Berbagi Tips Fotografi Tentang Pencahayaan Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Berbagi Tips Fotografi Tentang Pencahayaan

Wednesday, March 18th, 2020 | Tips

KameraDigital.Co.Id, Berbagi Tips Fotografi Tentang Pencahayaan – Fotografi adalah semua hal yang berkaitan tentang permainan cahaya dan bayangan. Cara Anda menerangi subyek akan menentukan hasil akhir foto Anda. Penggunaan teknik fotografi yang tepat tentu dapat membuat banyak perbedaan dalam foto Anda.

Bahkan jika Anda bukan seorang fotografer profesional dan Anda hanya bersenang-senang dengan kamera pada akhir pekan, Anda pasti tetap ingin mendapatkan foto terbaik. Ada beberapa Tips Fotografi Tentang Pencahayaan yang harus Anda ketahui untuk membuat foto Anda  berkualitas.

Selain kecakapan dalam memainkan sudut dan juga bercerita lewat gambar, pencahayaan merupakan aspek penting yang harus dikuasai oleh seorang fotografer.

Menggunakan Trik Pencahayaan Yang Tepat

Gunakan Pencahayaan yang Luas

Tips Fotografi Tentang Pencahayaan yang pertama adalah tentang penggunaan pencahayaan yang luas. Semakin luas sumber cahaya, semakin lembut cahaya yang keluar darinya. Sumber cahaya yang luas menghasilkan lebih sedikit bayangan yang menekan tekstur subjek.

Pencahayaan yang Luas

Gunakan Pencahayaan yang Luas

Fitur pencahayaan seperti blitz dan CFL memiliki efek sebaliknya. Anda harus memperluasnya dengan memantulkan cahayanya melalui reflektor atau diffuser seperti softbox atau payung. Menggunakan sumber cahaya yang luas sangat bagus untuk menangkap gambar portrait.

Tempatkan Sumber Cahaya Sedekat Mungkin Dengan Obyek

Semakin jauh sumber cahaya, semakin sulit cahaya jatuh pada obyek Anda. Hal ini dikarenakan ketika sumbernya lebih dekat dengan Anda, ia akan melebar, sedangkan ketika dipindahkan, luasnya berkurang, sehingga menjadi lebih sempit.

Tips Fotografi Tentang Pencahayaan

Posisikan obyek Anda dekat dengan sumber cahaya

Posisikan obyek Anda dekat dengan sumber cahaya yang diperluas sehingga sumber cahaya Anda menerangi obyek secara merata dan alami.

Gunakan Pencahayaan Depan dengan Bijak

Penerangan depan digunakan untuk menekan tekstur latar depan obyek Anda. Oleh karena itu, pencahayaan depan mungkin baik untuk gambar portrait yang dapat membantu Anda menutupi bekas luka dan noda pada obyek Anda.

Tips Fotografi Tentang Pencahayaan

Teknik Pencahayaan Depan

Namun, untuk fotografi lanskap, alih-alih pencahayaan depan, lebih baik untuk menggunakan pencahayaan samping yang akan menekankan tekstur batu, pasir, batu bata, kulit pohon, dll.

Sertakan Bayangan Untuk Membuat Efek 3D

Bayangan tidak selalu buruk. Saat Anda menggunakannya dengan bijaksana, bayangan dapat membantu Anda memberikan banyak tampilan menarik pada foto-foto Anda.

Bayangan Untuk Membuat Efek 3D

Bayangan Untuk Membuat Efek 3D

Kegunaan dari bayangan adalah memproyeksikan obyek seperti berada di ruang angkasa dan bukan di permukaan yang datar. Tampilan tiga dimensi yang diberikan oleh bayangan membuat gambar Anda terlihat nyata.

Selalu Pertimbangkan Temperatur Warna

Meskipun cahaya tampak putih, sebenarnya ia mempunyai warna. Fakta ini sering tidak terdeteksi oleh mata kita tetapi oleh sensor di kamera, yang merekam warna yang dilemparkan.

Saat memotret, selalu ingat perubahan warna ini agar Anda selalu bisa mendapat momen yang tepat. Pada dini hari dan sore hari, sinar matahari memiliki nada hangat, sedangkan pada tengah hari, warnanya kebiruan.

Beberapa Tipe Pencahayaan

Trik Pencahayaan

Trik Pencahayaan

Flat Light

Saat sumber cahaya Anda menghadap langsung di depan obyek maka disebut sebagai flat light. Untuk mengenali flat light adalah ketika cahayanya mengenai muka obyek, mukanya menjadi cukup terang dan Anda tidak dapat melihat bayangan di sepanjang mukanya.

Pencahayaan ini memang bukan favorit, namun ada keadaan ketika pencahayaan ini malah menguntungkan. Saat bayangan menghilangkan ketidaksempurnaan dan tekstur, flat light bermanfaat ketika memotret remaja dengan wajah penuh jerawat, orang tua yang merasa tidak aman dengan kerutan dan masih banyak lagi.

Broad Light

Dengan cahaya yang luas wajah obyek Anda berada pada sudut dan sisi wajah yang paling terang dan paling dekat dengan kamera sehingga bayangan jatuh di sisi belakang wajah.

Jenis cahaya ini dapat membuat wajah terlihat lebih penuh sehingga ideal bagi mereka yang memiliki wajah yang sangat sempit.

Short Light

Short light adalah kebalikan dari broad light, yaitu wajah berada pada sudut dan bayangan jatuh di sisi wajah yang paling dekat dengan kamera. Jenis cahaya ini bekerja dengan baik untuk menipiskan wajah.

Jadi bisa dikatakan bahwa broad light menonjolkan tekstur sedangkan short light menyembunyikannya.

Split Light

Split light adalah cahaya yang mengenai obyek dari samping pada sudut 90 derajat. Anda dapat dengan mudah mengenali split light dalam gambar, yaitu ketika separuh dari obyek bercahaya dan separuh lainnya dalam bayangan. Split light cenderung membuat obyek terkesan tangguh dan maskulin.

Backlight

Backlight merupakan cahaya yang datang dari belakang obyek. Anda dapat mendapatkannya dengan apik dan alami saat golden hour, yaitu ketika matahari berada rendah di cakrawala dan mulai terbenam.

Meskipun backlight sangat cantik namun ia hadir dengan tantangan tersendiri yang dapat membuat tampilan kabur dan obyek menjadi kurangnya.

Rim Light

Rim light sebenarnya hampir sama dengan flat light. Dengan rim light, Anda akan melihat cahaya dari belakang hanya menyorot tepi obyek. Pencahayaan seperti ini bagus digunakan ketika Anda perlu memisahkan subjek Anda dari latar belakang.

Butterfly Light

Dengan butterfly light, cahaya ditempatkan di atas dan di depan obyek untuk membuat bayangan kecil di bawah hidung menyerupai kupu-kupu. Jenis cahaya ini dengan indah menonjolkan tulang pipi, itulah mengapa Anda paling sering melihatnya digunakan oleh wanita.

Namun, Anda harus hati-hati karena pencahayaan seperti ini juga menonjolkan bayangan mata yang tajam.

Loop Light

Loop light akan menyorotkan cahayanya sekitar 45 derajat ke samping dan sedikit di atas ketinggian mata.

Posisi cahaya ini menciptakan bayangan tepat di bawah dan di samping lubang hidung. Ini adalah jenis cahaya yang bagus untuk kebanyakan orang.

Kesimpulan

Seni fotografi bukan melulu soal kamera yang mahal dan canggih maupun bakat semata. Anda tetap dapat menghasilkan foto yang bagus walaupun hanya dengan kamera smartphone maupun kamera saku sederhana.

Hal yang menjadi perhatian seorang fotografer adalah insting menangkap momen sehingga bisa mendapatkan foto yang unik. Bukan hanya tentang media bergerak tetapi juga yang tidak bergerak.

Seorang fotografer betulan akan selalu mau belajar teknik memotret dengan siapa saja dan kapan saja, terutama mengenai pencahayaan.

Terutama ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang street photographer yang harus siap membidik secara real time agar tidak ketinggalan momen.

Untuk bisa membuat foto hasil jepretan Anda bercerita dan memiliki makna, maka perpaduan antara momen, sudut dan juga pencahayaan menjadi sangat penting. Salah sedikit saja maka Anda tidak bisa lagi mengulang momen yang sama.

Anda juga tidak bisa selalu bergantung pada alat, terutama ketika berurusan dengan pencahayaan. Anda mungkin bisa bermain dengan alat ketika berada di dalam ruangan, namun Anda harus bisa memanfaatkan sumber cahaya lain ketika berada di luar ruangan.

Agar mampu menghasilkan foto berkualitas seperti ini memang tidak bisa instan. Anda harus rajin mempraktekkan hal yang sudah Anda pelajari berulang kali. Kesungguhan Anda akan memberikan hasil yang memuaskan.

Masih banyak tips dan trik seputar fotografi yang minimal harus dipahami sebelum memutuskan untuk menjadi seorang street fotografi. Namun terlebih dari itu semua adalah niat dan juga kemauan untuk bisa menjadi lebih baik lah yang juga berperan penting.

Berbagi Tips Fotografi Tentang Pencahayaan | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply