Panasonic Lumix S1, Kembaran S1R Yang Dibanderol Dengan Harga Lebih Murah Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Panasonic Lumix S1, Kembaran S1R Yang Dibanderol Dengan Harga Lebih Murah

Sunday, April 14th, 2019 | Panasonic

Panasonic Lumix S1, Kembaran S1R Yang Dibanderol Dengan Harga Lebih Murah

Panasonic Lumix S1 merupakan kamera mirrorless full – frame interchangeable lens pertama dari Panasonic. Datang bersama dengan Lumix S1R, Panasonic Lumix S1 dibanderol dengan harga yang lebih murah.

Sejak diumumkan, Lumix S1 dan Lumix S1R sudah didedikasikan sebagai kamera fotografi superior yang memiliki kemampuan mengagumkan dalam menghasilkan tangkapan yang jernih dan super detail.

Sebelumnya, Panasonic pernah menjanjikan akan meluncurkan kamera flagship (kelas atas) miliknya pada awal tahun 2019 ini. Kini perusahaan teknologi asal Jepang tersebut sudah merealisasikan janjinya dengan melaunching kamera berkualitas bernama Lumix S1 dan Lumix S1R pada 1 Februari lalu.

Dengan harga yang lebih murah, bukan tidak mungkin bahwa Panasonic Lumix S1 akan menjadi favorit para penggemar fotografi, baik dari kalangan pemula maupun professional.

Masalahnya, kedua kamera ini tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan, kecuali untuk beberapa sektor saja. Hal tersebut tentu semakin memperkecil gap diantara Lumix S1 dan Lumix S1R.

Resolusi Sensor Lumix S1 dan kelebihan lainnya.

Panasonic Lumix S1 mengemas resolusi 24.2 MP pada sensor full frame miliknya. Dengan memanfaatkan seluruh penampang sensor, resolusi tersebut sudah bisa digunakan untuk merekam video 4K 60 FPS dan menghasilkan gambar beresolusi 96 MP.

Sebagai kamera mirrorless full – frame yang cukup kapabel, Panasonic Lumix S1 menawarkan performa yang cukup mumpuni dengan kemampuan menangkap gambar secara kontinu tanpa henti secepat 9 FPS dan 6 FPS jika menggunakan Continous AF.

Pengguna juga dapat mengekstrak foto beresolusi 18 MP dari jepretan dengan kecepatan 30 FPS melalui mode 6K Photo. Tersedia juga fitur autofokus DFD (Depth From Defocus) generasi terbaru yang dinilai lebih baik soal tracking dengan mengandalkan machine learning untuk mengenal objek bergerak.

Fitur standar lain yang bisa anda temukan pada kamera Panasonic Lumix S1 ini ialah image stabilization 5-axis yang bisa mengurangi blur akibat gerakan atau getaran yang tak disengaja ketika digunakan untuk memotret dengan tangan.

Lumix S1 memiliki panel layar OLED beresolusi 5.76 juta dot yang merupakan panel beresolusi tertinggi di dunia saat ini disusul dengan layar sentuh fleksibel di bawahnya berukuran 3 inci dengan resolusi 2.1 juta dot yang dapat dimiringkan pada 3 poros.

Panasonic Lumix S1 memanfaatkan prosesor Venus Engine dan dudukan lensa L – Mount buatan Leica. Lumix S1 juga didesain dengan bodi tahan cuaca sehingga cukup aman untuk digunakan memotret dalam kondisi cuaca buruk.

Kelebihan lain dari kamera ini ialah memiliki body casing magnesium alloy yang mampu bertahan di bawah terpaan suhu dingin mencapai -10 derajat celcius. Body Casing tersebut juga sekaligus menjadi protector  untuk melindungi kamera dari kemungkinan terkena debu dan air.

Panasonic Lumix S1 juga menyediakan fitur High Resolution Multi Shot Mode untuk menghasilkan fidelitas warna, resolusi dan reproduksi tekstur yang menakjubkan. Kamera ini juga memiliki standar shutter reliability yang cukup tinggi mencapai 400 ribu jepretan.

Teknologi AI Panasonic Lumix S1 bekerja cukup baik dalam mengenali berbagai objek, baik manusia maupun satwa, sehingga kamera ini cocok untuk digunakan memotret landscape.

Dengan mode resolusi tinggi yang menggunakan teknologi pergeseran piksel untuk memindahkan sensor gambar, Panasonic Lumix S1 dapat menangkap gambar secara detail.

Soal stabilitas, tidak perlu dipertanyakan lagi, kamera ini menggunakan Image Stabilization miliknya untuk dapat menangkap dan merekam gambar dengan cukup stabil meskipun dalam kecepatan rana yang cukup rendah.

Namun, jika pengguna masih belum merasa puas dengan hasil yang didapatkan, pengguna bisa menggunakan tripod untuk menghasilkan tangkapan gambar yang yang lebih stabil.

Lumix S1 mendukung slot kartu ganda secara bersamaan, yakni SDXC dan XQD yang memberikan keuntungan lebih bagi para fotografer pernikahan, sports dan satwa liar. Lumix S1 juga mendukung konektivitas Bluetooth 4.2 LE dan WiFi 802.11ac untuk tersambung dengan perangkat smartphone pengguna, serta koneksi USB tipe C 3.1 USB – PD untuk pengisian daya yang lebih cepat.

Lumix S1 diluncurkan bersamaan dengan 3 lensa lain, yakni LUMIX S PRO 50 mm F1.4, LUMIX S PRO 70 – 200 mm F4 OIS dan LUMIX S 24 – 105 mm F4 MACRO OIS. Sistem  tersebut dalam rangka untuk menunjang dudukan lensa L – Mount buatan Leica, Panasonic dan Sigma pada kamera Lumix S1.

Spesifikasi Lengkap Panasonic Lumix S1.

Jika anda tertarik untuk membeli kamera ini, maka ada baiknya anda menyimak spesifikasi lengkap dari Panasonic Lumix S1 di bawah ini.

 

SensorCMOS full frame 24.2 MP
ProsesorVenus Engine
ISOAuto, 100 hingga 25600 (dapat ditingkatkan menjadi 50 hingga 51200)
Image StabilizationSensor Shift
AutofocusContras Detect Sensor, Multi Area, Center, Selevtive single point, tracking, single, continuous, touch, face detection, dan Live View
LayarTilting 3.2 inci, 2.100.000 dots
Jendela BidikElektronik, 5.760.000 dots
Continous Drive9.0 FPS
Video4K 3840 x 2160 @ 60p / 150 Mbps, MOV, H.264, Linear PCM
Memori PenyimpananXQD + Kartu Memori SD , UHS – II
KonektivitasUSB 3.1 gen 1, HDMI, WiFi, Bluetooth
Bobot898 gram
Dimensi149 x 110 x 97 mm

 

Berapa harga yang harus anda bayar untuk membawa pulang kamera ini ? Kamera ini dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi, jadi bagi anda yang berniat untuk membeli Panasonic Lumix S1, anda harus merogoh kocek hingga 34.8 juta rupiah.

Bagaimana ? Tertarik ?

 

Panasonic Lumix S1, Kembaran S1R Yang Dibanderol Dengan Harga Lebih Murah | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...

Leave a Reply