5 Cara Menghasilkan Uang Melalui Fotografi Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

5 Cara Menghasilkan Uang Melalui Fotografi

Sunday, June 23rd, 2019 | Kamera digital, Tips

KameraDigital.Co.Id, 5 Cara Menghasilkan Uang Melalui Fotografi – Berkat adanya berbagai teknologi modern yang semakin hari semakin canggih, maka bidang fotografi pun jadi lebih bersahabat untuk semua kalangan. Hal tersebut juga berlaku pada semakin mudahnya cara menghasilkan uang melalui fotografi, sebab semua kalangan tanpa memperhitungkan pendidikan formal ataupun usia, Anda dapat semakin mudah mengasah kemampuan fotografi, sekaligus meningkatkan penghasilan lewat jalur tersebut.

Peluang Menghasilkan Uang Melalui Fotografi

Teknologi yang semakin modern berpengaruh pula pada hadirnya berbagai produk kamera digital yang ditawarkan di pasaran dengan beragam model, fitur dan keunggulan, mulai dari kamera DSLR yang biasanya digunakan para fotografer profesional hingga kamera mirrorless yang biasanya digunakan oleh para fotografer pemula dan bahkan kamera smartphone pun kini semakin canggih berkat hadirnya berbagai jenis teknologi berkaitan dengan fotografi yang semakin hari semakin mengagumkan kecanggihannya.

Oleh sebab itu, tidak mengherankan, jika saat ini, fotografi bukan hanya asyik untuk dijadikan sebagai hobi semata, namun juga dapat ditingkatkan sebagai peluang menghasilkan uang, baik itu sebagai profesi utama ataupun hanya pekerjaan sampingan yang mana digunakan untuk menambah penghasilan. Nah, berikut ini akan dijelaskan beberapa pilihan cara menghasilkan uang melalui fotografi yang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menambah penghasilan Anda.

5 Cara Menghasilkan Uang Melalui Fotografi

Menjadi Fotografer Dokumentasi

Salah satu cara menghasilkan uang melalui fotografi dapat dilakukan dengan menjadi fotografer dokumentasi acara yang digelar oleh berbagai perusahaan ataupun organisasi.

cara menghasilkan uang melalui fotografi

Menjadi fotografer dokumentasi

Jika Anda memutuskan mengambil pekerjaan sebagai fotografer dokumentasi sebuah acara perusahaan atau organisasi, maka pastikan bahwa cukup peka menangkap berbagai momen menarik sehingga nantinya hasil foto yang didapatkan pun akan penuh dengan berbagai komposisi foto yang menarik dan berkesan.

Menjual Stok Foto

Apakah Anda pernah menemukan sebuah foto dengan resolusi tinggi namun di foto itu ada watermarknya? Foto seperti itu dikenal dengan sebutan stock photo. Watermark yang pada foto tersebut adalah tanda hak  milik dari website stock photo itu. Jika ada orang yang tertarik untuk d******d foto tersebut tanpa watermark, maka orang tersebut terlebih dahulu harus mau membeli foto itu.

cara menghasilkan uang melalui fotografi

Menjual Stok Foto

Jadi, bisa disimpulkan bahwa jika Anda akan mendapatkan royalti dari foto yang didownload lewat situs stock photo. Ada berbagai jenis website stock photo yang bisa Anda jadikan sebagai tempat mencari penghasilan tambahan, diantaranya seperti Shutterstock, iStock, 123rf, Fotolia, Bigstock, 500px, dll.

Ada pula situs stock photo lokal yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan mengupload foto yaitu di ayofoto.com. Koleksi foto yang tersimpan dalam situs-situs stock photo tersebut juga sangat beraneka ragam, mulai dari foto arsitektur, ilustrasi, landscape hingga makhluk hidup bahkan makanan juga ada di berbagai website stock photo itu. Sementara itu, untuk sistem pembayarannya, biasanya ada dua jenis perhitungan yang berlaku yaitu, perhitungan harga foto setiap kali ada yang melakukan d******d atau sistem perhitungan dengan cara bagi hasil dan royalti.

Menjadi Second Shooter

Jika Anda masih termasuk fotografer pemula yang belum terlalu percaya diri untuk mengerjakan pekerjaan fotografi sebuah acara sendirian, maka Anda bisa menjadikan cara menghasilkan uang melalui fotografi dengan menjadi second shooter. Apa yang dimaksud dengan second shooter?

cara menghasilkan uang melalui fotografi

Menjadi Second Shooter

Sederhananya, istilah ini berarti fotografer pembantu dalam sebuah pekerjaan fotografi. Sebenarnya, pekerjaan ini sudah cukup umum, sebab cukup banyak fotografer yang membutuhkan rekan kerja untuk menyelesaikan sebuah project pemotretan apalagi yang skalanya cukup besar.

Namun, jika Anda memutuskan untuk menjadi second shooter maka biasanya penghasilannya tidak terlalu banyak, kecuali jika Anda memiliki banyak kenalan sesama fotografer sehingga Anda bisa lebih banyak mendapatkan pekerjaan menjadi second shooter.

Oleh sebab itu, perluas jaringan Anda khususnya yang berkaitan di dunia fotografi, salah satu caranya adalah masuk ke sebuah komunitas fotografer. Pekerjaan sebagai second shooter ini termasuk jenis peluang menghasilkan uang dari bidang fotografi yang cukup strategis, sebab bukan hanya penghasilan dalam bentuk uang yang akan Anda dapatkan, melainkan juga pengalaman dan jejaring dengan berbagai macam orang akan membuat Anda mendapatkan berbagai hal menarik yang mungkin bisa Anda manfaatkan di masa depan.

Menjadi Food Photographer

Jika Anda termasuk orang yang selain gemar memotret juga suka dengan makanan, apalagi Anda yang hobinya berkumpul bersama teman di restoran atau kafe, maka tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan berbagai foto menu. Nah, pengalaman seperti ini sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang melalui fotografi.

cara menghasilkan uang melalui fotografi

Menjadi Food Photographer

Bagaimana caranya? Anda bisa menawarkan diri untuk menjadi seorang food photographer ke berbagai kafe atau restoran yang masih baru. Satu hal yang harus dimiliki oleh seorang food photographer adalah Anda perlu meningkatkan referensi seputar makanan, agar karya-karya fotografi yang dihasilkan dapat membuat restoran atau kafe itu bisa menarik lebih banyak pelanggan, caranya adalah dengan memastikan bahwa berbagai contoh foto makanan yang Anda potret dan akan dipajang di sebuah menu restoran atau kafe  tersebut dapat menggugah selera makan orang yang melihatnya.

Menjadi Social Media Photographer

Saat ini semakin banyak perusahaan yang mulai memberi perhatian khusus untuk dapat lebih aktif di sosial media, khususnya Instagram. Oleh sebab itu, jika Anda cekatan, maka peluang ini bisa Anda jadikan sebagai cara menghasilkan uang melalui fotografi yang cukup menguntungkan. Caranya adalah dengan menjadi seorang social media photographer, yaitu seorang fotografer yang diberi imbalan dari karya-karyanya yang dipublikasikan melalui media sosial, khususnya Instagram.

Menjadi Social Media Photographer

Menjadi Social Media Photographer

Tentunya, karya-karya dalam bentuk foto yang Anda pajang di Instagram itu memiliki tujuan yang berkaitan dengan perusahaan yang akan membayar Anda. Saat ini sangat banyak perusahaan besar yang menggunakan jasa social media photographer guna mempromosikan berbagai produk mereka.

Sebenarnya jika berkaitan dengan pekerjaan social media photography sangat luas pasarnya, misalnya jika Anda tidak suka menghasilkan karya yang berkaitan dengan suatu produk tertentu dan Anda lebih gemar traveling, maka Anda bisa bekerjasama dengan sejumlah agen perjalanan yang seperti kita ketahui bersama sekarang semakin banyak jumlahnya di Indonesia.

Atau jika Anda lebih gemar memotret makanan, maka Anda bisa bekerja sama dengan restoran atau kafe, sedangkan bila Anda tertarik dengan properti maka Anda bisa mencoba bekerja sama dengan berbagai developer properti dan menghasilkan karya foto yang berkaitan dengan real estate photography. Pasar yang luas seperti itu tentu akan semakin memudahkan Anda menghasilkan pundi-pundi uang berlimpah melalui fotografi.

Satu hal yang perlu diketahui adalah jika Anda menjadi social media photographer maka semua karya foto yang Anda hasilkan tersebut harus Anda bagikan melalui media sosial contohnya seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lain sebagainya, jadi pastikan pula bahwa selain memiliki keahlian di bidang fotografi, Anda juga harus memiliki banyak followers di akun media sosial Anda.

5 Cara Menghasilkan Uang Melalui Fotografi | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply