6 Tips Angle Foto yang Bagus untuk Mengabadikan Momen Saat Liburan Review Kamera Terbaru Terbaik Dan Murah - KameraDigital.Co.id
KameraDigital.Co.id

6 Tips Angle Foto yang Bagus untuk Mengabadikan Momen Saat Liburan

Sunday, January 5th, 2020 | Action Camp, Kamera digital, Kamera DSLR, Mirrorless, Tips

KameraDigital.Co.Id, 6 Tips Angle Foto yang Bagus untuk Mengabadikan Momen Saat Liburan – Apakah Anda sedang merencanakan liburan? Maka artikel tentang tips angle foto yang bagus untuk liburan berikut harus Anda baca. Liburan tak hanya memberi Anda istirahat yang sangat dibutuhkan dari aktivitas sehari-hari yang melelahkan, tapi juga memberi Anda peluang untuk mendapat foto-foto terbaik di sepanjang hidup Anda. Berikut adalah tips lengkapnya.

6 Tips Angle Foto yang Bagus untuk Mengabadikan Momen Saat Liburan

Perhatikan Sudut Simetris

Menentukan sudut simetris sebuah objek dengan mata telanjang memang tidak mudah. Karena itu, Anda bisa mengaktifkan mode grid pada settingan kamera. Grid akan menentukan pusat gambar dengan sangat tepat, dan garis-garisnya membantu Anda menyempurnakan simetri pada gambar. Bahkan dengan grid, struktur yang tampak biasa-biasa saja dapat diubah menjadi sesuatu yang indah.

Tips Angle Foto

Grid akan menentukan pusat gambar dengan sangat tepat, dan garis-garisnya membantu Kamu mendapat sudut simetris objek yang Kamu foto

Garis-garis vertikal dalam grid akan cocok untuk mengambil foto pemandangan, seperti arsitektur, jalan, pintu, dan pohon. Saat memotret arsitektur, perhatikan detail seperti pola langit-langit dan jendela. Kadang-kadang, detail ini memiliki warna, bentuk, atau garis yang berulang.

Bersama-sama, elemen-elemen ini dapat menghasilkan gambar dengan perspektif yang berbeda dan membuat dampak visual yang kuat. Sedangkan garis-garis horizontal pada grid akan sempurna untuk foto perairan, seperti genangan air, sungai, atau pantai. Permukaan air membantu menciptakan refleksi dan simetri seperti cermin yang membawa keseimbangan komposisi ke mata Anda.

Trik untuk menangkap bidikan semacam ini adalah mencatat di mana garis air berada dan sejajarkan untuk menekankan simetri. Anda bahkan dapat membalik gambar untuk membuat orang menebak mana subjek yang sebenarnya dan mana yang merupakan refleksi.

Trik lain adalah menggunakan tripod. Tripod sangat berguna untuk memotret simetri karena memungkinkan Anda untuk mengubah framing Anda hingga sejajar dengan sempurna. Tripod juga membantu meningkatkan stabilitas bidikan Anda dan mengurangi guncangan kamera.

Tips Angle Foto Bagus dengan Kontrol Pencahayaan

Saat mengambil foto di luar ruangan, Anda harus selalu siap untuk situasi tak terduga yang mungkin terjadi, termasuk dalam hal pencahayaan. Untuk membantu Anda mengontrol cahaya yang tak bisa dikendalikan, Anda dapat menggunakan reflektor. Sebagian besar reflektor dilengkapi dengan beberapa pilihan warna yang masing-masing akan memainkan cahaya secara berbeda.

Tips Angle Foto

Untuk membantu Kamu mengontrol pencahayaan, Kamu dapat menggunakan reflektor kecil yang bisa dibawa-bawa

Misalnya, jika Anda menggunakan sisi emas reflektor, Anda akan membuat efek emas pada gambar Anda. Saat menggunakan opsi warna putih, Anda akan menghasilkan warna netral pada gambar. Reflektor sangat penting untuk mengontrol pencahayaan outdoor dan juga dapat mengurangi tampilan bayangan pada objek.

Meski ringan dan mudah dibawa, namun reflektor lebih cocok jika Anda liburan berdua atau berkelompok. Karena reflektor harus dipegang dekat dengan objek untuk memaksimalkan efektivitasnya. Jika membawa reflektor terlalu merepotkan, tips angle foto lain untuk mendapat pencahayaan outdoor yang berkualitas adalah dengan menghindari sinar matahari langsung.

Sebagai contoh, saat Anda sedang berada di tempat wisata outdoor pada tengah hari, Anda bisa menciptakan foto indah dengan berfoto di bawah pohon-pohon yang rindang tapi masih diterangi oleh sinar matahari. Bisa juga menggunakan flash untuk menghilangkan bayangan apa pun yang mungkin muncul pada wajah atau sosok objek Anda.

Manusia dan Kehidupan Sekitar

Tips Angle Foto

Pose terbaik adalah saat Kamu memotret tapi tidak menyadarinya alias candid

Jika Anda dan teman perjalanan Anda saling memotret, jangan sengaja berpose di depan kamera. Berposelah dengan melihat pemandangan sekitar atau memegang sebuah benda, dan jadilah elemen dalam adegan keseluruhan. Pose terbaik adalah saat Anda atau teman Anda sedang dipotret tapi tidak menyadarinya, alias candid.

Dan jika Anda berlibur sendirian, Anda tetap dapat menangkap kehidupan dan suasana dengan menjadikan orang-orang disekitar sebagai elemen sekunder. Meskipun ada banyak orang, tapi jaga komposisi Anda tetap bersih. Terlalu banyak objek yang masuk dalam kamera bisa menjadi pengalih perhatian.

Cobalah untuk tetap memusatkan perhatian pada satu fokus utama, orang atau benda. Perhatikan juga jarak Anda. Jangan terlalu jauh dari objek agar gambar objek dalam foto tidak terlalu kecil.

Gunakan Bingkai Alami

Mengambil foto dengan bingkai alami adalah tips fotografi yang bagus untuk mengarahkan mata audiens ke objek yang ingin Anda tonjolkan, serta dapat menambah kedalaman dan dimensi foto. Tentukan apakah Anda ingin bingkai Anda berada dalam fokus yang tajam, atau lembut dan buram.

Tips Angle Foto

Foto dengan bingkai alami adalah tips fotografi yang bagus untuk memfokuskan mata audiens ke objek yang ingin Kamu tonjolkan

Keduanya bisa efektif dalam situasi yang berbeda. Gunakan f / stop untuk mengontrol kedalaman bidang dan mencapai efek yang diinginkan. Bingkai alami bisa dengan mudah Anda temukan di semua tempat di dunia. Bingkai alami ini bisa berupa apa pun yang kontras dengan objek lainnya, seperti:

  • Bingkai alami (pohon, cabang, rumput tinggi, bunga, batu, dan elemen alami lainnya)
  • Bingkai arsitektur (jendela, pintu, pagar, bangku, trotoar, dan elemen buatan manusia lainnya)
  • Shadow and Light Frames (cahaya yang masuk melalui jendela, cahaya lampu senter atau lampu jalan, dan kontras lainnya antara bayangan dan cahaya)
  • Frame bentuk (Misalnya, beberapa patung publik untuk membingkai bangunan di belakangnya)

Teknik Panorama

Tips angle foto bagus selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik panorama. Foto panorama dibuat dari beberapa pemotretan yang digabung bersama, bisa jauh lebih mengesankan daripada foto tunggal yang diambil dengan lensa sudut lebar. Foto panorama adalah serangkaian foto adegan yang tumpang tindih dan digabungkan secara digital menggunakan perangkat lunak khusus.

Tips Angle Foto

Foto panorama dibuat dari beberapa pemotretan yang digabung bersama

Untuk hasil panorama terbaik, Anda harus memiliki eksposur yang sama untuk setiap foto yang Anda ambil, seperti ukuran aperture, shutter speed, dan ISO. Gunakan juga White Balance Mode. White Balance adalah menentukan seberapa hangat atau dingin warna dalam pemandangan yang ditangkap oleh kamera untuk menghasilkan foto tampak sedikit berbeda.

Gunakan Golden Hour

Setelah matahari terbit dan tepat sebelum matahari terbenam adalah momen terbaik untuk menangkap sebuah pemandangan luar ruangan. Karena saat inilah langit dipenuhi dengan warna emas yang hangat atau jingga sempurna yang bisa menciptakan bayangan panjang dan lembut yang memberi dimensi pada foto Anda.

Golden Hour memiliki cahaya hangat alami yang paling bagus untuk landscape fotografi. Cahaya yang menyebar pada Golden Hour juga membuat kulit subjek Anda terlihat lembut. Bidik subjek dengan kedalaman bidang kecil (dangkal) dengan memilih bukaan aperture yang lebih besar dari f / 5.6 dan Anda akan menghasilkan bokeh yang indah sambil tetap fokus pada subjek.

Jenis pencahayaan fotografi pada golden hour adalah penerangan depan, backlighting, pencahayaan rim / edge, flare, dan siluet. Karena Anda hanya punya waktu singkat untuk mengambil gambar, ketahui dengan pasti di mana lokasi terbaik untuk mendapat Golden Hour dan pastikan Anda tiba di sana lebih awal. Dan untuk hasil terbaik, disarankan untuk memotret dalam format RAW.

Beberapa orang suka mengumpulkan souvenir saat bepergian, dan beberapa yang lain lebih suka mengumpulkan gambar-gambar indah dengan kamera. Jika Anda adalah tipe kedua, tips angle foto untuk liburan di atas bisa Anda coba.

Menguasai teknik-teknik kreatif yang telah Anda pelajari dalam artikel ini dan menerapkannya pada fotografi liburan Anda akan membantu Anda menghasilkan gambar-gambar menakjubkan sebagai kenang-kenangan.

6 Tips Angle Foto yang Bagus untuk Mengabadikan Momen Saat Liburan | Rafli Fadila Halim | 4.8
Loading...
data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"

Leave a Reply