Jenis-Jenis Filter Kamera dan Alasan Mengapa Seorang Fotografer Membutuhkannya Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Jenis-Jenis Filter Kamera dan Alasan Mengapa Seorang Fotografer Membutuhkannya

Wednesday, March 18th, 2020 | Tips

KameraDigital.Co.Id, Jenis-Jenis Filter Kamera dan Alasan Mengapa Seorang Fotografer Membutuhkannya – Dalam dunia fotografi terdapat beberapa komponen yang harus diketahui untuk bisa menghasilkan foto yang lebih indah untuk dilihat, salah satunya adalah penggunaan filter. Beberapa fotografer yang ingin mengambil gambar dengan efek polos tidak ingin menggunakan filter.

Jenis-jenis Filter Kamera

Jenis-jenis Filter Kamera yang Perlu Kamu Ketahui

Namun beberapa fotografer lain menganggap bahwa filter kamera sangat membantu dalam pengambilan gambar. Hal tersebut ternyata harus disesuaikan dengan selera dan juga kebutuhan fotografer. Di pasaran kini tersedia banyak sekali Jenis-Jenis Filter Kamera. Sudut pandang tersebut membuat foto yang dihasilkan bisa memiliki karakteristik yang berbeda dan unik.

Berikut beberapa alasan mengapa fotografer membutuhkan filter pada kamera

Filter kamera merupakan salah satu aksesoris yang sangat dibutuhkan oleh seorang fotografer. Alasan utama penggunaan filter ini adalah untuk membantu fotografer agar bisa mendapatkan momen yang tepat saat pengambilan gambar. Selain itu terdapat beberapa alasan lain mengapa seorang fotografer membutuhkan filter kamera, berikut penjelasannya.

Membuat warna yang dihasilkan bisa lebih cerah

Filter pada kamera bisa digunakan untuk meningkatkan warna asli dari objek fotografi. Dengan begitu objek yang diambil bisa memiliki warna asli yang lebih cerah dan menawan. Dengan begitu seorang fotografer bisa menghasilkan gambar yang lebih hidup dan juga unik.

Komposisi warna yang tepat membuat foto bisa memancarkan nilai estetika yang lebih baik. Tidak mudah untuk bisa mendapatkan komposisi warna yang sesuai, untuk itu fotografer harus mampu mengeksplorasi keterampilan yang dimilikinya.

Lebih mudah bereksplorasi tanpa membutuhkan proses editing

Pemilihan waktu merupakan komponen penting yang harus diperhitungkan dengan baik. Jika Anda bisa memilih waktu yang sesuai, maka bisa mendapatkan momen yang pas. Dengan begitu maka Anda bisa menghasilkan sebuah karya yang lebih berkualitas.

Dengan adanya filter, Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan seperti warna alami lebih indah dan penerapan variasi efek yang beragam. Dengan begitu fotografer tidak perlu lagi repot untuk melakukan proses editing setelah pemotretan.

Melindungi body dan lensa pada kamera

Penggunaan filter pada kamera sebenarnya berfungsi untuk melindungi lensa dan juga body kamera, misalnya saja ketika kamera digunakan untuk mengambil gambar berbagai fenomena alam seperti pada gerhana matahari total yang merupakan kejadian langka.

Akan sangat beresiko jika fotografer mengarahkan kamera ke matahari tanpa perlindungan apapun karena bisa membakar bagian body kamera akibat cahaya matahari yang cukup besar. Untuk itulah dibutuhkan filter agar kamera bisa terlindungi untuk mampu mengabadikan momen lagi secara lebih maksimal.

Meredupkan cahaya jika terlalu berlebihan

Cahaya bisa dikatakan sebagai komponen fotografi yang terpenting, karena elemen ini akan menentukan tingkat kecerahan dan kualitas dari objek yang diambil. Namun jika cahaya terlalu berlebihan bisa mengakibatkan gambar menjadi terlalu cerah dan tidak enak dilihat. Untuk itu seorang fotografer harus membatasi penggunaan cahaya yang tepat agar bisa menghasilkan gambar yang sesuai.

Salah satu cara untuk mengatur cahaya adalah dengan penggunaan filter kamera. Jika terdapat cahaya yang berlebihan maka filter kamera akan menguranginya hingga komposisinya sesuai.

Melindungi kamera dari debu dan juga cipratan air

Bagi para fotografer yang sudah bepergian kesana kemari mengabadikan momen untuk mendapatkan hasil foto yang menawan, penggunaan filter tentu menjadi hal yang utama. Hal tersebut terjadi karena tingginya mobilitas fotografer akan membuat kamera akan rentan terkena debu dan juga cipratan air.

Untuk itu dibutuhkanlah filter agar bisa melindungi kamera dari berbagai gangguan. Dengan begitu maka fotografer bisa menjamin kualitas dari gambar yang akan diambilnya.

Jenis-jenis filter kamera yang biasanya digunakan

Dalam dunia fotografi, ada Jenis-Jenis Filter Kamera yang biasanya digunakan. Setiap filter akan memiliki fungsi yang berbeda. Hal tersebut terjadi karena setiap filter memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda. Harga jualnya pun akan berbeda. Untuk itu Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing. Agar bisa mengetahui perbedaannya, simaklah penjabaran tentang beberapa jenis filter yang biasa sering digunakan.

Filter Polarizer

Fungsi utama dari penerapan filter ini adalah mengubah warna langit menjadi lebih biru. Hal ini akan membuat hasil foto tampak lebih nyata dan menarik.

Jenis-Jenis Filter Kamera

Filter Polarizer

Filter ini juga bisa bermanfaat untuk mengurangi intensitas refleksi yang terjadi pada kaca dan juga air. Biasanya jenis filter ini digunakan untuk mengambil foto dengan posisi landscape.

Filter Close-up

Filter yang satu ini juga dikenal dengan sebutan filter macro yang mana memiliki fungsi utama untuk mengambil gambar dengan jarak yang lebih dekat.

Jenis-Jenis Filter Kamera

Filter Close-up

Sistem kerja filter ini sama seperti kaca pembesar yang bisa memperbesar ukuran lensa dan membuat objek tampak sangat dekat. Dengan begitu hasil foto akan terlihat lebih jelas dan jernih karena posisi objek yang tampak sangat jelas.

Filter Protector dan UV

Jenis filter ini digunakan untuk melindungi bagian depan optik dari berbagai gangguan seperti benturan, gesekan, air dan juga debu. Ketika bagian depan kamera kotor atau agak buram Anda bisa membersihkannya dengan lebih tenang karena tidak akan merusak bagian lensa kamera.

Jenis-Jenis Filter Kamera

Filter Protector dan UV

Selain itu, jika terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan seperti terbentur atau pecah, Anda hanya perlu mengganti bagian filternya saja, yang mana harganya lebih murah dibandingkan dengan mengganti lensa.

Effect Filter

Terdapat banyak sekali Jenis-Jenis Filter Kamera efek yang dijual dipasaran pada umumnya. Namun salah satu jenis filter yang sering digunakan adalah filter star, yang mana memiliki fungsi untuk menampilkan ujung bintang pada bagian lampu.

Effect Filter

Effect Filter

Selain itu ada juga filter IR yang bisa bermanfaat untuk membuat foto memiliki efek soft filter dan juga infrared. Penggunaan filter harus disesuaikan dengan kebutuhan agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Filter Graduated Neutral Density (ND Grad)

Pada umumnya filter yang satu ini memiliki bentuk kotak yang terbagi menjadi dua sisi yaitu gelap dan terang. Filter berjenis kotak ini harus dilengkapi dengan holder khusus agar bisa berfungsi secara lebih maksimal.

Jenis-Jenis Filter Kamera

Filter Graduated Neutral Density (ND Grad)

Biasanya filter ini digunakan oleh fotografer untuk mengambil gambar dalam bentuk landscape agar bisa mendapatkan komposisi yang seimbang pada bagian bawah dan atas foto.

Filter Neutral Density (ND)

Filter ini berfungsi untuk mengatur banyaknya cahaya yang ada di bagian lensa. Selain itu filter ini juga digunakan untuk membuat efek blur atau air yang berkabut.

Filter Neutral Density (ND)

Filter Neutral Density (ND)

Filter ini juga bisa digunakan untuk mengurangi resiko over exposure pada saat menggunakan aperture yang cukup lebar di bawah pencahayaan yang cukup terang.

Itulah beberapa Jenis-Jenis Filter Kamera dan alasan mengapa fotografer membutuhkannya. Foto merupakan karya seni yang memancarkan keindahan tersendiri. Untuk itu seorang fotografer harus menggunakan teknik terbaik agar bisa hasil gambar bisa unik dan menawan.

Dari beberapa komponen tersebutlah maka orang akan merasa kagum dan suka dengan jenis karya yang dibuat oleh seorang fotografer.

Jenis-Jenis Filter Kamera dan Alasan Mengapa Seorang Fotografer Membutuhkannya | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply