Info Kamera Digital Terbaru Termurah dan Terbaik

Review Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Canon EOS M3 di Indonesia

Tuesday, March 14th, 2017 | Canon, Mirrorless, Review

Review Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Canon EOS M3 di Indonesia ~ Kamera Digital. Kamera Canon EOS M3 merupakan kamera dengan teknologi terbaru yaitu kamera mirrorless generasi ketiga  dari Canon  yang memiliki sensor APS-C bercrop factor 1.6X, setara dengan kebanyakan kamera DSLR. M3 diumumkan bulan Februari 2015 yang lalu untuk menggantikan Canon EOS M2. baca juga :  Review Kamera Canon EOS 600D lengkap.

Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Canon EOS M3 di Indonesia

kamera-canon-eos-m3-terbaru

beberapa tahun terakhir ini canon cukup terlambat dan terkesan tidak serius dalam  pengembangan sistem kamera mirrorless meskipun prospek ke depannya cukup baik dibandingkan sistem kamera DSLR yang penjualannya kian menurun. pada generasi pertama yaitu Canon EOS M auto fokus sangat  lambat dan fiturnya sangat basic. Generasi kedua sedikit lebih baik tetapi tidak signifikan. Di Canon EOS M3 ini, Canon akhirnya lebih serius dalam memberikan spesifikasi yang lebih baik, di antaranya 24 MP CMOS sensor dan sistem autofokus hybrid CMOS III 49 area yang diklaim 6 kali lebih cepat dari Canon EOS M.

Seri pertama dan kedua dari keluarga tanpa kaca besutan Canon hampir tidak menyertakan tombol pembantu dan hampir secara keseluruhan bergantung pada layar sentuh. Oleh karenanya untuk memperbaiki hal ini Canon mengembalikan desain klasik dengan menambahkan beberapa tombol untuk mode PASM dan kompensasi exposure. Desain klasik yang diberikan Canon ini termasuk lengkung genggam yang diatur supaya pengguna dapat menggenggam kamera dengan lebih santai dan nyaman apalagi dilengkapi pula dengan jendela bidik digital opsional yang akan membantu pengambilan gambar.  baca juga : Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Canon Eos 700D terbaru [Review] .

kelebihan-kamera-canon-eos-m3

Canon EOS M3 ini sepertinya juga diproduksi dengan coba-coba, tanpa melihat persaingan serius yang sudah bergejolak dimana di pasar global sudah terdapat nama-nama paten seperti Sony dengan Sony A7 II, lalu ada Fujifilm X-T1 dan ada juga Olympus yang memiliki kamera OM-D EM-1.

Salah satu hal yang menjadi pekerjaan rumah bagi Canon agar mereka dapat langsung terjun ke persaingan tersebut adalah dengan memperbaiki kualitas dan kemampuan dari lensa kamera yang mereka besut. Namun upaya Canon untuk memberikan pilihan alternatif berupa kamera yang lebih compact dan ringan dari kamera DSLR kita acungi jempol. Ini artinya Canon masih memiliki harapan untuk bersaing.  baca juga : Fujifilm X-T1 : Review Spesifikasi Kamera Terbaik dan Harga Terbarunya

desain-lcd-kamera-canon-eos-m3

Sayang belum kita ketahui dengan pasti apakah Canon EOS M3 akan diproduksi untuk pasar di luar Jepang atau tidak karena sebelumnya Canon EOS M2 sama sekali tidak dikapalkan keluar negara matahari terbit.

Kendati demikian, bukan berarti Canon tidak fokus di segmen ini. Salah satu bukti keseriusan Canon menggarap kamera mirrorless nyatanya bisa terlihat di generasi ketiga kamera mirrorlessnya Canon EOS M3. baca juga : Kamera Canon Eos 1100D Murah.

Review Kamera Canon EOS M3

unboxing-kamera-canon-eos-m3

Konsep Desain

Canon EOS M3 menurut kami adalah jawaban Canon merespon masukan dari pengguna Canon EOS M1 dan M2 yang kurang sukses di pasaran. Segudang peningkatan dan fitur baru pun akhirnya bisa ditemukan di Canon EOS M3. Tidak hanya spesifikasi dan kinerja yang lebih mumpuni tapi juga tampang yang lebih segar.

Dengan tetap mempertahankan desain bodi yang mungil, demi kenyamanan pengguna Canon menambahkan bodi EOS M3 dengan hand grip yang lebih besar. Lekukannya pun dirancang dengan cukup dalam sehingga membuatnya sangat nyaman dan mantap digenggam tangan. baca juga :  Harga Terbaru dan Spesifikasi Lengkap Kamera Canon EOS 550D [Review].

kekurangan-kamera-canon-eos-m3

Di bagian hand grip ini juga tersedia tombol shutter yang dilengkapi dengan sebuah cincin putar. Cincin putar yang mengitari tombol shutter tersebut berfungsi untuk melakukan pengaturan kamera di mode manual, AV atau TV.

Di bagian belakang, Canon EOS M3 membawa layar sentuh fleksibel yang bisa dilipat keatas atau ditekuk ke bawah. Layarnya ini akan sangat mempermudah untuk Anda yang gemar selfie. Selain itu, respon layarnya dengan sentuhan jari juga amat baik. baca juga : Canon Powershot A2500

Menemani layarnya tersebut di bagian samping kanan tersedia sejumlah tombol untuk akses menu dan pengaturan kamera. Semua tombolnya punya ukuran yang cukup besar dan nyaman untuk ditekan. Seperti kamera DSLR, di bagian atas juga bisa dijumpai tombol dial untuk memilih mode pemotretan P/S/A/M yang ditemani dengan tombol dial untuk pengaturan kompensasi eksposur. Untuk membantu memotret di kondisi temaram, selain menyediakan hotshoe, EOS M3 juga telah dilengkapi dengan flash internal.

Mudah digunakan, Fitur cukup lengkap

kamera-canon-eos-m3-review

Satu nilai positif dari kamera ini adalah menunya yang dirancang dengan cukup sederhana dan sangat mudah dipahami. Akses ke setiap menu pengaturannya tidak terlalu dalam dan kendali serta menu cukup identik dengan kamera DSLR Canon. Selain itu hadir tombol [Q] yang bisa mempercepat Anda melakukan semua pengaturan. Didukung dengan layar sentuh, pengoperasian kamera ini pun semakin mudah karena semua pengaturan yang tersedia bisa dipilih dengan menyentuh layarnya.  baca juga : Harga dan Spesifikasi Kamera Canon EOS 60D Lengkap Terbaru.

Untuk mengasah kreativitas, beragam efek foto dan filter juga telah tersedia dan bisa dicicipi untuk menghasilkan foto yang lebih menarik. Selain itu, semua hasil bidikan dari kamera ini pun bisa dipindahkan ke smartphone atau tablet dengan cepat lewat bantuan koneksi WiFi. Jika smartphone Anda telah memiliki fitur NFC, proses pairing ke smartphone juga bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah .

Canon EOS M3 juga kompatibel dengan aplikasi, Canon Camera Connect. Dengan bantuan aplikasi ini, EOS M3 bisa dikendalikan lewat smartphone saat saling terhubung. Sayangnya, saat mencoba fitur ini kami masih merasa kurang optimal. Ini ditandai dengan masih adanya sedikit waktu jeda saat tombol shutter ditekan dan tampilan di layar smartphone yang terasa sedikit lag saat kamera digerakkan. baca juga : Canon Powershot A2600

Autofokus semakin baik, hasil foto jempolan

Dengan mengandalkan sensor CMOS APS-C 24.2 megapixel dan prosesor Canon DIGIC 6, Canon EOS M3 punya kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan generasi lawasnya, Canon EOS M1 dan M2.

Terutama di sektor autofokusnya. Kinerja autofokus yang lambat di Canon EOS M1 dan M2 sama sekali tidak lagi terasa di Canon EOS M3. Walau terkadang di kondisi cahaya yang minim sesekali kinerja autofokusnya terasa agak lambat dan cukup sering meleset, namun saat dibawa memotret di kondisi pencahayaan yang cukup kinerja autofokusnya terasa lebih cepat dan akurat. baca juga :Kamera Canon EOS 600D Murah

Kualitas Foto

hasil-jepretan-kamera-canon-eos-m3

Foto yang dihasilkan kamera Canon EOS M3 ini cukup baik dengan warna yang enak dipandang seperti yang saya lampirkan dalam review ini. Kualitas foto yang dihasilkan EOS M3 ini kurang lebih mirip dengan kamera DSLR Canon EOS 750 & 760.

Ketajaman hasil foto sangat tergantung juga dengan lensa yang digunakan. Saya mendapati lensa 18-55mm ini cukup tajam untuk penggunaan sehari-hari, tapi untuk kebutuhan profesional, lensa yang lebih tajam seperti lensa seri L Canon EOS DSLR.  baca juga : Apa itu Kamera Digital Mirrorless ?

Memotret di ISO tinggi tidak masalah jika foto di tempat yang gelap. Noise bisa diperbaiki di Lightroom nantinya, dan tentunya untuk ukuran kecil, noise juga tidak begitu kelihatan (kecuali kita zoom sampai 100%).

Batas amannya sampai ISO 800. Kalau 1600, bagi saya masih dapat ditoleransi. Untuk ISO 3200 dan ke atas, sebaiknya lebih diperhatikan penggunaannya kalau tidak terpaksa.

review-hasil-jepretan-kamera-canon-eos-m3

Kelebihan Canon EOS M3:

  • Kualitas gambar dan warna hasil foto enak dilihat dan tidak membutuhkan banyak editing/olahan.
  • Menu yang sederhana dan terstruktur dengan rapi.
  • Layar sentuh memudahkan untuk mengubah menu, dan menentukan area fokus.
  • Dapat mengendalikan flash external dengan flash control seperti di kamera DSLR.
  • Kinerja autofokus lensa Canon EOS 40mm STM yang saya adopsikan baik.
  • Memiliki dua roda kendali sehingga memudahkan untuk mengganti setting kamera.
  • Memiliki roda kompensasi eksposur.
  • Memiliki layar yang bisa ditekuk ke atas untuk selfie.
  • Memiliki hotshoe untuk memasang flash atau aksesoris seperti jendela bidik elektronik (dijual terpisah).
  • Merupakan kamera mirrorless yang relatif terjangkau untuk khalayak umum.

Kekurangan Canon EOS M3:

  • Kecepatan autofokus relatif masih relatif pelan.
  • Dapat memotret maksimum 4 foto per detik, tapi melambat saat memotret dengan file RAW atau autofocus Servo (mengikuti subjek bergerak).
  • Ketersediaan lensa sistem ini masih sedikit dan harus banyak bergantung pada lensa DSLR Canon EOS via adaptor.
  • Sistem auto ISO belum memiliki pilihan minimum shutter speed.
  • Meski lebih ringan dari kamera DSLR pada umumnya, Canon EOS M3 bukan termasuk kamera mirrorless yang teringan.
  • Finishing body terasa kurang kokoh meskipun bahannya sebagian besar dari logam.

Spesifikasi Kamera Canon EOS M3

Resolusi Sensor24.2 Megapixels
LensaEF-M (EF and EF-S lenses compatible via Mount adapter EF-EOS M)
Panjang FokalEquivalent to 1.6x the focal length of the lens
Image StabilizationOptical
ISO SensitivityAuto, 100-12800
Exposure Metering
  • Real-time metering from the image sensor
    • Evaluative metering (384 zones)
    • Partial metering at center (approx. 10%)
    • Spot metering (approx. 2%)
    • Center weighted average metering
Exposure Compensation+/-3 EV in 1/3 stop increments (can be combined with AEB)
White BalanceAuto, Custom, Fluorescent (Day White), Fluorescent (Natural White), Fluorescent (White), Incandescent, Kelvin, Shade, Underwater
Ukuran Layar3.0″
Tipe LayarTFT LCD
Self-timer10 sec. / 2 sec.
Built-in FlashYes
Media PenyimpananSD/SDHC/SDXC Memory Card
Baterai1 x Rechargeable Li-ion Battery LP-E17
PC KonektivitasHi-Speed USB (Mini-B compatible)
Dimensi110.9 x 68.0 x 44.4 mm (WxHxD)
BeratApprox. 366g (CIPA testing standard, including battery and memory card)
Lain-lain
  • Includes EF-M 18-55mm Lens

Harga Terbaru Kamera Canon EOS M3

Kalau kamu mau gaya-gayaan motret pake Canon EOS M3, kamu bisa membeli kamera ini seharga RP 8.399.000,00.

Video Unboxing Kamera Canon EOS M3


Dalam penggunaan, saya merasa canon EOS M3 ini enak digunakan sehari-hari berkat desain grip/pegangan yang baru, peletakkan tombol yang sesuai logika fotografi dan layar sentuh yang menarik. dengan kualitas hasil gambar yang baik dengan warna yang enak dipandang langsung dari kameranya. baca juga : Review Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Canon Ixus 132 Terbaru.

Meski demikian, penggemar fotografi serius mungkin akan sedikit kecewa, karena desain EOS M3 dari segi menu, kustomisasi, dan kecepatan autofokus atau foto berturut-turut yang masih di bawah sebagian besar kamera DSLR Canon.

Di lain pihak, bagi penggemar fotografi yang ingin mulai belajar dan tidak menyukai ukuran kamera DSLR yang cukup besar, kamera ini bisa jadi alternatif yang bagus. Selain itu, pengguna kamera DSLR Canon yang memiliki lensa-lensa STM yang mendambakan kamera mirrorless sebagai pendamping juga saya kira akan cukup senang dengan kehadiran kamera ini.

Review Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Canon EOS M3 di Indonesia Terbaru

Review Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Canon EOS M3 di Indonesia

Review Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Canon EOS M3 di Indonesia

harga canon eos m3,Harga dan spesifikasi canon eos m3,harga canon M3,spesifikasi canon eos m3,canon eos m3 harga,harga kamera canon m3,spesifikasi canon m3,harga eos m3,harga kamera canon eos m3,canon m3 harga

liat daftar harga :

Daftar Harga Kamera Samsung MurahDaftar Harga Kamera Canon Powershot Murah
List Harga Kamera Mirrorless MurahDaftar Harga Kamera Digital Canon Murah
Daftar Harga Kamera Instan  (polaroid)  Murahkamera digital Fujifilm terbaru

Demikian artikel mengenai Review Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Canon EOS M3 di Indonesia semoga artikel ini bermanfaat dan selalu kunjungi kamera digital untuk informasi menarik lainya jangan lupa Like dan Share artikel ini agar bermanfaat buat orang lain trimakasih telah membaca Review Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Canon EOS M3 di Indonesia.

Tag :

harga canon eos m3,spek canon m3,harga eos m3 di indonesia,harga kamera canon eos m3
Review Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera Canon EOS M3 di Indonesia | Wawan Setiawan | 4.8

Leave a Reply