Tips Fotografi Pemula, 12 Jenis Komposisi Foto yang Wajib Kamu Kuasai Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Tips Fotografi Pemula, 12 Jenis Komposisi Foto yang Wajib Kamu Kuasai

Friday, February 21st, 2020 | Tips

KameraDigital.Co.Id, Tips Fotografi Pemula, 12 Jenis Komposisi Foto yang Wajib Kamu KuasaiKomposisi foto adalah kesatuan harmonis yang didapat dari elemen-elemen yang mendukung foto untuk meletakkan komposisi sesuai pada tempatnya sehingga enak dan pas untuk dilihat.

Komposisi dalam fotografi sebagaimana halnya sebuah komposisi dalam bidang seni apa saja dan diibaratkan sebagai sebuah selera makanan dan semua akan kembali ke preferensi masing-masing.

Sejujurnya tidak ada aturan yang baku dalam melakukan teknik komposisi dalam bidang fotografi. Seseorang mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan sebuah hal yang kreatif, harus ada aturan yang dilanggar.

Walaupun begitu, terdapat beberapa referensi yang dapat anda pelajari dalam memperbaiki komposisi foto agar sebuah foto dapat terlihat lebih kreatif dan menarik.

12 Jenis Komposisi Foto yang Wajib Kamu Kuasai

The Golden Ratio

Komposisi Foto

The Golden Ratio

The Golden Ratio merupakan teknik komposisi dengan membagi layar Anda ke dalam bagian dengan ukuran perbandingan 1:1.618, membandingkan dengan teknik Rule of Thirds, garis-garis yang terdapat dalam The Golden Ratio terfokus pada tengah frame dengan ukuran 3/8 frame pada bagian atas, 2/8 frame pada bagian tengah, dan 3/8 frame bagian bawah.

Rule of Thirds

Komposisi Foto

Rule of Thirds

Rule of Thirds yakni sebuah teknik dengan komposisi yang cukup banyak digunakan beberapa fotografer. Rule of thirds, menggunakan pusat perhatian yang ditempatkan di setiap titik pada simpang garis dan membagi gambar atau foto dari bagian atas ke bagian bawah dan dari arah kiri ke arah kanan.

Teknik ini menjadi sangat berguna dalam membentuk struktur komposisi pada sebuah gambar.

Golden triangles

Komposisi Foto

Golden triangles

Golden triangles merupakan salah satu teknik komposisi foto yang dilakukan banyak fotografer dengan cara membagi gambar diagonal melalui sudut yang satu pada sudut yang lain sehingga dapat menarik sebuah garis dari satu sudut yang satu dan bertemu di garis pertama pada sudut 90 derajat.

Kemudian, Anda dapat meletakkan elemen-elemen fotografi sampai jatuh kedalam tiga buah segitiga yang dihasilkan.

Balance

Balance Compotition

Balance Compotition

Teknik Balance pada dasarnya digunakan pada saat menggunakan teknik komposisi dengan Rule of Thirds atau The Golden Ratio. Hal ini memiliki tujuan agar gambar mempunyai keseimbangan.

Selain itu, sebuah foto dengan subjek yang lebar dan juga berada pada posisi paling depan dari subjek yang lain dapat memunculkan sebuah foto yang kemudian terlihat berat sebelah.

Anda dapat menciptakan atau membuat beberapa keseimbangan dengan cara menyertakan elemen yang dirasa kurang penting dan sebuah elemen lebih kecil yang di belakang.

Leading lines

Leading lines

Leading lines

Teknik komposisi leading lines dapat membantu mata viewer Anda tertuju pada titik fokus dan pusat untuk menjadi perhatian dalam beberapa elemen penting yang ada dalam sebuah gambar atau foto.

Teknik ini telah membantu memunculkan ilusi pada kedalaman atau ilusi jarak pada sebuah komposisi. Biasanya yang dapat digunakan menjadi leading lines yaitu tembok, jalan atau pola-pola.

Lighting

Lighting composition

Lighting composition in photography

Lighting atau yang dapat disebut dengan pencahayaan dapat memberikan atau juga menambahkan efek dramatis yang ada dalam foto Anda. Pada umumnya, Anda membutuhkan sumber cahaya yang berada di belakang Anda pada saat memotret.

Ada tiga macam lighting dalam dunia fotografi yang dikenal, yakni :

  • Backlighting
  • Side lighting
  • Floor lighting.

Backlighting akan terjadi apabila sumber cahaya terletak di depan lensa dan juga di belakang subjek dan menciptakan gambar siluet. Disamping itu, sidelighting atau yang disebut dengan pencahayaan dari sebelah sisi yang sangat efektif untuk menunjukkan kekuatan emosi.

Yang terakhir adalah floor lighting yakni teknik komposisi foto dengan menempatkan sebuah sumber cahaya pada bagian depan dan juga dibawah subjek serta kamera dalam menunjukkan atau menimbulkan kesan yang misteri. 

Fill the Frame

Fill the Frame Composition

Fill the Frame Composition

Dalam memenuhi frame dengan subjek serta meninggalkan sedikit ruang bahkan tidak ada ruang sama sekali yang berada disekitar frame menjadi cukup efektif pada situasi tertentu.

Hal tersebut menjadikan viewer dapat benar-benar menjadi fokus untuk subjek utama tanpa ada beberapa hal yang mengganggu.

Disamping itu, viewer juga dapat mengeksplorasi dari hal-hal kecil yang juga dimiliki oleh subyek dan tidak memungkinkan untuk dipotret dari jarak yang jauh.

Teknik ini cukup sering digunakan untuk jarak yang cukup dekat. Pada beberapa kasus, teknik ini juga dapat menghasilkan foto yang termasuk original tentunya dengan komposisi yang menarik.

Left to Right Rule

Left to Right Rule

Left to Right Rule

Sebuah teori mengungkapkan bahwa dalam membaca sebuah gambar dimulai dari kiri ke kanan seperti cara dalam membaca sebuah teks. Alasan ini yang disarankan terhadap beberapa gerakan yang akan dipotret pada sebuah foto yang hendaknya dapat mengalir dari arah kiri ke arah kanan.

Hal ini juga didasarkan pada sebagian besar Negara yang ada di dunia membaca sebuah teks dimulai dari kiri ke kanan. Disamping itu, perlu Anda ingat juga bahwa beberapa terdapat beberapa bahasa yang juga dibaca dari arah kanan ke kiri misalnya Arab Saudi.

Simplification

Komposisi Foto

Simplification

Menjadi sebuah aturan yang diyakini secara umum, foto yang sederhana akan menjadi lebih menarik daripada dengan gambar yang terlihat sangat kompleks.

Teknik foto dengan komposisi simplification ini pada umumnya memiliki kesamaan yang hampir mendekati dengan teknik komposisi fill the frame.

Untuk menggunakan teknik komposisi simplification, Anda dapat mengajukan sebuah pertanyaan terhadap diri sendiri mengenai elemen yang ingin Anda tambahkan pada komposisi yang akan dibuat. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara mengatur ulang komposisinya.

Hal ini akan membuat elemen yang dirasa tidak dibutuhkan, akan menghilang dalam frame. Teknik tersebut dapat dilakukan dengan melakukan zoom pada subjek menggunakan aperture yang cukup lebar sehingga dapat diperoleh depth of field yang Anda diinginkan. Anda juga dapat melakukan crop terhadap gambar di akhir poses.

Leaving space

Leaving space

Leaving space

Komposisi foto dengan meninggalkan ruang kosong yang cukup luas pada sekitar subjek menghasilkan sebuah foto yang sangat atraktif. Teknik komposisi tersebut dapat memunculkan sensasi yang minimalis dan juga sederhana.

Hampir mendekati dengan teknik komposisi fill the frame, teknik komposisi leaving space ini juga dapat membantu viewer untuk menjadi lebih fokus terhadap subjek utama tanpa adanya sebuah gangguan.

Patterns

Komposisi Foto

Patterns Compotition

Berbagai macam patterns atau juga dapat disebut pola yang dapat Anda temui dimanapun. Dalam rupa buatan tangan manusia dan juga hasil kreasi alam.

Pada umumnya, pola atau pattern dapat secara visual dapat Anda lihat dikarenakan pola atau pattern yang menyajikan harmoni dan irama tertentu.

Objek yang harmonis dan juga berirama dapat membuat Anda merasakan nuansa-nuansa tertentu. Disamping itu, dengan menyatukan beberapa pola dalam satu foto, Anda dapat membuat sebuah komposisi yang baik.

Refleksi

Komposisi Foto

Reflection Compotition

Pada komposisi foto refleksi dapat menjadi elemen utama atau juga dapat dieksplorasi sebagai pelengkap. Apabila refleksi foto menjadi elemen utama, Anda dapat membuat sebuah foto bercerita walaupun hanya berupa refleksi saja.

Pada umumnya, alat yang digunakan untuk mendapatkan sebuah refleksi dapat bermacam-macam, misalnya danau yang tenang, genangan air, sungai, kaca jendela, sawah yang belum ditanam, cermin bahkan kacamata hingga spion dan lainnya.

Disamping itu, yang dapat dijadikan objek dapat berbentuk benda-benda, makhluk hidup seperti manusia dan lainnya.

Tag :

left to right composition dalam fotografi,teknik fotografi rule of thirds
Tips Fotografi Pemula, 12 Jenis Komposisi Foto yang Wajib Kamu Kuasai | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply