15 Tips Cara merekam Video dengan Drone Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

15 Tips Cara merekam Video dengan Drone

Thursday, May 28th, 2020 | Drone, Tips

KameraDigital.Co.Id, 15 Tips Cara merekam Video dengan Drone – Drone dapat digunakan untuk merekam video yang menakjubkan. Hampir semua adaegan-adegan film yang luar biasa direkam dengan menggunakan drone dari sudut yang sulit. Kamu juga dapat belajar merekam video hebat dengan drone.

Tips Cara merekam Video dengan Drone

merekam video dengan drone (mydronelab.com)

Menerbangkan drone bisa sangat melelahkan karena Kamu harus mencoba mencari cara untuk mendapatkan rekaman yang bagus dengan waktu terbang terbatas, angin bertiup, lampu baterai berkedip, dan sudut alias angel yang sulit.

15 Tips Cara merekam Video dengan Drone

1. Perhatikan Cuaca

Jangan pernah menerbangkan drone selama kondisi berangin jika Kamu mau membuat rekaman video. Meskipun Kamu akan dapat dengan mudah melihat apakah kondisi di luar berangin saat ini, angin dapat datang tanpa peringatan. Hal ini dapat menyebabkan drone jatuh atau terlempar.

Tips Cara merekam Video dengan Drone

Tips Cara merekam Video dengan Drone

Perhatikan kondisi cuaca saat menerbangkan drone

Bukalah beberapa web di mana Kamu bisa memeriksa ramalan cuaca sebelum menggunakan drone untuk pembuatan video. Merupakan salah satu Tips Cara merekam Video dengan Drone.

2. Perhatikan Pencahayaan

Banyak kamera drone yang tidak dapat menangani tingkat kontras yang tinggi. Karena itu, Kamu harus hati-hati sebelum mengambil rekaman saat menghadap matahari. Periksa untuk memastikan bahwa gambar tidak tampak pudar sebelum merekam video.

3. Baca Peraturan Untuk Penerbangan Drone Di Wilayah Anda Sebelum Berangkat

Penting untuk memastikan bahwa Kamu tidak pernah menerbangkan drone ke wilayah udara terbatas atau area mana pun yang dapat mengganggu lalu lintas udara.

4. Jangan Hanya merekam Satu Video

Meskipun satu video yang Kamu ambil bisa keluar dengan buruk, risiko memiliki serangkaian hasil rekaman yang keluar dengan buruk jauh lebih rendah. Penting untuk memotret sejumlah besar versi rekaman. Setelah Kamu mendapatkan semua video, Kamu akan bisa pilih mana yang terbaik atau menggabungkannya. Merupakan salah satu Tips Cara merekam Video dengan Drone.

Fungsi drone video selfie

Dengan fungsi seperti selfie, Kamu juga dapat membuat beberapa efek video yang sangat keren

5. Rekam adegan bergerak seperti pada film

Karena drone dapat terbang dengan kecepatan yang signifikan, sangat  mungkin Kamu buat penonton film atau hasil video Kamu untuk mengalami sensasi adegan pengejaran atau pergerakan kendaraan.

Cuplikan yang diambil saat bergerak dapat menambah sensasi banyak film atau video apa saja. Teknik ini digunakan di hampir setiap film aksi terkenal.

6. Dapatkan Inspirasi Dengan Menonton Film

Jika Kamu mencari sumber inspirasi, Kamu bisa melihat film yang Kamu sukai, kemudian mengambil beberapa inspirasi di sana.

Bisa jadi beberapa adegan di film itu bisa Kamu terapkan saat merekam dengan drone.

7. Investasikan Dalam Drone Kamera Berkualitas

Meskipun hampir semua drone dapat mengambil rekaman dari udara, tidak semua drone dibuat sama. Drone berkualitas rendah mungkin tidak berfungsi dengan baik, dan kamera internal mungkin berkualitas rendah.

Investasi Kamu dalam hal kamera sangat menentukan kualitas hasil rekaman video yang Kamu ambil.

Kualitas Kamera Dan Gimbal

Kurangnya gimbal akan membuat video goyah dan tidak dapat digunakan secara profesional.

Cari kamera video 4k dan pastikan untuk mendapatkan gimbal yang baik dengan drone. DJI Phantom 3 Professional dan DJI Phantom 4 adalah contoh drone luar biasa yang hadir dengan kamera yang hebat dan waktu terbang yang luar biasa.

Beberapa drone dapat merekam 360 derajat, seperti drone komersial DJI Inspire 1 v2 dan Topan Yuneec H.

Drone mengikuti peselancar

merekam selancar dengan drone

merekam selancar dengan drone (dronesglobe.com)

Dengan menggunakan mode ikuti saya (follow me drone), drone dapat mengikuti peselancar dan menangkap rekaman yang luar biasa.

Fungsi Video Udara

Banyak drone yang lebih baik juga memiliki banyak fungsi fotografi udara dan videografi yang keren, seperti “Follow Me”, “Orbit” dan “Cable Cam”.

3DR SOLO adalah contoh yang baik dari drone video bagus yang tersedia dengan harga yang layak. Ini adalah kamera GoPro, sehingga Kamu  membutuhkan GoPro Hero 2, 3 atau 4 untuk itu.

Videografi Udara Untuk Pemula

Drone terbaik untuk pemula dalam videografi aerial mungkin adalah DJI Phantom 3 Standard. Itu tidak terlalu mahal, memiliki kinerja yang hebat, dan waktu penerbangan sekitar 25 menit. Keterbatasan terbesarnya mungkin kamera video 2,7 k.

Untuk Merekam Olahraga Aksi

Jika Kamu ingin merekam selancar, papan luncur salju, bersepeda, bermain ski, kiteboarding, atau video olahraga aksi lainnya, Kamu tentu saja memerlukan drone yang dapat mengikuti Kamu atau Follow me Drone.  Drone dapat mengikuti di belakang Kamu, atau bahkan di depan Kita dan mendapatkan rekaman aksi.

8. Dapatkan Drone Kamera Dengan Waktu Penerbangan Yang Panjang

Waktu penerbangan selalu penting. Investasikan pada drone kamera dengan waktu penerbangan yang baik setidaknya 15 menit. DJI Phantom 4 memiliki waktu penerbangan 28 menit, yang memberi Kamu banyak kesempatan dan waktu untuk merekam.

Jangan lupa selalu bawa baterai ekstra, sehingga Kamu dapat menaikkan drone di udara dengan cepat tanpa kehilangan waktu banyak.

9. Jangan Mencoba Melakukan Manuver Tingkat Lanjut Sampai Kamu Punya Banyak Pengalaman dengan Drone

Ini kesalahan mendasar newbie, meskipun tergoda untuk mencoba melakukan trik keren dengan drone, yang terbaik adalah tetap dengan manuver dasar sampai Kamu punya banyak pengalaman.

So, kalau Kamu mencoba melakukan roll, diving, atau trik lain, Kamu berisiko menabrakkan drone Kamu dan drone bisa rusak parah.

10. Rencanakan Video Dan pastikan

Pastikan Daya Tahan Baterai Yang Cukup Untuk Penerbangan

Pastikan drone kita terisi penuh alias full charge sebelum melakukan penerbangan, rencanakan rute terbang dengan sangat baik sebelum lepas landas.

Kalau Kamu telat, kamu bisa saja kehilangan moment bagus. Kemudian pastikan juga baterai terisi penuh agar Kamu ga kehabisan daya saat berada di udara.

Ingatkan diri Kamu untuk selalu membawa satu atau dua baterai cadangan, sehingga Kamu dapat dengan cepat melakukan lebih banyak pekerjaan

11. Biarkan Drone Terbang Sesuai Kondisi

Tips Cara merekam Video dengan Drone berikutnya adalah dengan membiarkan drone terbang sesuai kondisi saat itu. Ambil rekaman video sebanyak mungkin, nanti akan sangat berguna sekali saat Kamu mau mengedit hasil rekaman.

Kuncinya adalah enjoy saat Kamu menerbangkan drone, biarkan drone terbang mengalir mengambil rekaman. Semakin lama Kamu terbang maka akan semakin banyak pilihan hasil rekaman yang sangat menakjubkan. Sekali-kali mainkan juga drone dengan cara meluncur yang panjang dan bertahan lebih dari 3 detik.

12. Terbang Dekat dengan Objek Alami

Saat meluncur melalui langit, dekatkan dengan drone ke elemen lanskap atau pemandangan yang lebih besar, variasikan medannya, rekamlah objek yang beragam seperti batu dan pohon. Terbang melewatinya akan menambah kedalaman dan panorama rekaman Kamu.

13. Terbang Mundur

Cobalah teknik merekam dengan Terbang mundur.  Ketika drone Kamu  bergerak terbalik, akan terlihat detail seperti pohon, bukit, bangunan, dan orang-orang, ini jauh lebih bagus daripada Kamu fokus pada satu detail spesifik saja.

Kalau Kamu kesulitan terbang mundur, Kamu juga bisa membalikkan rekaman di komputer memakai software edit video.

14. Tambahkan Efek Suara

Saat kamu melakukan editing hasil rekaman video Kamu, tambahkan beberapa efek suara sesuai dengan gambar di video.

Efek suara atau sound effect ini akan meningkatkan kualitas rekaman Kamu, bisa bikin yang nonton betah menonton video Kamu.

15. Belajar Melayang

Sempatkanlah berlatih menerbangkan drone dalam kondisi melayang di udara, itu adalah salah satu keterampilan terpenting yang harus Kamu pelajari karena akan sangat berguna saat Kamu mengambil gambar nanti.

Berlatih melayang sebanyak mungkin saat Kamu pertama kali belajar menerbangkan drone.

Berikut adalah beberapa tips dasar menerbangkan drone dalam kondisi melayang:

  • Pastikan jarak drone cukup jauh dari tanah. Melayang sangat ideal dilakukan saat jarak drone lebih dari empat meter dari tanah.
  • Saat melayang, sangat penting menjaga throttle pada intensitas yang tepat dan pastikan Kamu punya roll and pitch yang benar.

Sebelum membeli drone pastikan Kamu membeli drone yang cukup berkualitas, karena ini sangat menentukan kualitas hasil video yang Kamu ambil. Dan juga Kamu hanya perlu membeli drone satu kali saja.

Semoga 15 Tips Cara merekam Video dengan Drone diatas dapat membuat Kamu lebih paham cara pakai Drone untuk videografi udara. Selamat hunting.

Tag :

cara memperoleh hasil video yg bagus drone
15 Tips Cara merekam Video dengan Drone | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply