Mengenal Jenis Dan Fungsi Lensa Dalam Fotografi Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Mengenal Jenis Dan Fungsi Lensa Dalam Fotografi

Thursday, May 2nd, 2019 | Lensa, Tips

KameraDigital.Co.Id, Mengenal Jenis Dan Fungsi Lensa Dalam Fotografi – Untuk bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih bagus tentunya Kamu harus menggunakan jenis lensa yang sesuai. Untuk dapat memilih jenis lensa yang sesuai, hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah mengerti tentang jenis dan fungsi lensa.

Terdapat berbagai jenis lensa dengan kegunaannya masing-masing. Harga dari sebuah lensa memang sangat tinggi sehingga ketika ingin membelinya maka Kamu harus memastikan dengan benar jenis lensa yang dibutuhkan. Kebanyakan fotografi profesional akan membeli banyak lensa dibandingkan membeli banyak kamera. Dengan memiliki lensa yang berbeda maka Kamu bisa mengganti lensa yang terdapat di kamera untuk keperluan khusus.

Fungsi lensa dalam fotografi

Setiap pergi ke suatu tempat atau sedang terjadi berbagai momen penting maka biasanya orang akan mengabadikannya dengan cara mengambil gambar. Hal tersebut dilakukan agar orang bisa mengingatnya kembali momen yang terjadi di hidupnya.

Kebanyakan orang akan mengambil gambar dengan menggunakan kamera ponsel. Namun seringkali hasilnya kurang bagus dan tidak memiliki warna yang bagus. Untuk itu biasanya orang akan menggunakan kamera untuk bisa mengambil gambar dengan hasil yang lebih memuaskan.

Di kamera terdapat lensa untuk dapat menangkap gambar tersebut. Lensa merupakan sebuah perangkat optik yang terdiri dari lapisan lensa yang lainnya dan membentuk suatu ukuran tertentu.

Kamu yang ingin menggunakan kamera tentu haruslah mengetahui jenis dan fungsi lensa. Hal tersebut dimaksudkan agar orang bisa menggunakannya dengan baik. Lensa pada kamera memiliki fungsi yang sama dengan lensa pada mata.

Bagian ini bisa berfungsi untuk memfokuskan pantulan cahaya dari objek agar dapat tingkat dengan baik pada kamera. Lensa memiliki fungsi yang sangat penting bagi pengambilan foto agar objek bisa terlihat dengan fokus dan jelas. Warna yang dihasilkan juga bisa bagus dan enak dilihat. Terdapat berbagai jenis lensa yang digunakan untuk berbagai kondisi yang berbeda.

Terkadang pada suatu kondisi seperti objek terlalu kecil, atau ingin membuat jangkauan kamera lebih lebar, maka membutuhkan jenis lensa yang sesuai. Berbagai jenis lensa memiliki fungsinya masing-masing. Hal tersebutlah yang harus diketahui ketika ingin menggunakannya. Jika Kamu menekuni dunia fotografi, harus mengetahui dengan tepat jenis lensa yang sesuai dengan jenis kondisinya.

Jenis lensa dalam fotografi berdasarkan fungsi

Setiap lensa memiliki fungsinya masing-masing. Untuk itu sangat penting bagi Kamu untuk mengetahui jenis dan fungsi lensa yang beragam. Hal tersebut memungkinkan Kamu bisa memilih dengan tepat jenis lensa yang dibutuhkan. Jenis lensa juga dibagi atas beberapa kategori, berikut akan dibahas beberapa jenis lensa berdasarkan fungsinya.

Lensa Zoom

jenis dan fungsi lensa

Jarak yang jauh bisa jadi kelihatan dekat

Jenis kamera ini sudah dilengkapi dengan fitur yang bisa digunakan untuk mengatur range focal length sesuai dengan kebutuhan pengguna. Jika Kamu ingin mengambil gambar secara dekat namun objeknya jauh maka Kamu bisa mengaturnya agar terlihat dekat. Keunggulan dari lensa ini adalah sangat praktis karena Kamu tidak perlu repot untuk membawa beberapa jenis lensa. Namun jenis lensa ini biasanya akan mengambil gambar sedikit tidak fokus.

Lensa Fix/prime

jenis dan fungsi lensa

Lensa standar yang kita dapatkan saat membeli kamera

Ini merupakan jenis lensa yang paling sederhana dan biasanya didapatkan ketika kita membeli sebuah kamera. Lensa ini tidak dilengkapi dengan fitur zoom sehingga Kamu hanya bisa mengambil gambar dengan sudut yang dimiliki. Jika Kamu menggunakan jenis kamera ini maka Kamu harus mendekatkan objek jika ingin mengambil gambar objek secara lebih besar dan jelas. Keunggulan dari jenis lensa ini adalah hasil dari pengambilan gambarnya. Dengan menggunakan lensa fix/prime ini Kamu bisa menghasilkan foto dengan tingkat ketajaman yang lebih tinggi sehingga foto akan terlihat lebih bagus dan jelas.

Lensa FishEye

Lensa jenis ini digunakan untuk mendapatkan hasil gambar yang unik. Tentu di zaman sekarang ini sudah ada versi lensa yang lebih kecil dan mudah dibawa-bawa namun jenis lensa tersebut digunakan pada ponsel. Untuk sebuah kamera jenis lensa fish eye ternyata ada juga.

jenis dan fungsi lensa

Lensa yang digunakan saat kita ingin hasil foto unik

Lensa jenis ini akan menghasilkan gambar yang memiliki cembung di bagian tengahnya. Efek unik ini hanya bisa dihasilkan jika Kamu menggunakan jenis lensa ini. Memang sudut pandangnya menjadi lebih lebar namun hasil gambar akan terlihat lebih melengkung.

Jenis lensa dalam fotografi berdasarkan ukuran

Jenis dan fungsi lensa juga dibedakan berdasarkan ukurannya. Dimana pada keadaan tertentu membutuhkan ukuran kamera yang berbeda juga. Dimana mungkin objek akan terlalu kecil atau ingin memperluas sudut kamera. Berbagai kondisi membutuhkan Kamu untuk menggunakan jenis lensa yang sesuai, berikut akan diinformasikan tentang jenis lensa berdasarkan ukurannya.

Lensa Kamera Tele

jenis dan fungsi lensa

Jenis lensa ini digunakan untuk mengambil gambar yang jauh

Jenis lensa ini digunakan untuk mengambil gambar objek yang letaknya jauh. Lensa ini memiliki range focal length length yang yang panjang. Hal tersebut memungkinkan Kamu untuk bisa menggunakan fitur zoom yang lebih banyak sampai objek terlihat. Dengan begitu fotografer bisa membidik foto yang letaknya jauh dengan menggunakan lensa jenis ini. Jenis lensa ini juga sangat cocok digunakan untuk mengambil foto secara diam-diam tanpa objeknya tahu. Hal tersebut sangat cocok bagi foto candid agar hasil lebih baik.

Lensa Kamera Wide Angle

jenis dan fungsi lensa

Lensa khusus objek dengan posisi landscape

Jenis lensa ini biasanya digunakan oleh seorang fotografer untuk mengambil gambar sebuah objek dengan posisi landscape. Jenis lensa ini memiliki cangkupan objek yang lebih beragam tergantung dengan range focal length lengthnya. Dengan mengambil gambar menggunakan jenis lensa ini maka foto yang dihasilkan akan memiliki sudut yang lebih lebar. Kamu harus menyesuaikan jenis lensa ini dengan kamera yang tepat agar bisa berfungsi dengan maksimal. Kamera ini aman cocok digunakan untuk pengambilan foto dengan jumlah orang yang banyak, karena jangkauannya cukup lebar maka frame juga akan lebih luas dan mampu menampung banyak orang.

Daftar Harga Dan Spesifikasi Lensa Zoom Nikon Terbaru Maret 2019Daftar List Harga dan Spesifikasi Lensa Kamera Fix Canon Terbaru 2019
Apa Arti Kode-Kode Pada Lensa Nikon ? Inilah PenjelasanyaDaftar Harga Spesifikasi Lensa Zoom Kamera Canon Terbaru dan Murah
Fujifilm X-T1 : Review Spesifikasi Kamera Terbaik dan Harga Terbarunya 2018List Daftar Harga dan Spesifikasi Tripod Kamera Terbaru Januari 2019

Lensa Makro

Lensa jenis ini digunakan untuk mengambil gambar objek yang memiliki ukuran kecil. Lensa ini akan menghasilkan foto dengan ukuran 1:1 sesuai dengan ukuran sebenarnya. Keunggulan dari jenis lensa ini adalah fitur fokusnya. Jika biasanya ketika Kamu menggunakan lensa standar Kamu membutuhkan jarak maksimal 30 cm untuk mengambil gambar. Namun dengan menggunakan lensa makro ini jarak tersebut bisa dipotong dan Kamu bisa tetap mengambil gambar meskipun objek sangat kecil dan berjarak lebih dari 30 cm.

jenis dan fungsi lensa

Lensa khusus untuk objek yang sangat kecil

Itulah penjelasan mengenai jenis dan fungsi lensa yang harus Kamu pahami sebelum memasuki dunia fotografi secara lebih dalam. Hal tersebut merupakan dasar pengetahuan yang harus dipahami ketika Kamu ingin menjadi fotografer yang profesional. Berbagai jenis lensa dihadirkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang sangat beragam.

Di zaman sekarang ini minat masyarakat akan dunia fotografi semakin tinggi karena adanya berbagai media sosial. Kebanyakan orang akan berlomba untuk menyajikan foto terbaiknya di sosial media agar disukai dengan orang banyak. Bahkan tak tanggung-tanggung beberapa dari mereka menggunakan lensa khusus untuk mendapatkan hasil foto yang memuaskan.

Mengenal Jenis Dan Fungsi Lensa Dalam Fotografi | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply