makna bahwa lensa dengan kode T merupakan lensa yang menggunakan coating khusus yang berasal dari Zeiss. Tujuan digunakannya coating khusus pada lensa berkode T ini adalah untuk menangkal terjadinya ghosting dan flare ketika kamera digunakan untuk memotret suatu objek.

 

PZ

Arti kode lensa Sony PZ itu bermakna Power Zoom, itu artinya kode tersebut menunjukkan bahwa lensa kamera bisa digunakan untuk melakukan zoom in ataupun zoom out secara langsung melalui kamera. Dengan adanya lensa berkode PZ ini maka proses zooming pun menjadi lebih halus sehingga hasil fotonya pun terlihat lebih jernih, apalagi jika kamera dengan lensa PZ itu digunakan untuk merekam video.

Arti kode lensa Sony

Lensa Sony PZ atau Power Zoom

ED

Kode ED adalah singkatan dari Extra Low Dispersion yang berarti bahwa kamera tersebut dilengkapi dengan elemen yang dapat mengatasi lensa yang memiliki kekurangan di sektor abrasi kromatik. Selain itu, tersedia pula lensa dengan kode Super ED yang berarti bahwa elemen ED yang disematkan pada lensa tersebut lebih baik dalam menangkal faktor kekurangannya itu.

 

OSS

Lensa berkode OSS adalah singkatan dari Optical Steady Shot yang mana lensa tersebut mampu menstabilkan getaran sehingga lensa tersebut mampu menggunakan shutter speed dengan kecepatan rendah yang akan menghasilkan foto yang tetap tajam tanpa blur.

SAM

SAM adalah kode lensa kamera yang merupakan singkatan dari Smooth Autofocus Motor. Kode ini merupakan tanda bahwa pada lensa tersebut dilengkapi dengan motor fokus yang lebih tegas dan halus.

SSM

SSM merupakan singkatan dari Super Sonic Motor yang berarti pada kamera dengan lensa tersebut memiliki motor fokus ultrasonic terbaik atau dengan kata lain lensa yang disematkan dalam kamera tersebut sangat berkualitas. Selain itu, kamera dengan lensa SSM juga berarti bahwa kecepatan fokus yang dimiliki kamera tersebut sangat luar biasa.

ZA

Kode lensa ZA pada kamera Sony merupakan kode yang berarti bahwa kamera tersebut adalah seri dari hasil kerjasama antara Sony dengan Zeiss, yang mana membuat lensa kamera tersebut memiliki kualitas tinggi dan sangat tajam.

G

Arti kode lensa Sony dengan lambang huruf G adalah Gold Series. Kode tersebut bermakna bahwa kamera Sony yang dilengkapi dengan lensa G adalah kamera dengan lensa terbaik atau dengan kata lain kualitasnya tergolong high class.  Jika lensa tersebut digunakan untuk memotret, maka hasil fotonya akan terlihat sangat tajam, maka tidak heran jika kamera berlensa G akan dijual dengan harga yang sangat mahal.

Arti kode lensa Sony

Lensa G atau Gold adalah lensa terbaik Sony

GM

GM merupakan kode lensa singkatan dari Gold Master. Kamera yang menggunakan lensa GM ini memang levelnya ada di bawah Gold Series, namun tetap saja, lensa GM yang diproduksi sejak 2016 ini termasuk seri yang paling canggih dan biasanya hanya digunakan oleh para fotografer profesional. Lensa ini akan menghasilkan foto yang sangat tajam jika disematkan dalam kamera beresolusi tinggi.

Arti Kode Lensa Sony Berdasarkan Tipe Kelas

Selain dibedakan berdasarkan kelas dan teknologi, arti kode lensa Sony juga ada yang dibedakan berdasarkan tipe kelas, diantaranya seperti berikut ini:

DT

DT adalah singkatan dari Digital Technology yang berarti lensa kamera tersebut adalah lensa yang dibuat sesuai dengan desain APS C atau dikenal pula dengan istilah crop sensor.

SEL

Kode lensa Sony yang satu ini hanya digunakan pada kamera jenis E-Mount atau mirrorless. Lensa berkode SEL ini tersedia untuk tipe kamera full frame dan juga APS C. Dalam penulisannya, biasanya SEL akan digabung dengan jenis kamera dan ukuran lensa, misalnya seperti SEL55210 yang berarti lensa berkode SEL dengan ukuran lensa 210mm yang disematkan pada kamera Sony E55

SAL

SAL merupakan singkatan dari Sony Autofocus atau bisa juga berarti Sony Alpha Lens. Lensa berkode SAL ini biasanya hanya disematkan pada kamera jenis A-Mount

E

Kode lensa Sony yang satu ini khusus disematkan dalam kamera bersensor tipe APS C. Sensor kamera yang kecil membuat ukuran lensa ini juga berbentuk kecil dan harganya pun terbilang lebih murah dibanding jenis lensa Sony lainnya.

Arti Kode Lensa Sony

Lensa type E memiliki Sensor kamera yang kecil

FE

Kebalikan dari lensa E yang disematkan pada kamera bersensor kecil tipe APS C, lensa berkode FE ini disematkan pada kamera bersensor full frame dengan diameter ukuran yang lebih besar dan harganya pun lebih mahal.

Lensa FE adalah Lensa Sony bersensor full frame

Lensa FE adalah Lensa Sony bersensor full frame

Itulah beberapa arti kode lensa Sony yang perlu Anda ketahui, selain itu, Anda juga sebaiknya perlu mengetahui apa saja keunggulan kamera Sony sehingga produk kamera buatan pabrikan ini layak untuk dijadikan sebagai pilihan utama ketika Anda ingin membeli kamera berkualitas.

Setidaknya ada 3 aspek utama yang bisa dibilang sebagai keunggulan kamera Sony, yaitu fitur autofocus yang selalu meningkat performa dan kualitasnya, sehingga Anda bisa memotret sebuah objek yang bergerak cepat dengan lebih mudah, selain itu kualitas gambar juga tetap tajam walaupun foto diambil dari dalam sebuah ruangan.

Sementara itu, aspek kedua adalah viewfinder yang berfungsi dengan baik, dan aspek yang ketiga tentunya berkaitan dengan lensa, sebab Sony sudah menyematkan lensa berkualitas terbaik dalam semua produk kamera buatannya, oleh sebab itu, tanpa lensa tambahan pun dan hanya membutuhkan sedikit pengaturan tertentu, misalnya menggunakan fitur digital zoom dan clear image zoom maka hasil foto yang diambil dari kamera Sony akan terlihat tajam dan mengesankan.

Arti Kode Lensa Sony, Kamu wajib tahu sebelum beli | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply