Simak Spesfikasi Lengkap Ricoh Theta Z1 dengan Segudang Kelebihan Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Simak Spesfikasi Lengkap Ricoh Theta Z1 dengan Segudang Kelebihan

Thursday, May 2nd, 2019 | Kamera digital, Ricoh

KameraDigital.Co.Id, Simak Spesfikasi Lengkap Ricoh Theta Z1 dengan Segudang Kelebihan – Model terakhir Ricoh Theta keluar pada 2017 lalu, produk yang diberi nama Theta V ini rupanya menjadi produk terakhir dari Ricoh Theta sampai 2018. Tapi, siapa sangka jika kemudian Ricoh Theta kembali mengeluarkan produk baru yang diberi nama Ricoh Theta Z1.

Kehadiran produk yang satu ini menjadi bukti bahwa Ricoh rupanya tidak berhenti memberi pembaharuan pada produk kamera 360 derajat yang dimilikinya. Ada beragam kelebihan yang hadir dari produk terbaru Ricoh ini. Bagi yang penasaran, nampaknya wajib menyimak ulasannya di sini.

Spesifikasi Ricoh Theta Z1

Produk baru yang dimiliki Ricoh Theta ini tentu hadir dengan beragam pembaruan yang berbeda dari produk-produk sebelumnya. Beragam hal baru ini pastinya akan membuat penggemar kamera 360 derajat ingin segera memilikinya. Lalu seperti apa spesifikasi dari produk baru Ricoh Theta ini?

Ricoh Theta Z1

Ricoh Theta Z1 menggunakan 2 lensa Fisheye dengan total 14 elemen dalam 10 grup

1. Lensa

Pembahasan spesifikasi pertama dari Ricoh Theta Z1 jatuh pada lensa yang digunakan. Jika sebelumnya pada Ricoh Theta V yang digunakan adalah 2 lensa Fisheye dengan 7 elemen di dalam 6 grup, hal berbeda hadir di produk terbaru Ricoh ini.

Pada Theta Z1 ini masih tetap menggunakan 2 lensa Fisheye, namun dengan total 14 elemen dalam 10 grup. Semuanya dengan total focal length 2,57 mm. Lalu untuk aperture (bukaan diafragma) pada produk ini memiliki 3 jenis bukaan, mulai dari f/2.1, f/3.5. f/5.6.

Ini tentu menjadi hal yang berbeda jika dibanding generasi sebelumnya yang hanya memiliki satu jenis bukaan lensa, yaitu f/2.0. Hal ini sekaligus menjadi bukti bahwa Ricoh Theta benar-benar memberikan spesifikasi yang baru dari produk yang satu ini.

2. Jarak dan Sensor

Pembahasan selanjutnya sampai pada jarak minimum yang dapat digunakan. Untuk Theta Z1 ini jarak minimum yang dimiliki adalah 40 cm, ini memiliki beda 30 cm dari produk sebelumnya yang sebesar 10 cm.

Lalu bagaimana dengan sensor yang dimiliki produk ini? Pembaharuan juga hadir dari segi sensor. Di mana sensor yang ada pada Theta Z1 memiliki 2 sensor 1-inch BSI-CMOS. Masing-masing sensor tersebuh memiliki kapasitas 20 MP.

Perbedaan sensor ini juga menunjukkan jika ada banyak hal baru hadir dari produk Ricoh Theta ini. Pasalnya, sebelumnya sensor yang digunakan adalah dua buah sensor 1/2.3-inch CMOS yang masing-masing memiliki kapasitas 12 MP.

Baca Juga : Fitur dan Spesifikasi Kamera RICOH GR III

3. Resolusi Foto dan Video

Lalu bagaimana dengan resolusi dari foto dan video yang dihasilkan produk ini? Seperti yang diketahui pada produk yang sebelumnya ukuran foto yang dimilikinya adalah sebesar 5376 x 2688 (14,5 MP). Tapi, pada produk ini resolusi yang dimilikinya ada 2 jenis.

Untuk jenis yang pertama sebesar 7296 x 3648 (sebesar 26,6 MP dalam bentuk DNG Raw). Lalu jenis yang kedua adalah sebesar 6720 x 3360 (22,6 MP pada format JPG). Perbedaan pada format foto ini tidak serta merta memberikan perbedaan pada segi video. Pasalnya resolusi video masih tetap sama, yaitu dengan ukuran 3840 x 1920 untuk setiap 29,97 fps 56 mps bitrate (H.264).

4. Mode Eksposure

Secara keseluruan eksposure mode yang dimiliki oleh Ricoh Theta Z1 memiliki kemiripan dengan produk sebelumnya. Perbedaan hanya hadir dari segi Aperture Priority,  sedangkan mode eksposure lain masih tetap sama.

Adapun mode eksposure yang dimiliki oleh produk ini antara lain sebagai berikut.

  • Auto,
  • DR compensation,
  • Noise reduction,
  • HDR rendering,
  • Manual,
  • Shutter priority,
  • ISO priority.

5. Konektivitas dan Penyimpanan

Selanjutnya bagaimana dengan konektivitas dan penyimpaann yang ada pada produk Ricoh Theta terbaru ini? Untuk penyimpanan ada kapasitas sebesar 19 GB memori internal yang dapat digunakan menyimpan foto dan video yang dihasilkan kamera ini.

Ricoh Theta Z1

Fitur Ricoh Theta Z1

Total 19 GB memori internal tersebut dapat digunakan sekitar untuk 40 menit untuk video sebesar 4K. Lalu bagaimana jika untuk menyimpan foto? Kapasitas foto yang dapat disimpan dalam 19 GB memori adalah 2400 foto.

Untuk masalah konektivitas, ada 20 mbps (2,4gh) atau 50 mbps (5 ghz) wifi yang dapat digunakan. Selain itu ada USB tipe C 3.0 yang juga dapat digunakan sambungan bagi penggunanya.

Harga Ricoh Theta Z1

Setelah banyak membahas terkait spesifikasi dari Theta Z1 ini, sekarang saatnya membahas berapa harga yang harus dikeluarkan untuk membawa pulang produk ini. Kocek yang harus dikeluarkan untuk produk ini rupanya lumayan dalam. Pasalnya harga yang dimiliki produk ini masih berkisar di antara angka $999,995. Wah, lumayan juga ya?

Ricoh Theta ternyata tidak berhenti memberikan pembaharuan untuk produk kamera 360 derajat miliknya. Ini terbukti dengan hadirnya produk baru mereka, yaitu Ricoh Theta Z1. Produk yang satu ini memiliki beragam spesifikasi mumpuni yang tentu saja berbeda dengan produk sebelumnya.

Pastinya ini cocok untuk dibawa pulang para penggemar kamera 360 derajat, meski harus merogoh kocek yang cukup dalam. Jika masih penasaran terkait produk ini, baiknya segera menyimak tabel yang ada di bawah ini.

Informasi Umum
Berat182 gram
BateraiNon removable Li-ion
Harga$999,95
Lensa dan Sensor
Tipe Lensa2 Fisheye lensa 14 elemen dalam 10 grup, 2.57 mm focal length
Aperturef/2.1, f/3.5, f/5.6
Jarak Minimum40 cm sampai tak terbatas
Bidang pandangBerbentuk bola utuh
Sensor2 Sensor 1-inch BSI-CMOS, masing-masing 20 MP
Resolusi Foto dan Video
Resolusi Foto7296 x 3648 (26,6 MP dalam DNG Raw), 6720 x 3360 (22,6 MP dalam JPG)
Resolusi Video3840 x 1920 @ 29,97 fps 56 mbps bitrate (H.264)
Resolusi live streamTBA
Penyimpanan dan Konektivitas
KonektivitasWifi 20 mbps (2,4 gh) atau 50 mbps (5 ghz), USB tipe C 3.0
Penyimpanan19 GB Internal
CompatibilityAndroid, iOS, windows, mac
Eksposure dan ISO
ISO Foto80 sampai 6400 (mode ISO Priority)
ISO Video80 sampai 6400 (mode ISO Priority)
Eksposure·  Aperture priority

·  Auto

·  Noise reduction

·  DR compensation

·  HDR rendering

·  Manual

·  Shutter priority

·  ISO priority

 

Simak Spesfikasi Lengkap Ricoh Theta Z1 dengan Segudang Kelebihan | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply