Canon M200 vs Canon M100 Mana yang Lebih Jumawa? Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Canon M200 vs Canon M100 Mana yang Lebih Jumawa?

Friday, June 5th, 2020 | Canon, Mirrorless, Versus

KameraDigital.Co.Id, Canon M200 vs Canon M100 Mana yang Lebih Jumawa? – Dunia fotografi sedang naik daun dalam beberapa dekade terakhir. Hal ini kemudian dijadikan sebagai peluang oleh para produsen kamera untuk memproduksi, memperkenalkan dan mempromosikan kamera andalan mereka. Salah satunya adalah Canon.

Sebagai salah satu produsen kamera ternama, Canon cukup rajin dalam memperkenalkan produk andalan mereka. Salah satu produk yang menjadi andalan mereka adalah Canon EOS M100 dan Canon EOS M200.

Sejatinya, Canon EOS M200 merupakan kamera mirrorless penerus dari Canon EOS M100. Lantas, siapa yang menghasilkan kualitas kamera yang lebih baik? Berikut ulasan perbandingan Canon M200 vs Canon M100.

Perbandingan Kualitas Canon M200 vs Canon M100

Dalam melakukan perbandingan kedua kamera, perlu dibagi ke dalam beberapa kategori. Hal ini agar memudahkan dalam proses penilaian keunggulan dan kekurangan dari masing-masing kamera.

1. Kamera Penerus

Baik Canon EOS M100 maupun Canon EOS M200 merupakan sama-sama kamera mirrorless penerus dari generasi sebelumnya.

Canon M100 merupakan kamera penerus dari Canon M10. Sedangkan Canon M200 merupakan kamera penerus dari Canon M200.

Keduanya memiliki tahun rilis yang berbeda. Canon M100 dirilis pada kuartal ketiga tahun 2017 sedangkan Canon M200 dirilis pada kuartal kedua 2019. Kedua kamera merupakan kamera mirrorless entry level.

2. Body yang Ringkas

Kedua kamera mirrorles tersebut mengusung konsep body yang ringkas. Keduanya bahkan bisa dibilang merupakan versi teringkas dari keluarga EOS M.

Untuk Canon M100, kamera ini memiliki ukuran 108 x 67 x 35 mm dan dengan berat 302 gram. Canon M200 memiliki berat yang lebih ringan, yaitu 299 gram dengan ukuran yang sama persis.

Dalam perilisan kedua kamera tersebut, pihak Canon memang mengatakan bahwa kedua kamera memang dibuat untuk mobilitas yang tinggi sehingga ukurannya sangat pas dan nyaman ketika dibawa kemanapun.

Ukurannya yang kompak membuat keduanya pas dimasukan ke dalam tas. Namun, tentu saja tidak bisa dimasukan ke dalam saku baju atau celana, ya.

3. Resolusi Kamera

Untuk resolusi kamera, baik Canon M100 maupun Canon M200 memiliki resolusi yang sama, yaitu 24 MP dengan sensor APS-C CMOS. Besaran ISO (International Standards Organization) pun sama di kedua kamera mirrorless tersebut, yaitu 100 sampai dengan 25600.

4. Jumlah Focus Point

Untuk jumlah focus point, terdapat perbedaan yang signifikan antara Canon M100 dan Canon M200. Canon M200 mampu menghasilkan focus point sebanyak 143 focus point sedangkan Canon M100 hanya menghasilkan 49 focus point.

Hal ini tentu saja berakibat pada kualitas foto yang dihasilkan meskipun menggunakan resolusi dan sensor yang sama. Dalam hal ini, Canon M200 unggul dibandingkan Canon M100.

5. Daya Tahan Batere

Untuk masalah ketahanan daya, keduanya memiliki tingkatan ketahanan yang berbeda. Dalam sekali pengisian daya, Canon M100 hanya mampu bertahan dalam 295 shot sedangkan Canon M200 mampu bertahan sebanyak 315 shot untuk sekali pengisian daya. Lagi-lagi, dalam hal ketahanan daya, Canon M200 lebih unggul dari pendahulunya.

Ketahanan daya sesungguhnya merupakan masalah klasik yang dihadapi oleh hampir semua kamera mirrorless. Untuk menyiasati hal ini, anda bisa membeli baterai cadangan sehingga pengalaman fotografi anda tidak akan terganggu dengan masalah ketahanan daya.

6. Resolusi Video

Perbandingan Canon M200 vs Canon M100 selanjutnya adalah dalam hal resolusi video yang dihasilkan. Meskipun keduanya memiliki resolusi kamera dan sensor yang sama persis. Namun, Canon menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal resolusi video.

Canon menyatakan bahwa Canon M200 menggunakan resolusi video yang jauh lebih tinggi, yaitu 3840 x 2160. Sedangkan Canon M100 hanya menggunakan resolusi 1920 x 1080. Bagi anda yang suka berlibur dan menggunakan video untuk mengabadikan momen liburan anda, Canon M200 tentu merupakan pilihan yang tepat.

7. Bit rate pada video

Selanjutnya adalah bitrate yang dihasilkan saat merekam video. Perbedaan bit rate antara Canon M100 dan Canon M200 cukup signifikan. Canon M100 memiliki bit rate hanya 30 mbps sedangkan Canon M200 mampu menghasilkan video dengan bit rate 120 mbps.

Baik Canon M100 maupun Canon M200 juga telah dilengkapi dengan digital video stabilization sehingga keduanya dapat menghasilkan video yang lebih smooth dan halus meskipun banyak goncangan dan getaran.

8. Ukuran Layar yang Sama

Keduanya dilengkapi dengan layar berukuran 3 inchi. Layar pada kedua kamera sudah dilengkapi dengan teknologi layar sentuh atau touch screen.

Keduanya pun memiliki layar dengan resolusi yang sama, yaitu 1040k dots. Layar pada kedua kamera bisa diputar 180 derajat. Hal ini sangat membantu bagi anda yang suka melakukan swafoto atau foto bersama dengan teman, kolega atau keluarga selama liburan.

9. Konektivitas Lengkap

Kedua kamera mirrorles dilengkapi dengan konektivitas yang lengkap seperti bluetooth, NFC dan wifi. Konektivitas memudahkan anda untuk mentransfer hasil foto ke perangkat lain seperti laptop maupun ponsel anda.

10. Nihil Image Stabilization

Karena mengusung entry level, keduanya pun memiliki fitur yang terbatas. Keduanya tidak dilengkapi dengan Image Stabilization. Selain itu, keduanya pun tidak memiliki A/E Bracketing sehingga kedua kamera mirrorless ini tidak cocok untuk melakukan multi-exposure HDR.

Keduanya pun tidak memiliki support untuk flash eksternal. Hal ini menyulitkan anda yang hendak memasang flash eksternal karena kemampuan flash internal kurang memadai.

11. Tidak untuk Aktivitas Ekstrem

Canon berpendapat bahwa baik Canon M100 maupun Canon M200 tidak diciptakan dari bahan environmental sealing sehingga keduanya tidak cocok untuk digunakan untuk aktivitas ekstrim.

Meskipun body kedua kamera mirrorles tersebut sangat kompak dan enak digenggam, namun kedua kamera tersebut sangat berisiko saat digunakan untuk aktivitas ekstrem seperti hiking, diving, snorkeling, dan lainnya. materialnya pun tidak dibuat untuk tahan air sehingga anda harus berhati-hati menggunakannnya pada saat hujan. Jangan sampai air hujan atau panas berlebih dari sinar matahari langsung merusak komponen kamera.

12. Harga

Pada saat pertama kali rilis, keduanya memiliki harga yang berbeda. Canon M100 pertama kali rilis tahun 2017 dan dibanderol dengan harga Rp5,9 juta dan sudah termasuk lensa kits sedangkan Canon M200 pertama kali rilis tahun 2019 dibanderol dengan harga Rp8,8 juta

Demikian perbandingan Canon M200 vs Canon M100. Sebelum anda memilih di antara kedua kamera mirrorless di atas, pastikan anda sudah membaca perbandingan di atas. Pastikan juga bahwa anda membelinya sesuai kebutuhan anda.

Kedua kamera mirrorless di atas menyasar entry level, artinya bagi anda yang baru berkecimpung di dunia fotografi, keduanya merupakan pilihan yang tepat.

Dalam beberapa aspek, Canon M200 memang lebih unggul. Namun, secara general, keduanya terlihat sama. Sensor kamera yang digunakan pun sama persis. Ada baiknya lagi, sebelum anda membeli kamera mirrorless di atas, anda bisa melakukan konsultasi kepada komunitas pecinta fotografi yang ada di kota anda sehingga anda dapat mendapatkan banyak informasi mengenai jenis kamera mirrorless mana yang lebih baik anda pilih.

Tag :

canon m200 vs m100,generasi selanjutnya canon m100,Perbandingan canon m100 sama canon m200
Canon M200 vs Canon M100 Mana yang Lebih Jumawa? | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply