4 Tips Komposisi Foto Agar Subjek Utama Lebih Menonjol Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

4 Tips Komposisi Foto Agar Subjek Utama Lebih Menonjol

Sunday, March 29th, 2020 | Tips

KameraDigital.Co.Id, 4 Tips Komposisi Foto Agar Subjek Utama Lebih Menonjol – Pada dasarnya komposisi dalam fotografi merupakan susunan gambar dalam batasan satu ruang atau dapat diartikan sebagai cara menyusun elemen-elemen objek foto secara keseluruhan dalam foto.

Sedangkan tujuan mengatur komposisi adalah untuk memberikan kesan pada foto agar memiliki keseimbangan objek dan melatih kepekaan mata untuk menangkap berbagai elemen saat pengambilan gambar.

Simak terus review tentang Tips Komposisi Foto berikut ini agar Kamu bisa mendapatkan hasil foto yang Subjek Utamanya lebih menonjol atau lebih fokus.

Mengatur Komposisi dalam Fotografi

Mengatur Komposisi dalam Fotografi

Elemen Penting dalam Komposisi Foto

Elemen atau unsur penting dalam komposisi foto,diantaranya garis, shape, tekstur, warna, patterns, gelap dan terang. Garis dapat menghasilkan kesan kedalaman dan memunculkan gerak pada gambar.

Saat garis tersebut digunakan sebagai subjek, maka gambar akan menarik perhatian. Komposisi tersebut dibentuk dari pengemasan garis secara dinamis, mengabaikan kondisi garis lurus, melingkar maupun melengkung yang terpenting garis tersebut menjadi bentuk dinamis.

Untuk membuat shape yang menonjol harus memisahkan shape dari lingkungan sekitar atau dari latar belakang yang ramai. Komposisi tersebut biasanya digunakan fotografer guna memberikan penekanan secara visual kualitas abstrak terhadap subjek dengan bentuk sederhana dimana sebagai komposisi, yaitu berbentuk kotak dan lingkaran.

Tekstur merupakan tatanan yang akan menggambarkan keadaan permukaan suatu benda seperti halus, kasar, tajam, lembut, beraturan, tidak beraturan, dan lainnya. Tekstur akan tampak dari gelap terang maupun bayangan dan kontras yang muncul dari pencahayaan saat melakukan pengambilan gambar.

Warna dapat memberikan kesan elegan dan dinamis pada foto jika dikomposisikan dengan benar. Namun sebaliknya, komposisi warna dapat memberikan kesan anggun dan memunculkan mood colour dengan sempurna atau keserasian warna warni dari foto yang hendak menonjolkan unsur keindahan.

Elemen komposisi selanjutnya adalah pattern yang berupa pengulangan garis, shape, dan warna sebagai elemen visual yang dapat menjadi unsur perhatian subjek foto. Pengulangan tersebut dapat memunculkan kesan harmoni, namun kelebihan keseragaman akan menyebabkan gambar menjadi membosankan. Solusinya adalah dengan menemukan variasi yang dapat menangkap perhatian, biasanya pattern diungkapkan secara merata. Meskipun pencahayaan dan sudut pengambilan gambar membuat gambar cenderung kurang memiliki kesan kedalaman dan memungkinkan gambar berulang kali menjadi menonjol.

Elemen gelap dan terang digunakan oleh fotografer sejak era fotografi analog masih berkembang, terutama dalam pengambilan gambar hitam putih. Akan tetapi, komposisi tersebut kembali digunakan sebagai penekanan visualisasi objek. Anda dapat menggunakan komposisi gelap dan terang dengan baik jika mampu memfokuskan kontras objek dan memfokuskan lingkungan sekeliling objek dimana dapat mengganggu.

Mengatur Komposisi dalam Fotografi

Prinsip dasar dalam mengatur komposisi adalah keseimbangan, untuk mengatur komposisi foto maka fokuskan pada orientasi yang cocok, potrait atau landscape, panorama atau objek yang jauh sangat tepat menggunakan landscape, sedangkan objek vertikal sangat tepat menggunakan mode portrait. Teknik komposisi lain, berupa framing, geometric, dan freedom.

Tips Komposisi Foto

Rule of Third

Pengambilan gambar dengan banyak subjek relatif sama, maka akan kurang menarik dari pandangan komposisi foto. Solusinya, temukan salah satu subjek yang berbeda diantara subjek tersebut. Berbeda disini dapat diartikan berbeda dalam gerakan, bentuk, dan warna.

Pada pengemasan foto agar terkesan dinamis dan menampilkan keserasian perlu sebuah pemahaman mengenai kaidah-kaidah komposisi. Prinsip Rule of Third akan membantu guna menghasilkan komposisi foto yang baik. Selain itu, pahami tentang teknik eksposure untuk memaksimalkan komposisi foto agar terlihat menarik.

Jenis Sudut Pengambilan Foto

Unsur penting yang membantu sebuah komposisi foto salah satunya adalah pengambilan objek. Beberapa jenis pengambilan foto atau kamera angle yang dapat diaplikasikan, diantaranya Bird Eye, High Angle, Eye Level, Low Angle, dan Frog Eye.

Bird Eye merupakan posisi objek yang akan difoto pada bagian bawah lebih rendah dari posisi Anda, misalnya pengambilan foto manusia. High Angle sangat berbeda dengan Bird Eye, meskipun sama berada pada posisi yang lebih tinggi dari objek foto, misalnya pengambilan foto sawah dari atas bukit.

Tips Komposisi Foto

bird eye

Eye Level merupakan sudut pengambilan gambar dimana objek dan kamera sejajar, sehingga sama halnya dengan mata memandang. Low Angle adalah sudut pengambilan gambar dimana objek lebih tinggi dari posisi kamera, misalnya pengambilan gambar gedung bertingkat.

Sedangkan Frog Eye merupakan sudut penglihatan sebatas mata katak, artinya pada posisi ini kamera berada di dasar atau hampir sejajar dengan tanah dan tidak dihadapkan ke atas.

Pengambilan gambar sejenis ini, biasanya dilakukan dalam peperangan maupun pengambilan gambar flora dan fauna. Selain jenis sudut pengambilan foto, merencanakan konsep dan objek foto yang akan diambil akan membantu memudahkan dalam mengatur komposisi foto.

4 Tips Komposisi Foto Agar Subjek Utama Lebih Menonjol

Biasanya Anda akan dihadapkan dengan subjek dan objek foto yang ramai dan bising sehingga saat mengambil gambar, sebuah foto dalam point of interest akan berkurang dan tidak menonjol. Mata akan bingung menentukan subjek utama, titik mana yang hendak ditonjolkan oleh foto tersebut.

Untuk menonjolkan subjek utama yang memberikan kesan dan karakter kuat dalam foto salah satunya adalah memanfaatkan Depth of Field. Dengan menggunakan bukaan aperture lebar atau f/28, Anda dapat mengisolasi subjek utama dan melakukan separasi dari background.

Depth of Field

Depth of Field

Cara tersebut menghasilkan foto yang memaksa mata untuk memfokuskan pada area tajam dan melupakan elemen gambar di sekeliling subjek utama. Sehingga subjek utama yang dibuat kesan tajam akan menonjol dan latar belakang hanya menjadi pelengkap foto.

Cara selanjutnya agar subjek utama lebih menonjol dengan memanfaatkan garis penuntun. Menggunakan elemen garis dan geometri dapat menuntun mata orang lain fokus pada subjek foto yang hendak ditonjolkan. Sebab, mata memiliki kecenderungan menyisir foto dengan mengikuti pola garis.

Cara lain untuk menarik perhatian mata ke subjek utama adalah menggunakan warna yang mencolok. Pengambilan gambar dengan memiliki warna yang kontras dibandingkan dengan warna benda-benda lain disekitarnya akan menghasilkan kesan yang kuat dengan cara menemukan perpaduan.

Untuk menonjolkan subjek utama foto adalah menggunakan teks. Keberadaan teks atau tulisan dalam sebuah foto, secara otomatis akan memfokuskan mata orang lain untuk melihat dan hendak membaca dengan aturan teks tersebut terlihat jelas dan ukuran teks dapat dibaca. Secara keseluruhan, teks akan memberi konteks pada sebuah foto dan akan menjadi salah satu objek utama yang menarik.

Perlu diketahui, untuk membuat foto dengan karakter kuat, sebaiknya tidak terlampau banyak subjek. Sebab, jika kelebihan subjek yang ramai maka masing-masing elemen akan berebut yang dapat mengakibatkan pengaruh karakter, cerita, dan foto menjadi lemah dan kurang kuat.

Selanjutnya, tentukan subjek foto yang menarik dengan cara membuat prioritas secara fotografik, sebab subjek yang menarik mata telanjang tidak menjamin dari balik lensa.

Kerucutkan menjadi kerangka cerita yang saling mendukung dan pengambilan gambar dengan baik, seperti menggunakan sudut pengambilan kreatif dengan memperhatikan komposisi dan kekuatan subjek utama. Selain itu, fokuskan pada arah cahaya, bayangan, tekstur atau sesuatu yang dapat memperkuat karakter dalam foto.

So cukup jelaskan? Itulah 4 Tips Komposisi Foto yang bisa langsung Kamu terapkan untuk mendapatkan foto terbaikmu.

4 Tips Komposisi Foto Agar Subjek Utama Lebih Menonjol | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply