Fujifilm X100V Kamera Street Photography Terbaik Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Fujifilm X100V Kamera Street Photography Terbaik

Wednesday, March 18th, 2020 | FUJIFILM

KameraDigital.Co.Id, Fujifilm X100V Kamera Street Photography TerbaikFujifilm X100V adalah bagian dari jajaran kamera seri X dari Fujifilm tetapi sedikit berbeda. Tidak seperti seri X lainnya, kamera ini tidak memiliki lensa yang dapat dibongkar pasang. Sebagai gantinya, lensa paten 23mm f/2 ditanamkan yang setara dengan lensa 35mm.

Lensa kamera ini  menawarkan panjang fokus yang klasik untuk penggunaan sehari-hari dan fotografi jalanan. Selain itu desainnya yang cukup ramping membuatnya praktis karena dapat dimasukkan ke saku jaket.

Spesifikasi Fujifilm X100V

Sama seperti namanya yang mengandung huruf V, yang berarti lima dalam angka romawi, X100V juga merupakan versi kelima dari seri X. Kamera ini mempunyai processor X-Trans 26,1 megapiksel terbaru dari Fujifilm. Selain itu lensa serta layar sentuhnya juga mengusung model terbaru.

Ada beberapa peningkatan ergonomis juga, walaupun pada dasarnya hanya merupakan pengembangan dari seri yang sudah ada. Dengan fitur terbarunya, jelas Fujifilm merencanakan X100V sebagai kamera kompak terbaik untuk penggemarnya.

Lensa focal length-nya yang paten memang membuatnya terbatas sebagai sebuah travel camera, namun untungnya bodinya yang ramping membuatnya cukup portabel.

X100V memiliki jendela bidik optik/elektronik Hybrid OVF/OLED EVF, 3.69m dots dari Fujifilm yang unik yang dapat Anda alihkan dengan tuas di bagian depan. Fixed lens dari X100V membedakannya dari kamera mirrorless X-mount Fujifilm lainnya seperti X-T3 dan X-T30.

Banyak orang beranggapan bahwa kamera besutan pabrikan Jepang ini sebagai alternatif untuk street photography karena lebih ramping, ringan dan  terjangkau daripada seri lainnya. Selain itu, layar LCD-nya yang memiliki resolusi resolusi 1,62 juta dot membuatnya mahir menghasilkan warna yang hidup.

Hal ini dikarenakan ukuran kamera yang hanya 128.0 x 74.8 x 53.3mm dengan berat 478g saja dan sudah termasuk berat baterai dan memory card.

Fitur Utama

Lensa

Ada beberapa fitur baru pada X100V, jadi mari kita mulai dengan lensa. Fujifilm mengakui bahwa lensa 23mm f/2 asli memerlukan pembaruan dan mereka menyampaikan bahwa lensa baru ini menawarkan resolusi yang lebih baik dan distorsi yang lebih rendah.

Anda tidak dapat mengubah lensa pada kamera ini, tetapi Anda dapat menggunakan lensa wide conversion opsional WCL-X100 II dari Fujifilm untuk mendapatkan focal length setara 28mm, atau lensa tele-conversion TCL-X100 II untuk mendapatkan lensa setara 50mm.

Kelebihan lain dari lensa baru milik X100V ini adalah adanya sensor pemindai subyek dan juga bisa mengenali  wajah serta mata. Kelebihan ini membuat X100V sangat cocok dijadikan sebagai kamera street photography.

Kamera Tahan Cuaca

Pihak Fujifilm mengatakan bahwa sebagian besar komponen dari Fujifilm X100V sudah tahan terhadap cuaca, hanya bagian lensa saja yang belum memenuhi unsur ini.

Hal ini disebabkan untuk membuat lensa tahan cuaca  akan berakibat pada bodi kamera yang menjadi terlalu besar dan tidak sesuai dengan desain awal yang ramping.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat memasang cincin adaptor AR-X100 opsional dan filter perlindungan PRF-49 untuk membuat kamera tahan cuaca.

Sensor

Di dalam X100V ditanamkan sensor 26-megapiksel APS-C X-Trans 4 Fujifilm terbaru. Hal ini berarti sebuah peningkatan resolusi 2 megapiksel jika dibandingkan dengan model sebelumnya.

Namun keistimewaan utamanya adalah peningkatan besar pada sistem fokus otomatis, kecepatan pemrosesan yang lebih cepat, dan kemampuan video 4K.

Video

Fitur video menjadi semakin penting bagi fotografer dan pembuat konten, dan X100V dapat menangkap 4K pada frame rate 30/25/24p biasa, tetapi juga 1080 rekaman full HD hingga 120fps.

Untuk pembuatan film yang lebih maju, kamera ini dapat merekam video berkualitas 10-bit 4: 2: 2 ke perekam eksternal melalui port HDMI-nya.

Electronic Viewfindernya juga telah ditingkatkan, tetapi perubahan terbesar pada sistem tampilan adalah di bagian belakang kamera yaitu layar model lama telah digantikan oleh tampilan tilting touchscreen.

Performa

Kesan pertama yang muncul ketika pertama kali bertemu dengan Fujifilm X100V adalah lensa baru yang tampak lebih tajam pada jarak dekat dan terbuka lebar daripada pendahulunya.

Lensa baru ini memang memiliki fokus yang sangat dekat, sehingga meskipun lensa ini bukan benar-benar sebuah lensa makro 1:1, ia masih dapat menangkap objek berukuran kecil dengan baik.

Lensa baru ini juga merupakan penawar dari kritik pengguna seri X terdahulu yang mengeluhkan performa lensa lama yang memiliki autofokus lamban dan berisik.

Kamera X100V Ini jauh lebih keren, meskipun masih belum bisa menyamai kecepatan dan kehalusan lensa X-mount terbaik Fujifilm. Apalagi untuk harga yang terjangkau, Anda sudah bisa memiliki kamera saku lensa f/2 yang cukup ramping untuk dibawa ke mana saja.

Penggunaan

Dari kejauhan, X100V terlihat seperti kamera seri X pendahulunya. Lebar dan tingginya tidak lebih kecil dari kamera mirrorless rata-rata, tetapi jauh lebih ramping dengan lensa 23mm f/2 yang sedikit menjorok keluar.

Badan kamera ini juga didesain dengan apik. Pelat atas dan bawah terbuat dari potongan aluminium dan bodi diberi lapisan satin ‘Alumite’ yang membuatnya menjadi tampak berkelas.

Dari dekat, perbedaan dibanding model sebelumnya menjadi jelas. Kontrol pada pelat atas memiliki tampilan yang lebih rapi, ‘leveled off’, dan ISO dial sekarang tetap aktif ketika Anda menariknya untuk mengubah pengaturan.

Pada bagian belakang, layar dibuat rata dengan bodi kamera sehingga bisa dengan mudah dibalik dan dimiringkan. Tidak ada D-pad pada kamera ini, tetapi ada joystick kecil untuk pemilihan titik AF dan navigasi menu.

D-pad empat arah tampaknya memang dihilangkan dari kamera Fujifilm, tidak ada satu pun, bahkan pada X-T200 terbaru. Namun hal ini tidak berdampak besar karena banyak fungsi four way D-pad dapat diakses melalui menu ‘Q’. Lagipula, D-pad sendiri memang sangat riskan, mereka dapat dengan mudah aktif ketika tidak sengaja tertekan.

Tombol Q pada Fujifilm X100V sangat kecil, dan terletak di sisi paling kanan dari tubuh tempat ibu jari Anda berada. Tombol ini memang tidak mudah ditemukan dengan sentuhan, tetapi semakin sering Anda menggunakannya, maka Anda akan segera terbiasa dengan posisinya.

Viewfinder hibrida milik kamera ini juga cukup menarik. Dalam mode EVF, hasilnya sangat tajam, jelas, dan tidak terdistorsi. Hal ini merupakan tampilan elektronik berkualitas tinggi.

X100V memang cukup mirip dengan pendahulunya ketika digunakan. Namun fiturnya yang sudah diperbarui menjadikanya kamera seri X yang terbaik sejauh ini.

Baterainya yang mampu mendukung hingga 350 kali pemotretan dalam mode EVF dan 420 ketika memakai viewfinder optik sangat membantu dalam penghematan waktu untuk charging.

Apalagi jika melihat harganya di pasaran yang cukup terjangkau untuk sekelas kamera canggih Fujifilm, yaitu 1400 dolar Amerika atau 19jutaan jika dikonversikan ke dalam rupiah.

Anda dapat memiliki kamera ini dengan dua pilihan warna yaitu hitam dan silver.

Tag :

harga kamera digital simple
Fujifilm X100V Kamera Street Photography Terbaik | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply