Memahami Mode Exposure Auto P, S, A, M di Kamera Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Memahami Mode Exposure Auto P, S, A, M di Kamera

Sunday, June 30th, 2019 | Kamera digital, Tips

KameraDigital.Co.Id, Memahami Mode Exposure Auto P, S, A, M di Kamera – Mode Exposure Auto, P, S, A, M di kamera menjadi salah satu yang dicari-cari untuk lebih mengetahui tombol-tombol yang dapat mengubah mode kamera serta melakukan pengaturan tentang bagaimana kamera dapat beroperasi.

Hal-Hal Apa Saja yang Perlu Diketahui Sebelum Mengetahui Mode Exposure Auto, P, S, A, M?

Sebagai dasarnya, sebelum kita terjun lebih dalam mengenai beberapa mode Exposurenya, Anda perlu tahu terlebih dahulu bahwa sebenarnya memahami mode Exposure juga biasanya perlu dimiliki oleh para pemilik semua kamera digital. Entah itu mirrorless, pocket, ataupun jenis DSLR. Dalam semua jenis kamera digital tersebut biasanya terdapat preset yang memiliki bentuk seperti roda dan berguna untuk mengatur mode operasi pengambilan suatu exposure yang terdapat pada kamera.

Dan pada umumnya, preset yang memiliki bentuk seperti roda ini biasanya terletak di bagian atas pada suatu kamera. Dan secara umum pula, preset berbentuk roda yang ada di kamera ini terdiri dari beberapa macam seperti Auto, Program (P), Aperture Priority (Av), Shutter Priority (Tv), Manual (M), serta Bulb (B).

Perlu Anda ketahui pula. Terdapat beberapa kamera yang menerapkannya dalam sebuah kode. Seperti Sony dan Nikon yang menggunakan S dan A. Sementara Pentax dan Canon menggunakan kode Tv serta Av. Dan mungkin, yang menjadi pertanyaannya adalah, apa bedanya?

Memahami Mode Exposure

Perbedaan Tombol Canon dan Nikon

Sebenarnya kedua hal tersebut merupakan suatu kode yang sama. Namun, hanya memiliki perbedaan pada kode atau pada simbol-simbol yang tertera saja.

Dan perlu Anda ketahui pula, kode-kode tersebut merupakan beberapa kode yang memiliki singkatan seperti P untuk mode program, Auto untuk otomatis, M untuk mode manual, A atau Av untuk mode aperture priority, S atau Tv untuk mode shutter priority, dan yang terakhir terdapat Scene, merupakan suatu mode otomatis yang disesuaikan dengan tipikal objek yang akan difoto.

Memahami Mode Exposure Auto P, S, A, M di Kamera

Memahami Mode Exposure Auto P, S, A, M di Kamera

Terdapatnya perbedaan, maka akan menimbulkan pula pengaruh masing-masing mode. Misalnya mengenai tentang bagaimana aperture, ISO, shutter speed yang bekerja untuk bagaimana mode-mode tersebut dapat memperoleh Exposure yang cukup tepat meskipun difungsikan secara manual maupun difungsikan secara otomatis.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana Anda memahami Mode Exposure Auto, P, S, A, M di kamera yang lebih menekankan pada apa sebenarnya mode-mode Exposure tersebut, dan apa fungsi masing-masing dari mode Exposure tersebut.

Dan untuk Anda yang sudah tidak sabar ingin mengetahuinya, tetaplah menyimak beberapa ulasan yang ada di artikel berikut.

Penjelasan Mengenai Mode Exposure Auto, P, S, A, M di kamera

Setelah mengetahui sekilas mengenai mode Exposure atau mode dial yang ada di kamera, maka selanjutnya kita akan masuk pada bagian yang lebih rinci lagi, yakni memahami mode exposure dan cara penggunaannya.

Memahami Mode Exposure

Segitiga Pengaturan Exposure

Mode Exposure Auto

Auto atau otomatis merupakan mode Exposure yang dilambangkan dengan simbol kotak hijau. Dan mode ini merupakan mode yang sangat sederhana karena hanya membiarkan kamera mengatur seluruh setting untuk mendapatkan hasil foto dengan Exposure yang normal seperti warna naturalnya.

Mode Exposure P (Program)

Mode Exposure yang pertama yang akan kita bahas adalah mode Exposure P. Di mana mode Exposure yang satu ini merupakan suatu salah satu mode pada kamera dengan kemampuannya menentukan besaran shutter speed dan aperture. Meskipun demikian, Anda masih dapat mengubah kombinasi jenis ini serta memilih besaran ISOnya.

Dan perlu Anda ketahui juga, bahwa pada mode Exposure jenis Program, kamera yang digunakan akan berusaha menyeimbangkan antara shutter speed dengan aperture tadi, dengan tujuan utama supaya mendapatkan hasil atau mendapatkan foto yang normal.

Nah, untuk mengubah pengaturan pada mode ini, Anda tinggal memutar roda dial ke arah kiri saja. Karena dengan langkah tersebut, maka kamera akan diperintah untuk memperlambat shutter speed dan memperbesar angka aperture atau dapat diartikan dengan istilah bukaan lensa yang semakin kecil.

Sedangkan dalam penggunaan pada kamera sendiri, memiliki perbedaan. Seperti program shift yang terdapat pada Canon 60D. Pada kamera tipe ini, Anda dapat menggunakan kode tersebut dengan menekan shutter setengahnya saja. Dan selanjutnya, Anda perlu memutar tombol main dial. Di mana tombol main dial tersebut merupakan tombol yang berada pada sisi belakang kamera.

Mode Exposure S (Shutter)

Untuk mode Exposure S atau shutter, juga memiliki istilah kata Tv atau sepadan dengan kata Shutter Speed Priority.

Keduanya sama saja. Namun, biasanya kode tersebut berbeda tergantung pada kamera apa kode-kode tersebut menempel. Seperti halnya pada kamera Nikon dan Sony. Mode shutter speed priority biasanya disimbolkan dengan huruf S. Sedangkan untuk kamera jenis Canon dan Pentax, modeshutter speed prioritynya menggunakan simbol Tv.

Lantas, apa fungsi dari mode yang satu ini?

Mode Exposure auto S memberikan keleluasaan untuk mengatur beberapa shutter speed yang mungkin Anda inginkan. Dan untuk setelahnya, biarkan kamera yang akan mengatur semuanya berdasarkan kondisi cahaya yang terdapat di lokasi pemotretan. Sebagai contohnya, jika Anda hendak memotret suatu objek yang diam. Minimal yang harus Anda butuhkan adalah sebuah kecepatan yang dapat membuat foto atau gambar tidak goyang yang mengakibatkan hasil foto menjadi blur. Dan untuk setelahnya, baru Anda biarkan si kamera mengatur sendiri secara otomatis.

Biasanya, untuk objek dalam keadaan diam, Anda dapat mengatur kecepatan hingga 1/60 s. Namun, jika ingin memfokuskan suatu objek yang bergerak, maka Anda harus memiliki kecepatan yang lebih tinggi lagi. Misalnya setara dengan 1/250 s. Sedangkan jika foto blur yang Anda inginkan, maka kecepatan yang harus Anda miliki harus lebih rendah dan biasanya setara dengan 1/10 s.

Mode Exposure A (A)

Mode yang satu ini juga sering dikatakan dengan Av atau Aperture Priority. Dan lagi-lagi, mode tersebut hanya memiliki perbedaan pada kamera apa yang menggunakannya. Seperti A pada kamera jenis Sony dan Nikon. Sedangkan Av untuk kamera jenis Canon dan Pentax.

Berbeda dengan mode Shutter Priority, untuk mode Aperture Priority lebih memberikan keleluasaan untuk mengatur berapa aperture atau bukaan lensa yang Anda inginkan. Dan lagi-lagi untuk sisanya, serahkan pada kamera yang akan mengaturnya. Disesuaikan dengan kondisi cahaya yang ada di lokasi pemotretan.

Dengan mode yang satu ini pula, Anda dapat memiliki control secara penuh terhadap depth of field atau dapat diartikan sebagai ruang tajam pada suatu foto. Kenapa demikian?

Hal tersebut dikarenakan Anda dapat menaikkan maupun menurunkan bukaan lensa tanpa perlu memperhatikan pengaturan-pengaturan lainnya.

Mode Exposure M (Manual)

Semua mode Exposure Auto, P, S, A, M di kamera memiliki peran masing-masing dan kepentingan masing-masing pula. Untuk mode manual, Anda diharuskan untuk mengatur aperture, shutter speed, dan ISO secara manual sesuai nama modenya. Dan untuk kameranya sendiri, hanya melakukan pengukuran cahaya lewat skala metering saja tidak lebih.

Kesimpulan dari Mode Exposure Auto, P, S, A, M di kamera

Intinya, entah mode apa yang terdapat pada kamera yang Anda gunakan, pastinya dapat diperankan sesuai dengan fungsinya masing-masing jika Anda telah mengetahuinya. Maka, setelah membaca ulasan di atas, diharapkan mampu membuat Anda dapat Memahami Mode Exposure dan menerapkan sesuai dengan fungsi masing-masing mode Exposure tersebut. Semoga bermanfaat…

Memahami Mode Exposure Auto P, S, A, M di Kamera | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply