Canon EOS 60D vs Canon EOS 7D, Siapa Juaranya? Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

Canon EOS 60D vs Canon EOS 7D, Siapa Juaranya?

Friday, January 24th, 2020 | Canon, Kamera DSLR, Rekomendasi, Versus

KameraDigital.Co.Id, Canon EOS 60D vs Canon EOS 7D, Siapa Juaranya?Canon EOS 60D vs Canon EOS 7D, apa perbedaanya? Meskipun Canon 7D dan 60D bukan merupakan model baru, tapi keduanya masih merupakan kamera keren dalam jajaran Canon DSLR. Kedua kamera ini berada satu tingkat terpisah dalam katalog Canon. Berikut adalah perbedaan di antara keduanya.

Canon EOS 60D vs Canon EOS 7D

Bodi Kamera

Ukuran dan berat adalah faktor keputusan besar ketika Anda mencoba menemukan kamera yang ideal untuk kebutuhan.  Canon 60D 3mm lebih kecil dan 5mm lebih pendek dari Canon 7D, tapi juga 5mm lebih tebal. Dalam hal bobot, EOS 7D berada pada angka 820g, yang berarti lebih berat dari EOS 60D yang hanya 675g.

Canon EOS 60D vs Canon EOS 7D

Bodi EOS 7D lebih berat dari EOS 60D

Bentuk pegangan jari pada 7D juga jauh lebih dalam, yang tentu saja membuatnya lebih nyaman. Cangkang bodi EOS 7D terbuat dari magnesium alloy yang tahan cuaca hingga tingkat yang cukup tinggi. Sementara bodi EOS 60D seluruhnya terbuat dari polikarbonat, yang membuatnya lebih ringan tapi tidak sekuat EOS 7D.

Bahan EOS 7D juga memiliki tingkat penyegelan cuaca jauh lebih rendah daripada 60D. Jika Anda sering memotret di luar ruangan, dalam kondisi berdebu, lembab, atau basah, bahan kamera mungkin merupakan faktor penting.

Layar Kamera

Meski sekilas hampir sama, tapi kedua kamera terlihat sangat berbeda dari belakang. EOS 7D memiliki kualitas LCD yang bagus tapi standar, sedangkan 60D memiliki layar belakang resolusi lebih tinggi, yang dapat flip dan putar. Ini berarti, Anda tetap dapat melihat gambar dari jarak jauh dengan memutar dan memiringkan layar.

Fitur ini sangat berguna jika Anda senang memotret dengan tripod, di bawah sinar matahari yang cerah, memotret dari jarak jauh, atau untuk mengambil video.Flip dan putar ini juga berguna untuk mengambil gambar diam menggunakan mode Live View. Layar 60D juga dapat dibalik dan ditutup, untuk mencegah LCD tergores saat tidak digunakan.

Di sebelah kanan layar, kedua kamera memiliki set kontrol yang sangat berbeda. EOS 7D memiliki multi-controller khusus untuk navigasi autofocus dan tombol perintah belakang besar yang mudah digunakan. Sedangkan 60D tidak memiliki joystick, dan sebagai gantinya menggunakan pengontrol gabungan, dengan pemilihan titik fokus otomatis dan kompensasi eksposur all-in-one.

Kedua metode menjalankan fungsinya dengan baik, tapi pengaturan EOS 7D jauh lebih nyaman karena memungkinkan Anda untuk membuat pilihan titik AF yang cepat dan akurat, serta penyesuaian eksposur mudah tanpa berpaling dari jendela bidik. Beberapa tombol lain di EOS 60D lebih kecil dan lebih terselip, sehingga memberikan penampilan yang sangat modern dan ramping.

Sementara 7D tampil dengan berbagai tombol dan kontrol tambahan, berbagai tata letak dasar sehubungan dengan tombol perintah belakang, multi-controller AF, dan deretan tombol di bagian depan layar LCD atas dengan 5D, 5Dmk2, 5Dmk3, 1Dmk4, 1Dmk3, serta 20D / 30D / 40D dan 50D. Sekumpulan tombol ini membuat pergantian di antara setiap dan semua badan kamera sangat mudah.

Mode Penguncian

EOS 60D memiliki tombol mode penguncian yang bermanfaat di beberapa situasi dan kondisi tertentu. Namun dial yang sama pada 7D tidak mengunci, yang membuatnya mudah untuk switch ke pengaturan mode yang salah secara tidak sengaja.

Lensa Mata Bidik

Canon EOS 60D vs Canon EOS 7D dalam mata bidik, EOS 60D memiliki jendela bidik 96%, yang berarti bahwa jendela bidik tidak mencakup keseluruhan gambar yang diproyeksikan oleh lensa, meskipun sangat dekat. Sementara EOS 7D memiliki jendela bidik dengan cakupan 100%, yang berarti bahwa apa yang Anda lihat melalui jendela bidik adalah apa yang Anda dapatkan di bingkai akhir.

Canon EOS 60D vs Canon EOS 7D

EOS 60D memiliki jendela bidik 96 persen

Namun kedua kamera memiliki tingkat elektronik bawaan untuk membuatnya lurus. Jendela bidik 7D memiliki overlay LCD, dan memberikan opsi untuk bekerja dengan kisi on-demand untuk membantu komposisi.

Hamparan juga memungkinkan pengguna untuk mengontrol opsi titik fokus otomatis 7D dengan sangat mudah. Lensa mata bidik juga lebih dalam dan jauh lebih besar pada EOS 7D, yang membuatnya lebih nyaman digunakan untuk jangka waktu lama karena tampilan lebih besar dan lebih cerah.

Autofocus

Canon EOS 60D vs Canon EOS 7D dalam autofocus cukup terdiferensiasi. EOS 60D memiliki sensor AF 9 titik, dengan semua titik lintas adalah tipe f / 5.6. Pengguna EOS 60D dapat memilih antara menggunakan titik AF tunggal atau semua titik aktif. Sedangkan Canon 7D memiliki 19 sensor AF, juga semua titik tipe silang pada f / 5.6.

Kedua kamera memiliki titik AF pusat yang sangat sensitif ketika dipasang dengan lensa f2.8. Keduanya juga memiliki pilihan biasa untuk objek bergerak dan pemilihan objek statis (AF Ai Servo, AF Satu Pemotretan).

Namun, AF pada 7D sangat dapat dikonfigurasi. Pengguna 7D dapat memilih untuk memotret dengan satu titik yang dipilih, cluster yang diperluas, titik AF ekstra halus, zona titik AF, atau semua titik aktif.

Lebih jauh dari ini, kinerja sistem fokus pada 7D dapat disesuaikan dengan berbagai cara, termasuk menyesuaikan berapa lama kamera memegang fokus setelah sensor AF aktif telah dipindahkan dari objek, serta memprioritaskan kecepatan atau akurasi untuk kinerja fokus.

Untuk situasi fokus yang menantang, Canon 7D jelas lebih unggul. Tapi untuk mendapatkan hasil maksimal dari sistem fokus yang kompleks ini memerlukan effort lebih dari pengguna, sehubungan dengan mempelajari bagaimana parameter pengaturan fokus yang berbeda mempengaruhi kinerja. Sedangkan 60D memiliki sistem AF yang sederhana namun efektif.

Frame Rate

60D menembak pada frame 5,3 per detik, dengan buffer tembakan mentah dari 16 frame. Sedangkan 7D dapat memotret pada 8 frame per detik, yang cukup berguna untuk fotografi aksi.

7D memiliki buffer tembakan mentah 15 frame, tapi akan menghapus buffer lebih cepat daripada 60D, dan sebagian karena penggunaan format kartu CF lebih cepat. 7D juga dilengkapi dengan dua prosesor untuk menangani volume data lebih cepat.

60D menggunakan kartu SD, sedangkan 7D memanfaatkan kartu CF. Kecepatan baca dan tulis kartu CF jauh lebih cepat daripada kartu SD. Waktu mulai identik adalah pada 0,1 detik, seperti shutter pada 0,59 ms, dan jendela bidik mati pada 100 ms. Rana 60D memiliki peringkat umur 100.000 siklus, sedangkan 7D adalah 150.000 siklus.

Mikro AF

Satu fungsi penting lainnya yang tidak tersedia pada 60D adalah penyesuaian Mikro AF. Pada 7D, Mikro AF memungkinkan pengguna untuk membuat penyesuaian fokus yang baik untuk lensa yang digunakan pada bodi kamera tertentu. Sedangkan 60D memiliki opsi pengembangan baku dalam kamera, dengan filter efek fotografi tersedia dalam set menunya.

Singkatnya, kedua kamera ini dikemas dengan beragam fitur mumpuni. Tapi jika Anda bertanya-tanya tentang Canon EOS 60D vs Canon EOS 7D, mana yang lebih baik? Keduanya cukup baik tergantung pada kebutuhan Anda.

Tag :

perbandingan canon 60d vs 7d,7d vs 60d,spek canon 7d vs canon 60d,canon 7d vs 60d
Canon EOS 60D vs Canon EOS 7D, Siapa Juaranya? | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply