Ini Rahasia Memilih Lensa Terbaik Untuk Traveling Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Ini Rahasia Memilih Lensa Terbaik Untuk Traveling

Friday, May 17th, 2019 | fotografi, Lensa

KameraDigital.co.id, Ini Rahasia Memilih Lensa Terbaik Untuk Traveling – Apakah Kamu termasuk salah satu pecandu traveling? Ingin mengabadikan setiap moment dan kenangan Kamu selama bepergian? Apakah Kamu kebingungan bagaimana memilih lensa terbaik untuk traveling? Kamera sangat penting jika Kita sangat ingin mengabadikan suasana di setiap tempat traveling.

Sudah tentu Kamu memerlukan kamera untuk mendokumentasikan setiap moment sehingga ada kenang-kenangan yang bisa Kamu bawa pulang setelah melakukan traveling. Lalu, apakah tidak cukup puas ketika hanya menggunakan kamera yang ada pada fitur smartphone Kamu ? Apakah Kamu perlu membawa kamera dan lensa sehingga hasil gambar yang Kamu peroleh benar-benar berkualitas tinggi?

Pilihlah 5 Tipe Lensa Terbaik Untuk Traveling

Hal paling utama yang perlu Kamu pertimbangkan ketika akan memilih lensa terbaik untuk mendukung kegiatan dokumentasi selama bepergian adalah bobot dari lensa kamera yang akan Kamu pilih. Tak bisa dipungkiri, traveling merupakan kegiatan berkeliling sehingga sangat penting untuk meringkas bawaan Kamu seminimal mungkin.

Pilih Lensa dengan Berat yang Pas

Pilih Lensa dengan Berat yang Pas

Pilih Lensa dengan Berat yang Pas

Termasuk pula dengan memilah mana benda-benda yang lebih ringan untuk dibawa agar nantinya tidak malah membuat Kamu jadi repot sendiri. Oleh karena itu, pilihlah tipe lensa traveling yang cenderung berukuran tidak terlalu besar. Bobot wajar dari lensa kamera untuk dibawa traveling adalah jangan terlalu lebih dari 500gr. Ini juga sangat penting karena kamera tersebut terkadang Kamu gantung di leher. Jangan sampai Kamu mengalami kesakitan leher akibat salah memilih bobot lensa.

Pilih ukuran lensa yang mencukupi kebutuhan

Rahasia tipe yang kedua adalah ukuran lensa. Tak hanya bobot dari lensa, ukuran lensa juga perlu disesuaikan karena ukuran lensa ini juga akan mempengaruhi mobilisasi atau pergerakan selama beraktivitas. Ukuran lensa juga penting dipertimbangkan dengan space ransel. Jangan sampai kita memaksa lensa berukuran besar untuk tetap muat di ransel yang space-nya sangat sempit karena hanya akan merusak kualitas dari lensa itu sendiri.

Pilih tipe lensa yang sesuai dengan objek

Hal selanjutnya yang menjadi rahasia dari memilih lensa terbaik untuk traveling adalah memilih tipe lensa yang sesuai dengan objek gambar yang akan Kamu bidik nantinya. Apakah Kamu akan membidik objek dengan genre human interest yang lebih tepat diambil dengan lensa fix.

Pilih tipe lensa yang sesuai dengan objek

Pilih tipe lensa yang sesuai dengan objek

Namun apabila Kamu penyuka objek-objek yang berada di kejauhan seperti mengambil view di ujung tebing, atau view masyarakat kota atau daerah keramaian, maka lensa zoom menjadi solusi.

Membeli weatherseal lens

Membeli weatherseal lens

Membeli weatherseal lens

Berbeda lagi dengan tipe lensa weatherseal lens yang didesain tahan terhadap debu dan kelembaban ekstrem. Jenis lensa weatherseal tepat untuk digunakan di tempat-tempat yang ekstrim seperti gurun pasir, tempat-tempat lembab. Dan buat Kamu yang menyukai view alam yang menyatukan langit serta pemandangan bumi dalam satu bingkai, maka tentu lensa wide menjadi solusi terbaik.

Perhatikan aperture lensa

Perhatikan aperture lensa

Perhatikan aperture lensa

Rahasia keempat dari tipe lensa yang direkomendasikan untuk dibawa traveling adalah dengan memperhatikan aperture dari lensa kamera tersebut. Lensa memiliki berbagai tipe bukaan mulai dari f/1.8, bukaan f/2.8, f/4.0, hingga f/5.6. Apa pengaruhnya? Semakin kecil angka bukaannya, maka justru semakin besar bukaan lensa tersebut. Bukaan besar yang dimaksud dalam aperture lensa adalah semakin besar bukaan lensa maka akan semakin banyak pula cahaya yang dapat masuk ke dalam lensa.

Cahaya yang Masuk ke Sensor Lensa

Cahaya selanjutnya akan diteruskan menuju sensor di dalam kamera. Akan lebih baik jika Kamu memilih lensa dengan aperture atau bukaan yang lebih besar. Karena dengan bukaan yang lebih besar, maka proses pengambilan objek pun akan lebih cepat pula.

Hasil gambar yang dibidik pun tentu bisa dalam ISO yang tentunya lebih rendah namun kualitas gambar bidikan akan sangat minim noise. Aperture lensa juga penting dipertimbangkan bagi Kamu yang ingin mengambil gambar dengan tema nightlife karena bukaan lensa yang lebih besar akan lebih baik ketika bekerja di tempat yang minim cahaya.

Perhatikan bagaimana focal length lense

Dan rahasia terakhir dalam memilih lensa yang terbaik untuk dibawa ketika traveling adalah dengan memperhatikan bagaimana focal length lense yang akan Kamu pilih. Focal length pada lensa bisa didefinisikan sebagai jarak (dalam satuan milimeter atau mm) yang terletak di tengah-tengah dari elemen optik pada lensa ke sensor yang ada di dalam kamera.

Pilihlah tipe lensa yang memiliki indikator focal length lense yang kecil. Mengapa demikian? Karena semakin Kamu memilih focal length lense dengan angka yang lebih kecil, maka Kamu akan mendapatkan angle atau edar pandang dengan sudut yang semakin lebih besar.

Jangan lupa baca juga artikel berikut :

Daftar Harga Dan Spesifikasi Lensa Zoom Nikon Terbaru Maret 2019Daftar List Harga dan Spesifikasi Lensa Kamera Fix Canon Terbaru 2019
Apa Arti Kode-Kode Pada Lensa Nikon ? Inilah PenjelasanyaDaftar Harga Spesifikasi Lensa Zoom Kamera Canon Terbaru dan Murah
5 Rekomendasi Lensa Fujifilm Terbaik Untuk FotograferHarga Lensa Wide Canon untuk Pemandangan yang Murah dan Terbaik

Kebalikannya, apabila Kamu memilih focal length lense dengan angka yang semakin besar, maka sudut pandang yang ditangkap oleh sensor di dalam kamera tersebut justru malah lebih sempit.

Demikianlah 5 rahasia tepat bagi Kamu yang masih kebingungan bagaimana memilih lensa yang terbaik untuk dibawa traveling. Tips-tips di atas sangat tepat baik dari segi efisiensi dari fisik lensa, hingga dari segi kualitas lensa dan asumsi hasil gambar yang akan dihasilkan. Selamat mencoba!

Ini Rahasia Memilih Lensa Terbaik Untuk Traveling | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply